Fitur

Anak Kos, Pastikan 7 Hal Ini Ada di Kamar Kalian!

Share this:

Bisa dikatakan bahwa anak kos memiliki karakteristik unik di tengah masyarakat kita. Ini karena anak kos umumnya adalah pelajar yang sedang merantau ke kota atau bahkan pulau lain. Menyewa sebilik kamar kos yang relatif cukup murah tak pelak menjadi pilihan utama bagi mereka. Nah, supaya hidup di perantauan menjadi nyaman dan produktif, tentu dibutuhkan berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung. Berikut ini adalah 7 hal yang Kanca Tembalang perlu hadirkan di kamas kos kalian! Check this out!

1. Lemari

Besar, tapi sering diabaikan orang. Yup, itulah lemari. Keberadaan lemari sangatlah vital untuk membantumu hidup nyaman di dalam kamar kos. Fungsinya jelas, yakni untuk menyimpan berhela-helai pakaian kalian dengan rapi. Tapi, selain itu, lemari juga bisa digunakan sebagai “gudang mini” kamar kos kalian. Punya setumpuk kertas bekas sisa ngerjain tugas? Punya banyak tas tote bag nganggur? Simpan saja di lemari!

Tentu saja kalian dapat menyesuaikan jenis dan bentuk lemari sesuai dengan kebutuhan kalian. Lemari yang paling umum dan cukup murah salah satunya adalah lemari laci plastik yang bisa kalian beli di toko-toko perabot rumah tangga. Bila ada cukup uang, tidak ada salahnya juga membeli lemari kayu model knock down yang simple tapi tetap elegan.

2. Meja

Kaum pelajar memang tidak pernah bisa lepas dari benda satu ini. Meja adalah syarat penting bagi penunjang keberhasilan studi kalian. Lho, ini tidak berlebihan. Dengan adanya meja, kalian tidak perlu meremukkan punggung kalian bila sedang berjam-jam di depan laptop. Selain itu, kegiatan baca-tulis sudah pasti jauh lebih nyaman dilakukan di atas meja daripada di lantai kamar kos. Selain untuk kepentingan belajar, meja juga akan membantu kenyamanan kalian saat makan di kamar kos.

Tenang, beli meja itu tidak mahal-mahal amat kok. Range harga untuk sebuah meja lipat plastik ukuran kecil tidak mencapai Rp 100.000,-. Bila ingin yang berbahan kayu, harganya berkisar antara Rp 100.000 – Rp 150.000. Nah, buat kalian kawan hemat, kalian bisa berburu meja bekas yang banyak dijual di online shop atau Instagram, yang tentu harganya jauh lebih miring!   

3. Web Cam

Kanca Tembalang perlu banget untuk mengadakan barang satu ini di kamar kalian. Kebutuhan akan web cam tentu tak lepas dari banyaknya aktivitas video conference di masa-masa serba daring seperti sekarang ini. Tidak hanya kegiatan perkuliahan, berbagai kegiatan kampus seperti rapat organisasi, seminar, bahkan konser, ternyata juga diselenggarakan melalui berbagai platform online.

Web cam dengan demikian dapat membantu teman-teman melaksanakan berbagai kegiatan daring tersebut secara optimal. Apalagi sebagian besar web cam yang dijual di pasaran sudah termasuk built-in microphone. Jadi, ngga ada lagi masalah suara kemresek dan tidak jelas. Tidak hanya untuk mengikuti video conference, web cam juga dapat menjadi sarana teman-teman dalam membuat berbagai konten-konten digital, seperti podcast atau video review makanan, dengan kualitas gambar yang prima.

Jangan khawaitr, harga web cam masih banyak yang cocok dengan kantong mahasiswa, kok. Di berbagai online shop, harga sebuah web cam berkualitas 720p berkisar di angka Rp 130.000 dan kualitas 1080p di harga sekitar Rp 180.000.

4. Jendela

Terdengar sederhana memang, tapi keberadaan sebuah jendela dapat menentukan kualitas hidupmu selama tinggal di dalam kamar kos. Menurut pendapat para ahli kesehatan, ruangan dengan ventilasi yang buruk dapat meningkatkan resiko terinfeksi penyakit-penyakit saluran pernapasan. Juga, ruangan yang tanpa jendela dapat dipastikan akan sangat mudah lembab, sehingga dapat menjadi ladang subur bagi munculnya berbagai jenis jamur yang dapat menyebabkan alergi.

Maka dari itu, pastikan terdapat setidaknya satu buah jendela di kamar kos kalian yang dapat menjadi akses sirkulasi udara. Selain alasan kesehatan, keberadaan jendela juga memungkinkan sinar matahari masuk ke kamar kos kita. Lho, jangan anggap remeh sinar matahari di dalam sebuah ruangan ya, Kanca Tembalang. Sinar matahari dapat mengurangi kelembaban ruangan dan mencerahkan isi pikiran. Masyarakat Jepang bahkan sampai memiliki aturan terhadap akses sinar matahari, yang dituangkan dalam Nisshoken atau berarti “hak terhadap sinar matahari”.

5. Rak Buku

Sebagai pelajar, Kanca Tembalang tidak boleh mengabaikan barang satu ini. Tidak jarang banyak anak kos yang lupa untuk menyediakan rak buku bagi kamar kos mereka. Alhasil, kamar kos mereka lambat laun berubah menjadi salah satu kios toko buku di Stadion Diponegoro (bukan Stadion Undip lho ya). Bagaimana tidak, Kanca Tembalang pasti akan membeli banyak sekali buku untuk keperluan kuliah. Jangan sampai kamar kos kalian tenggelam dalam lautan buku hanya karena tidak ada tempat yang proper untuk menata dan menyimpannya.

Tenang saja, rak buku itu tidak mahal-mahal amat kok. Kalian bisa menggunakan rak buku klasik berbahan kayu atau rak plastik portabel sebagai “rumah” bagi buku-buku kalian. Kalau kalian suka Do It Yourself, kalian hanya perlu membeli sejumlah braket siku,paku, dan papan triplek/kayu yang dapat disulap menjadi susunan rak buku. Oh ya, rak buku juga oke banget untuk dijadikan tempat memajang dekorasi kamar kalian, seperti tanaman hias mini atau action figure favorit kalian. Pastinya akan membuat kalian lebih estetik dan instagrammable.   

6. Lampu Baca

Membaca di bawah terang lampu tentu sangat nyaman dilakukan. Keberadaan lampu baca dijamin dapat menambah minat dan fokus Kanca Tembalang. Telebih lagi teman-teman masih akan menghadapi perkuliahan dengan metode daring. Lampu baca akan sangat membantu untuk membuat kamar kos kalian menjadi lebih nyaman untuk belajar. Apalagi, lampu baca kini banyak yang diproduksi dengan menggunakan lampu LED, sehingga bebas sinar ultraviolet dan mencegah kerusakan mata.

Mengenai harga, teman-teman dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Di berbagai online shop, kisaran harga lampu baca LED adalah mulai dari Rp 25.000 — Rp 300.000.

7. Tempat Sampah

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Pepatah ini tak akan pernah usang oleh jaman. Kebersihan tempat tinggal kita memang sudah teruji dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas kalian. Bila mengamini hal ini, maka tempat sampah adalah salah satu barang yang harus Kanca Tembalang sediakan.

Banyak pilihan tempat sampah yang tersedia di toko-toko kelontong atau online shop, mulai dari tempat sampah keranjang plastik hingga yang model injak-buka. Nah, bila sudah memilih model tempat sampah favorit kalian, jangan malas untuk membuang sampah ke luar kamar kos. Yuk, hindari kebiasaan menyimpan kotoran di tempat tinggal kita!

Tentu masih banyak pernak-pernik yang bisa kalian tambahkan untuk kamar kos kalian. Intinya, jadikan kamar kos menjadi tempat paling nyaman. Dengan demikian, Kanca Tembalang dijamin dapat melewati masa-masa studi dengan nyaman, tenang, dan siapa tahu, bahagia! Cheers!

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *