Rekomendasi Spot

Leker Paimo: Dari Keliling hingga Mancanegara

Share this:

Setiap kota pasti memiliki kuliner legendaris-nya masing-masing. Kota Semarang memiliki beberapa kuliner legendaris, salah satunya adalah Leker Paimo. Bagaimana sih Leker Paimo bisa menjadi kuliner legendaris di Kota Semarang? Check this out.

Sejarah Leker Paimo

Leker Paimo berdiri sejak tahun 1979. Pada awalnya, Leker Paimo berjualan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Mulai tahun 1995 Leker Paimo memutusukan untuk berjualan di depan SMA Loyola Semarang. Namun karena adanya pembangunan infrasturktur di Kota Semarang. Kini, Leker Paimo menetap di Jl. Ki Mangunsarkoro, Karang Geneng Selatan No.2, Kota Semarang. 

Pemilik menceritakan, mengapa pada akhirnya beliau memilih berjualan leker, “Cita-cita saya dari kecil memang dagang, saya dulu hanya orang kecil. Saya memutuskan berjualan leker karena modalnya hanya sedikit”, ujar Paimo.

Ciri Khas Leker Paimo

Pastinya semua tempat memiliki ciri khasnya tersendiri, tidak terkecuali Leker Paimo. Dengan tekstur yang crispy dan unik hal ini menjadi daya pikat tersendiri untuk pecintanya. Tidak hanya di Semarang, kenikmatan Leker Paimo juga dikenal hingga ke berbagai negara.

“Banyak yang bawa leker kami ke Singapura hingga Australia dan mereka bilang enak, maka dari itu saya berani bilang seperti ini (enak) dan menjaminnya karena sudah ada bukti”, tegas Paimo. 

Leker Paimo memiliki beberapa produk andalan, yaitu leker dengan rasa telur sosis keju, pisang coklat keju, dan komplit njerit yang berisi: telur, sosis, tuna, kornet dan mozarella. Leker Paimo sendiri memiliki beragam menu, mulai dari harga Rp 2000 sampai Rp 35.000.

Dampak Selama Pandemi

Akibat dari pandemi Covid-19 hampir semua sektor mengalami keterpurukan. Hal ini juga berdampak pada Leker Paimo. “Dulu sebelum pandemi omset sehari bisa 2 jutaan, tetapi akibat pandemi omset sehari hanya 200-300 ribu saja. Meskipun omset menurun, kami tetap bertahan di masa pandemi seperti ini”, ujar Paimo. 

Tidak terasa sudah 30 tahun, Leker Paimo menemani kita sebagai pecinta kuliner dan sampai sekarang pun Leker Paimo tetap eksis di Kota Semarang dan hampir setiap harinya dipenuhi oleh pengunjung yang berdatangan. Pemilik berpesan bahwa berdoa dan berusaha merupakan kunci utama menuju kesuksesan. Selain itu hal yang penting lainnya adalah menjaga kualitas bahan baku dan keramahan terhadap pembeli. “Salah satu cara kita berpromosi yaitu dengan ramah terhadap pelanggan”, kata Paimo.

Leker Paimo buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB, terletak di Jl. Ki Mangunsarkoro, Karang Geneng Selatan No.2, Kota Semarang. Leker Paimo juga tersedia di Grab dan Gojek. Jadi, buat Kanca Tembalang yang mager atau yang belum tau letak leker paimo di mana, sabi banget nih.

Gimana Kanca Tembalang tertarik untuk mampir? Semoga dapat menambah wawasan bagi Kanca Tembalang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *