Fitur

Mengenal Jenis dan Program Pendidikan Tinggi di Indonesia

Share this:

Di Indonesia, kita mengenal tiga jenis tingkat pendidikan, yaitu pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Kita mungkin sudah paham mengenai pendidikan dasar dan menengah. Namun, sudahkan Kanca Tembalang tahu soal pendidikan tinggi? Bisa jadi teman-teman sudah memasuki jenjang perkuliahan namun masih belum tahu menahu soal apa pendidikan tinggi itu. Namun tenang saja, berikut ini kita akan menyimak penjelasan singkat mengenai pendidikan tinggi. Check this out!

Apa Itu Pendidikan Tinggi?

UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa pendidikan tinggi  adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggaran oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia.

Menurut Taufiq (2018), jika pada pendidikan dasar dan menengah hanya diberikan pendidikan dan pengajaran maka pada jenjang pendidikan tinggi, di samping pendidikan dan pengajaran, dituntut pula penguasaan di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ketiga aspek tersebut dikenal oleh masyarakat perguruan tinggi sebagai tri darma (tiga tugas hidup).

3 Jenis Pendidikan Tinggi

  1. Pendidikan Akademik

Pendidikan akademik memiliki program sarjana dan pascasarjana yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini cocok untuk Kanca Tembalang yang ingin menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (teori, kaidah-kaidah, dsb) dan kemudian mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

  1. Pendidikan Vokasi

Jenis pendidikan tinggi ini memiliki program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan. Ini pas banget untuk kalian yang ingin memiliki keterampilan atau skill khusus sehingga menjadi ahli dalam salah satu jenis pekerjaan.

  1. Pendidikan Profesi

Pendidikan profesi dapat diikuti setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus. Nah, ini cocok banget untuk Kanca Tembalang yang ingin menjadi profesional dan spesialis di suatu bidang pekerjaan tertentu.

8 Program Pendidikan Tinggi

  1. Sarjana (S-1)

Merupakan salah satu program pendidikan tinggi paling umum di Indonesia. Program Sarjana adalah pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah. Program sarjana menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. Lulusan program sarjana akan mendapatkan gelar sarjana.

  1. Magister (S-2)

Siapa nih yang punya mimpi lanjut S-2? Program Magister adalah pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana atau sederajat sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Mahasiswa program magister diharapkan menjadi intelektual dan ilmuwan berbudaya, mampu memasuki dan menciptakan lapangan kerja, serta mengembangkan diri menjadi profesional. Lulusan program magister akan mendapatkan gelar magister.

  1. Doktor (S-3)

Bagi Kanca Tembalang yang ingin jadi cendekiawan sejati, kalian wajib perhatiin program ini. Program Doktor merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan program magister atau sederajat sehingga mampu menemukan, menciptakan, dan atau memberikan kontribusi kepada pengembangan, serta pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah.

Mahasiswa program doktor diharapkan meningkatkan kemampuan dan kemandirian sebagai filosof dan intelektual, ilmuwan yang berbudaya dan menghasilkan dan mengembangkan teori melalui penelitian yang komprehensif dan akurat untuk memajukan peradaban manusia. Lulusan program doktor akan mendapatkan gelar doktor.

  1. Diploma dan Sarjana Terapan

Program diploma merupakan pendidikan vokasi yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa program diploma diharapkan menjadi praktisi yang terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Terdapat beberapa beberapa program diploma yaitu:

  1. Diploma satu (Ahli Pratama atau A.P);
  2. Diploma dua (Ahli Muda atau A.Ma);
  3. Diploma tiga (Ahli Madya atau A.Md);
  4. Diploma empat atau sarjana terapan (Sarjana Sains Terapan atau S.ST).

Lulusan program diploma akan mendapatkan gelar ahli atau sarjana terapan.

  1. Magister Terapan

Merupakan kelanjutan pendidikan vokasi yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana terapan atau sederajat untuk mampu mengembangkan dan mengamalkan penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Mahasiswa magister terapan diharapkan memiliki kapasitas tinggi dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada profesinya.

  1. Doktor Terapan

Merupakan kelanjutan bagi lulusan program magister terapan atau sederajat untuk mampu menemukan, menciptakan, dan memberikan kontribusi bagi penerapan, pengembangan, serta pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi melalu penalaran dan penelitian ilmiah.

Mahasiswa doktor terapan diharapkan meningkatkan kemampuan dan kemandirian sebagai ahli dan menghasilkan serta mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi melalu penelitian yang komprehensif dan akurat dalam memajukan peradaban dan kesejahteraan manusia.

  1. Profesi

Program profesi merupakan pendidikan keahlian khusus yang diperuntukkan bagi program sarjana atau sederajat untuk mengembangkan bakat dan kemampuan memperoleh kecakapan yang diperlukan dalam dunia kerja. Lulusan program profesi akan mendapatkan gelar profesi.

  1. Spesialis

Merupakan program pendidikan keahlian lanjutkan yang dapat bertingkat dan diperuntukkan bagi lulusan program profesi yang telah berpengalaman sebagai profesional untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya sebagai spesialis. Lulusan program spesialis akan mendapatkan gelar spesialis.

Nah, sekarang pasti Kanca Tembalang sudah lebih tahu soal pendidikan tinggi, kan. Semoga dengan bacaan ini Kanca Tembalang dapat memilih jenis dan program pendidikan tinggi yang paling sesuai dengan keinginan kalian. Biar lebih lengkap, yuk baca juga tulisan mengenai Jenis-jenis Perguruan Tinggi. Cheers!

Referensi:
UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Taufiq, A. 2018. Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2018): 34—52

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

2 Replies to “Mengenal Jenis dan Program Pendidikan Tinggi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *