Acara Hits

Students X CEOs: Ini yang Dicari Perusaahan dari Fresh Graduate

Share this:

Pada Sabtu (29/8/2020) Students X CEOs (SxC) kembali menyelenggarakan event webinar dengan tajuk “Behind Employers Mind: What They Look For From University Graduate”. Webinar volume kedua ini menghadirkan Fajar Mahdi Fatahilah, yang merupakan seorang perekrut berpengalaman di perusahaan ternama seperti Google, Traveloka dan Korn Ferry, sebagai narasumber. Acara yang dihadiri oleh 150 peserta ini berasal dari berbagai universitas hingga jenjang pendidikan. Kegiatan dibuka pada pukul 13.00 WIB oleh Muhammad Raihan selaku pembawa acara dan dilanjutkan oleh moderator, Dinis Prihandito.

Melihat perubahan yang semakin dinamis, pengetahuan terkait kebutuhan pasar sangatlah penting agar tidak tertinggal dimakan zaman. Sama halnya dalam mencari pekerjaan terutama bagi para fresh graduate yang ingin segera memulai karir selepas kuliah. Kegiatan ini dibagi menjadi dua segmen yang terdiri dari pembukaan berisi pengalaman Fajar di dunia karir dan materi. Masing-masing segmen diberikan jeda untuk tanya jawab bagi peserta yang ingin bertanya.

Selain materi utama, Fajar juga memberikan pengetahuan terkait pembuatan resume profesional dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh pencari kerja, khususnya mahasiswa. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mengembangkan potensi agar sesuai dengan harapan perusahaan yang dituju.

Di awal materi, Fajar menekankan untuk merefleksi diri terlebih dahulu dengan cara mengidentifikasi kelebihan, potensi diri, serta ekspektasi yang diinginkan. Selain itu, penting bagi kita untuk memilih skill apa yang dibutuhkan untuk bersaing di dunia kerja. Dalam hal ini, Fajar mencoba untuk menjelaskan perbedaan antara generalis dan spesialis. Generalis yang dianggap lebih mengerti akan semua hal, sedangkan speasialis lebih berfokus pada satu hal dan ahli dalam bidangnya.

“Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Itu semua tergantung pada pilihan kita saat berada di dunia kerja.”

Fajar Mahdi Fatahilah

Menurut Fajar, terdapat beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang fresh graduate agar terlihat lebih unggul dari pelamar kerja yang lain.

  1. Ramah, menghargai perspektif yang berbeda saat bekerja dalam tim.
  2. Rasa ingin tahu dan berpikir kritis, mencari kebenaran, mempelajari dan melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda.
  3. Penyelesai masalah, keterampilan kerja yang universal.
  4. Kemampuan analisis, mampu membaca data dan berwawasan luas.
  5. Multibahasa, bahasa inggris yang paling minimal dan tidak bisa ditinggalkan.
  6. Percaya diri dan memiliki komunikasi yang baik, memaparkan ide dengan jelas dan baik.

Sebagai penutup, diberikan sesi tanya jawab terakhir kepada peserta terkait materi. Melalui webinar ini diharapkan dapat memberikan insight kepada para mahasiswa supaya lebih siap bersaing di dunia kerja. Gimana, Kanca Tembalang? Sudah siap? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *