Fitur

Semarang: Wajib Tau Uniknya Bahasa Gaul Semarangan

Share this:

Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam berbahasa, begitu juga Kota Semarang. Kota Semarang memiliki aksen dan kosakata yang cukup unik dan berbeda dari daerah lainnya. Kali ini Infotembalang akan membagikan beberapa bahasa gaul khas Kota Semarang yang sering digunakan. 

Yuk simak bersama 

1. Ndes/Gondes 

Kanca-kanca Tembalang pasti sering menggunakan kata-kata “ndes” kepada teman-teman kalian kan? Ndes berasal dari bahasa gondes yang artinya bego atau kurang pintar. 

2. Deknen

Deknen merupakan kata ganti untuk dia atau mereka. Penggunaan kata ini seperti : “Lhaa… deknen (dia) udah tak tunggu tapi enggak datang-datang.”

3. Asem

Kata asem biasanya merupakan pelampiasan dari rasa kesal atau kecewa. Contohnya : Asem ya kamu jahat banget! Merupakan ungkapan kekecewaan terhadap orang yang telah jahat kepada kita. 

4. Wes rak wes

Merupakan ungkapan saat sedang bertengkar dengan teman, atau saat sedang menengahi sebuah pertengkaran. Wes rak wes memiliki arti udah ya udah, penggunaannya seperti : “wes rak wes rak usah koyo ngono to ah!”, yang artinya udah ya udah jangan seperti itu ya.

5. Bapak’e dan makane

Kata-kata semarangan sering menggunakan akhiran “e dan ne”. Penggunaannya seperti : “Bapake sekarang udah ndak di situ”. “Makane to udah tak bilangi kok ngeyel”. Bahasa semarangan sering menggunakan perpaduan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa dalam satu kalimat, kebiasan ini terkadang membuat pusing teman-teman kita yang berasal dari luar Pulau Jawa. 

6. Ik/ig dan og/ok

Akhiran yang sering digunakan oleh warga Semarang selanjutnya adalah ig/ik dan og/ok. Penggunannya seperti : “aku belum makan ig, disitu katanya makanannya enak og” akhiran ig dan og digunakan untuk mempertegas penjelasan orang itu.

Gimana nih Kanca Tembalang? Apakah kamu termasuk yang suka menggunakan bahasa gaul tersebut, Mana nih yang jadi favorit kamu?

http://www.akhsadew.com/2015/12/kosakata-semarangan-paling-populer.html
https://www.idntimes.com/life/education/wimantyo-hanurogo/bahasa-jawa-semarang-c1c2

Sumber Foto: Khofifahmi Annisa, Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *