Tembalangan

Tembalang Tidak Hanya Undip, Ini 6 Perguruan Tinggi yang Ada di Tembalang

Share this:

Daerah Tembalang sudah sepantasnya menyandang gelar sebagai “Daerah Pelajar di Semarang.” Bagaimana tidak, terdapat cukup banyak perguruan tinggi yang berdiri di atas tanah Tembalang. Kanca Tembalang mungkin adalah mahasiswa di salah satu perguruan tinggi tersebut. Namun, apakah kalian sudah tahu apa saja perguruan tinggi yang ada di Tembalang? Nah, supaya lebih akrab dengan perguruan tinggi tetangga, yuk mari simak ulasan berikut ini!

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satu universitas populer yang ada di Tembalang. Disebut sebagai universitas terbesar dan terbaik se-Jawa Tengah, universitas ini berlokasi di Kelurahan Tembalang dan memiliki luas sebesar 1.352.054 m2.

Universitas yang sudah berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) ini menduduki peringkat ke-6 kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi berdasarkan pemeringkatan Menristekdikti tahun 2016 dan peringkat ke-3 terbaik se-Indonesia berdasarkan pemeringkatan 4ICU.org. Dengan demikian, universitas yang telah berdiri sejak tahun 1957 ini merupakan perguruan tinggi terbaik di seluruh Jawa Tengah. Undip juga ternyata diperhitungkan di tingkat internasional. Hal ini tercermin dari peringkat Undip yang menduduki nomor 50 sebagai universitas terbaik se-Asia berdasarkan 4ICU.org.

Terdapat 11 fakultas, satu sekolah vokasi, dan satu sekolah pascasarjana di Undip. Kesebelas fakultas tersebut adalah: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Sedangkan, program studi paling diminati di universitas ini antara lain adalah Kedokteran, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, dan Administrasi Bisnis.

Mengenai fasilitas, sudah selayaknya Undip memiliki sederet fasilitas yang menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswanya. Beberapa fasilitas yang dapat kamu temui di Undip adalah: rumah susun mahasiswa, Stadion Undip, Masjid Kampus Undip, Perpustakaan Pusat Undip, Laboraturium Terpadu Undip, Gedung Serba Guna Undip, Rumah Sakit Nasional Diponegoro, dan masih banyak lainnya.

Politeknik Negeri Semarang

Merupakan tertangga terdekat Undip, Politeknik Negeri Semarang atau biasa disingkat Polines ternyata juga merupakan perguruan tinggi vokasi terbaik se-Jawa Tengah. Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2019 lalu, Polines menduduki peringkat ke-4 sebagai politeknik terbaik se-Indonesia.

Terletak di Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Semarang, Polines memiliki 5 jurusan dan 25 program studi. Kelima jurusan tersebut adalah: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis. Mengenai prodi studi (prodi) unggulan, politeknik yang berdiri sejak 1997 ini menawarkan antara lain: Konstruksi Gedung, Komputerisasi Akuntansi, Akuntansi, dan Manajemen Bisnis Internasional. Polines juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kegiatan pembelajaran, seperti laboraturium tiap jurusan, auditorium, Pusat Bahasa Polines, lapangan sepak bola, lapangan teknis, dan Masjid Darul Hikmah, dan lain sebagainya.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

Berdiri sejak tahun 2001, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Polkesmar) merupakan politeknik kesehatan Kemenkes terbaik se-Jawa Tengah dan ke-3 se-Indonesia. Dengan lima kampus yang tersebar di berbagai kota berbeda, Polkesmar memiliki kampus pusat di Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang.

Sebagian besar jurusan Polkesmar bertempat di Semarang, antara lain adalah: Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Keperawatan Gigi, Analisis Kesehatan, dan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Polkesmar juga merupakan satu dari sedikit poltekkes yang membuka program magister terapan di bidang ilmu kesehatan. Kampus Pusat Polkesmar dilengkapi beberapa fasilitas untuk para mahasiswanya, yaitu asrama, perpustakaan, laboraturium, Klinik Pratama, dan Unit Pengembangan Bahasa, dan banyak lainnya.

Universitas Ki Ageng Pandanaran

Berlokasi tidak jauh dari Undip Tembalang, tepatnya di Jl. Banjarsari Barat No. 1, Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Universitas Ki Ageng Pandaran menambah kesemarakan perguruan tinggi di bilangan Tembalang. Universitas yang biasa disingkat Unpand ini didirikan sejak tahun 1996 atas prakarsa walikota Semarang saat itu, yaitu Sutrisno Suharto.

Universitas swasta berakreditasi B (data tahun 2017) dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) ini memiliki tiga fakultas dan 12 program studi yang dapat dijadikan pilihan. Ketiga fakultas tersebut adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sedangkan 12 prodi yang dimaksud adalah program studi strata satu (S-1) yang terdiri dari Teknik Arsitektur, Kewirausahaan, Teknik Sipil, Manajemen dan Akuntansi serta program diploma III (D-3) meliputi Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Hubungan Masyarakat dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Terdapat sejumlah fasilitas penunjang yang dimiliki oleh Unpand, antara lain adalah perpustakaan, laboraturium, ruang kegiatan mahasiswa, ruang ibadah, dan poliklinik mahasiswa.

Universitas Muhamadiyah Semarang

Meskipun berlokasi cukup jauh dari tetangganya, tepatnya di Jl. Kedungmundu No. 18, Tembalang, Semarang, Universitas Muhamadiyah Semarang turut menyemarakkan Tembalang sebagai pusat universitas terkemuka di Semarang. Universitas yang biasa disingkat Unimus ini merupakan universitas Muhammadiyah terbaik se-Jawa Tengah. Di samping itu, Unimus menduduki peringkat nomor 37 sebagai universitas terbaik se-Indonesia berdasarkan 4ICU.org.

Universitas yang resmi beroperasi sejak tahun 1999 ini memiliki delapan fakultas dan 27 program studi. Kedelapan fakultas tersebut adalah: Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Budaya Asing, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran Gigi. Soal program studi unggulan, Unimus memiliki prodi S-1 Ilmu Keperawatan, D-3 Gizi, S-1, Profesi Ners, dan Profesi Dokter yang dapat teman-teman jadikan pilihan.

Fasilitas di Unimus tergolong cukup lengkap. Beberapa di antaranya adalah: Nursing Research Center, Asrama Mahasiswa, Sport Center, Unimus Medical Center, Gedung Serba Guna, dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unimus.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada

Berlokasi di satu area yang sama dengan Unimus, yaitu Tembalang bawah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada melengkapi jagat perguruan tinggi di Tembalang. Perguruan tinggi yang biasa disebut sebagai STIKES Karya Husada ini berlokasi tepatnya di Jl. R. Soekanto No. 46, Sambiroto, Tembalang, Semarang.

Seperti yang terpampang di dalam namanya, STIKES Karya Husada fokus memberi pendidikan tinggi di rumpun ilmu kesehatan semata. Terdapat enam program studi yang ditawarkan sekolah tinggi ini, yaitu D-III Keperawatan, D-3 Kebidanan, Sarjana Terapan Kebidanan, Profesi Nurse, Profesi Bidan, dan S-1 Keperawatan.

STIKES Karya Husada yang berdiri sejak tahun 2005 ini juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang, seperti laboraturium, ruang kegiatan mahasiswa, asrama mahasiswa, dan banyak lainnya. Di samping itu, STIKES ini juga telah mendapat akreditasi “B” berdasarkan data dari pddikti.kemdikbud.go.id sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Demikian ulasan enam perguruan tinggi yang berlokasi di Tembalang dan sekitarnya. Sekarang Kanca Tembalang sekarang tentu tidak heran mengapa daerah Tembalang yang dulu dikenal sepi kini menjadi salah satu pusat keramaian di Semarang. Cheers!

Refrensi:
www.polines.ac.id/id
www.undip.ac.id
www.poltekkes-smg.ac.id
www.unpand.ac.id
http://stikesyahoedsmg.ac.id
www.4ICU.org
https://pddikti.kemdikbud.go.id/

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

4 Replies to “Tembalang Tidak Hanya Undip, Ini 6 Perguruan Tinggi yang Ada di Tembalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *