Acara Hits

Students x CEOs: Belajar Merencanakan Karir Sejak Kuliah bersama Henri Widiyanto

Share this:

Sabtu, (22/8/2020) Students X CEOs (SxC) menyelenggarakan event webinar bertajuk “A Guide to Accelerate Your Career since Undergraduate Studies”. Penyelenggara menghadirkan Henri Widiyanto, seorang analis di JP Morgan, sebagai narasumber. Acara dalam bentuk webinar ini dihadiri oleh 120 peserta dari berbagai jenjang pendidikan. Tepat pukul 13:00 WIB kegiatan dibuka oleh Ignatia Endra Kristianti sebagai moderator.

Students x CEOs sendiri adalah salah satu lembaga yang peduli terhadap calon pemimpin-pemimpin muda, apalagi melihat potensi unik yang dimiliki generasi millennial. Pada kesempatan tersebut komunikasi dibangun dengan pola dua arah. Para peserta diberi sejumlah kesempatan bertanya dalam segmen QnA. 

Pada saat pokok pembahasan, Henri menjelaskan langkah-langkah apa saja yang perlu direncanakan dan dilaksanakan oleh pelajar, khususnya mahasiswa. Langkah tersebut bertujuan untuk mempercepat studi dan menyusun rencana karir setelah masa studi selesai.

Terdapat tiga nilai yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa, sebagaimana ditekankan oleh Henri, yakni:

  1. Grit, buka wawasan dan jaringan seluas mungkin;
  2. Integrity, melakan hal yang benar, bukan mudah;
  3. Curiosity, memiliki rasa ingin tahu tinggi dan mau terus belajar.

Ketika menjalani pendidikan dan karir, fokus pada tujuan menjadi kunci utama meraih kesuksesan. Berikur ini adalah beberapa catatan penting bagi mahasiswa yang juga sedang meniti karir:

  • No one-size-fits-all, semua tergantung pada kondisi yang kamu hadapi
  • Always put things in perspective, jangan sampai kehilangan arah
  • You are not in a race with other people, jangan terlalu keras pada diri sendiri

Jauhi Toxic People dan Temukan Mentor

Pada segmen terakhir, moderator memberikan kesempatan bagi peserta berdialog dengan pembicara melalui segmen QnA. Henri kemudian memberikan jawaban pada berbagai pertanyaan peserta. Salah satunya adalah langkah awal dalam menyusun karir sebagai mahasiswa. 

“Menjauhi orang-orang toxic yang tidak mendukung atau support kita. Kemudian temukan mentor yang cocok sesuai kebutuhan kalian, karena hanya diri kita sendiri yang tau apa yng kita perlukan,” demikian jelasnya.  

Di akhir kegiatan, SxC berpesan kepada peserta agar jangan pernah berhenti untuk mengembangkan kualitas diri. Sebagai generasi muda, sudah sepatutnya kita mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin-pemimpin baru di negeri ini. Kitalah harapan bangsa dan negara. Merancang jalan karir adalah salah satu jalan untuk bersiap menghadapi tantangan masa depan. Tetap semangat dan optimis, Kanca Tembalang.

One Reply to “Students x CEOs: Belajar Merencanakan Karir Sejak Kuliah bersama Henri Widiyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *