Fitur

Rekomendasi Film Menarik untuk Ditonton di Bulan Ramadhan

Share this:

Salah satu kegiatan yang mengasyikkan selama puasa serta dapat mengisi waktu ngabuburit adalah dengan menonton film. Berikut beberapa rekomendasi film menarik yang dapat ditonton bersama keluarga, teman, atau dapat kamu tonton sendiri saat ngabuburit:

sumber: imdb.com

1. The Kite Runner (2007)

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini mengisahkan tentang seorang anak lelaki bernama Amir. Amir merupakan anak piatu kaya raya dan memiliki pelayan yang sebaya dengannya bernama Hassan. Pertemanan mereka dapat diibaratkan seperti layangan dengan benangnya. Hassan begitu setia menemani Amir dan selalu membantu Amir bila mendapatkan masalah. Akan tetapi pertemanan mereka tidak berlangsung lama, karena Amir mengkhianati dan menjauhi Hassan. Beberapa tahun kemudian, Amir berhasil menyelesaikan pendidikannya di Amerika dan menjadi seorang penulis novel. Ia secara tiba-tiba mendapatkan pesan untuk segera menemui seseorang bernama Rahim Khan. Rahim Khan merupakan saudara tiri dari Hassan. Rahim Khan memberi kabar kepada Amir bahwa Hassan beserta istrinya telah tewas terbunuh akibat ulah dari kelompok Taliban. Hassan yang saat itu meninggalkan seorang anak di Afghanistan membuat Amir ingin menolong sekaligus menebus kesalahan yang pernah diperbuatnya. Hingga akhirnya Amir mengangkat Sohrab, anak dari Hassan, dan menjadikannya sebagai anaknya. Film ini mengambil latar di Afghanistan pasca jatuhnya monarki Afghanistan dalam invasi Soviet, eksodus pengungsi ke Pakistan dan Amerika Serikat, dan munculnya rezim Taliban. Film ini juga mampu menguras emosi dengan sangat epic. Sangat direkomendasikan jika kamu menyukai genre sejarah, pertemanan dan kekeluargaan.

sumber: id.wikipedia.org

2. Negeri 5 Menara (2012)

Film karya anak bangsa ini menceritakan tentang anak lelaki bernama Alif dan sahabatnya, Randai, yang memiliki cita-cita untuk meneruskan pendidikan SMA di kota Bandung, dan melanjutkan kuliah di kampus idamannya, yaitu ITB. Akan tetapi, mimpinya harus pupus karena Amak (Ibu) Alif menginginkan anaknya untuk masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di daerah Ponorogo, Jawa Timur. Alif yang berat hati untuk masuk ke pesantren mencoba untuk menguatkan hatinya kembali dan menjalankan setidaknya setahun pertama di pesantren tersebut. Awalnya, Alif lebih sering menyendiri. Namun seiring berjalannya waktu, Alif mulai

bersahabat dengan teman sekamarnya yaitu Baso dari Gowa, Atang dari Bandung, Said dari Surabaya, Raja dari Medan, dan Dulmajid dari Madura. Mereka selalu berkumpul di menara masjid dan menamakan diri mereka Sahibul Menara alias Para Pemilik Menara. Para Sahibul Menara ini memiliki ambisi untuk menaklukkan dunia. Mulai dari Indonesia, Amerika, Eropa, Asia hingga Afrika. Di bawah menara Madani mereka berjanji dan bertekad untuk bisa menaklukkan dunia dan menggapai cita-cita menjadi orang besar yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Film ini bercerita tentang perjuangan persahabatan dalam menggapai cita-cita terbesar mereka untuk menaklukkan dunia. Film ini cocok ditonton dengan teman atau keluarga karna mengajarkan nilai-nilai perjuangan yang sangat epic.

sumber: teaser-trailer.com

3. Bilal: A New Breed Of Hero (2015)

Merupakan film animasi yang mengisahkan tentang perjuangan sahabat Nabi Muhammad SAW, Bilal bin Rabah. Diangkat dari kisah nyata seorang anak berusia 7 tahun yang bercita-cita ingin menjadi seorang ksatria. Namun saat kecil Bilal dan saudari perempuannya diculik dari kampungnya dan dijual sebagai budak. Meskipun mengalami berbagai masalah hidup, Bilal menemukan kekuatan dari dirinya untuk menuntun jalan hidupnya. Bilal juga dikenal sebagai budak Ethiopia yang menjadi ‘Muadzin Islam’ pertama bersuara merdu sekaligus sahabat Nabi Muhammad SAW. Sosoknya memberikan banyak inspirasi orang di dunia dengan kekuatannya melawan perbudakan, penindasan, diskriminasi, penyampaian akan keadilan, kesetaraan dan gagasan tentang satu ajaran dibawah naungan Tuhan. Jika dilihat lebih jauh dalam cerita ini, muatan Islami menjadi lebih samar demi merangkul penonton secara luas dengan muatan dakwah yang terbilang sangat halus. Film ini dapat ditonton bersama dengan keluarga dan dapat menjadi pelajaran bagi anak-anak.

Setelah membaca rekomendasi film di atas, Kanca Tembalang tertarik untuk menonton film apa saja untuk menemani waktu ngabuburit selama bulan Ramadhan kali ini? Yuk, buat list nonton film untuk teman ngabuburit selama bulan Ramadhan.

Editor: Laurentia Stella V

Sumber Ilustrasi: Annisa Putri Pramesti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *