Fitur

Aneka Oleh-oleh Khas Semarang yang Bisa Kamu Bawa Mudik

Share this:

Tak lengkap rasanya  jika berlibur  tanpa membawa buah tangan, apalagi jika daerah tersebut merupakan daerah yang memiliki oleh-oleh khas yang tersohor. Jika kamu sedang berlibur di Kota Atlas alias Kota Semarang, ada beberapa cendera mata yang tidak boleh dilewatkan, nih! Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Semarangan yang bisa Kanca Tembalang bawa saat mudik:

Sumber: ksmtour.com

1. Bandeng Juwana Vakum

Makanan ini bisa jadi pilihan oleh-oleh karena termasuk makanan tahan lama. Ikan Bandeng segar yang diolah dengan bumbu khusus seperti bawang putih, garam, dan kunyit kemudian dialasi dengan daun pisang. Setelah itu dimasak pada panci presto agar tulangnya lunak. Bandeng presto dapat dikemas dalam bentuk vakum kering agar dapat bertahan hingga 2-3 bulan di suhu ruangan dan 6 bulan di dalam freezer. Untuk kemasan vakum basah sendiri dapat bertahan 5 hari di suhu ruangan dan satu bulan di dalam freezer. Kemasan yang praktis dari Bandeng Juwana menjadi pilihan para wisatawan khususnya anak kost untuk membawakan oleh-oleh yang cukup tahan lama untuk diberikan kepada orang-orang terkasih mereka.

Untuk mendapatkan oleh-oleh ini, Kanca Tembalang bisa mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh Bandeng Presto ternama di Semarang. Tepatnya berada di Bandeng Juwana Elrina di Jl. Pandanaran 57 Semarang. Bandeng ini dikemas dengan ukuran dan harga yang berbeda tergantung ukuran serta isinya.

Sumber: cookpad.com

2. Lumpia Semarang

Semarang sangat dikenal dengan makanan khasnya, yaitu lumpia. Kanca Tembalang bisa menemukan makanan olahan khas Semarangan ini di berbagai sudut Kota Semarang. Makanan ini diolah dari kulit lumpia dengan isian rebung yang dimasak dengan bumbu khusus dan disajikan dengan sambal khas. Lumpia ini terdiri dari 2 jenis, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Lumpia sendiri dapat bertahan 2 hari di suhu ruangan dan 5 hari di dalam kulkas. Untuk menyantapnya tinggal memanaskan saja dengan cara digoreng atau bisa dikukus.

Jika ingin membawa makanan khas Semarangan, Kanca Tembalang bisa mencarinya di Jl. Mataram. Di sana merupakan pusat lumpia paling terkenal di Semarang. Akan tetapi jika kamu seorang Muslim, maka sebaiknya membeli lumpia yang telah mendapat sertifikat halal, ya!

Sumber: craflog.co

3. Wingko Babat

Oleh-oleh khas Semarangan berikutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu wingko babat. Olahan makanan dari tepung ketan dan campuran kelapa ini memiliki rasa yang sangat khas. Seiring dengan berkembangnya zaman, makanan ini dikombinasi dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, nangka, durian, dan lain-lain. Wingko babat dapat bertahan hingga 5 hari di suhu ruangan. Untuk kemasan vakum sendiri dapat bertahan hingga satu bulan di suhu ruangan.

Oleh-oleh makanan ini dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Kota Semarang, khususnya di Jl. Pandanaran. Wingko babat dijual dengan berbagai merk dan juga harga yang berbeda.

Sumber: shopee.co.id

4. Tahu Bakso Ungaran

Camilan atau jajanan tahu bakso menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Karena oleh-oleh dari Ungaran ini sangat nikmat dan pas untuk dijadikan oleh-oleh. Tahu bakso yang paling terkenal di Semarang saat ini yaitu Tahu Bakso Bu Pudji yang berada di Jl. Let Jen Suprapto No 24 Ungaran, Kabupaten Semarang. Untuk ketahanannya, camilan ini dapat bertahan hingga 2 hari di suhu ruangan.

Sumber: m.omiyago.com

5. Roti Ganjel Rel

Roti yang berbentuk unik seperti penahan rel kereta api ini merupakan oleh-oleh makanan khas Semarang. Kudapan wajib pada saat acara pawai menjelang Ramadhan ini sekarang cukup sulit ditemukan di hari biasa. Roti yang memiliki cita rasa yang unik dan wajib dicoba, serta tentunya dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman. Roti ini dapat bertahan 2-3 hari di suhu ruangan. Roti Ganjel Rel dapat ditemukan di pusat oleh-oleh tepatnya di Jl. Pandanaran.

Semarang menjadi salah satu kota yang menawarkan beraneka ragam makanan khas untuk dijadikan oleh-oleh. Dengan membeli beberapa buah tangan di atas, tentunya akan membuat keluarga atau kerabat di rumah senang. Jadi, apa kamu sudah tahu ingin memilih oleh-oleh yang mana? Jangan lupa untuk cek tanggal kedaluwarsanya juga ya, Kanca Tembalang!

Editor: Laurentia Stella V

Ilustrator: Annisa Putri Pramesti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *