Spot

Taman Tirto Agung: Taman Rindang Tempat Melepas Penat

Share this:

Pernah nggak sih kalian ngerasa sumpek di tengah kesibukan kuliah dan kerjaan organisasi? Bila sudah demikian, sering datang bayangan untuk lari sejenak dari semua kesibukan rutinitas hidup. Nah, beruntunglah kalian anak Tembalang atas dan sekitarnya, karena terdapat satu oasis yang siap menjadi tempat untuk melepas penat. Tempat tersebut adalah Taman Tirto Agung. Yuk, cari tahu seluk beluknya lewat ulasan berikut ini.

Taman kota satu ini sangatlah pas untuk dijadikan tempat bersantai dan menenangkan diri. Hal itu dikarenakan taman seluas sekitar 1.000 m2 ini dipenuhi dengan pepohonan tinggi nan rindang. Melansir dari Kompas.com, terdapat bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa duduk tenang di bawah pepohonan dapat mengurangi tingkat stress. Ditambah dengan memandangi berbagai bunga warna-warni yang ada, tentu taman ini cocok banget buat melepas mumet akibat tumpukan berbagai tugas dan kewajiban.

Fasilitas Lengkap

Selain rindang dan teduh, Taman Tirto Agung juga memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang dimiliki oleh taman ini mulai dari banyaknya tempat duduk dan tempat sampah, lapangan voli, lapangan rumput, toilet bersih sebanyak 6 unit, dua area bermain anak lengkap dengan jungkat-jungkit, panjat tiang, dan ayunan, hingga papan panjat tebing setinggi 15 m dan 5 m. Tidak hanya itu, taman ini juga memiliki jaringan wifi gratis untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Pusat Street Food

Bagi kalian para street food lovers, hasrat ngemil kalian akan terpuaskan apabila berkunjung ke Taman Tirto Agung. Pasalnya, terdapat puluhan penjaja makanan dan minuman yang siap melayani para pengunjung. Beberapa di antaranya adalah tahu gimbal, jagung bakar, sosis bakar bakso, es kelengkeng, cimol, cilok, jasuke (jagung serut susu keju), mie ayam, dan banyak lainnya.

Selain itu, Kanca Tembalang juga dapat menyambangi sederet kios makanan yang tersedia di pojok timur taman. Terdapat beberapa pilihan kuliner yang tersedia, antara lain soto ayam, nasi uduk, burjo dan warung Kopi Tumbas. Kanca Tembalang juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena hanya dengan budget sebesar Rp 5.000 – Rp 20.000 saja kalian dapat menikmati berbagai sajian berselera sampai kenyang!

Taman untuk Semua

Menurut penuturan Pak Yoyok, penjaga warung Kopi Tumbas, landmark kebanggaan Tirto Agung ini selalu ramai dikunjungi, bahkan oleh warga luar Semarang. Sebagian besar pengunjung merupakan keluarga yang sedang menikmati waktu bersama. Kemudian, sering pula terlihat anak-anak muda menghabiskan waktu mereka di taman ini dengan berolahraga atau sekadar duduk-duduk. Anak-anak juga tampak senang berada di taman ini karena dapat berlarian kesana-kemari dengan leluasa.

Taman ini juga kerap menjadi lokasi kegiatan berbagai komunitas. Salah satu komunitas yang aktif berkegiatan adalah kelompok atlit panjat tebing Kota Semarang. Bahkan, sempat ada Sekolah Panjat Tebing yang diadakan setiap Minggu pagi. Bagi Kanca Tembalang yang ingin mengadakan kegiatan skala besar di Taman Tirto Agung, teman-teman dapat mengurus ijin ke Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Semarang untuk keperluan perijinan tempat.

Selain itu, Taman Tirto Agung juga dapat menjadi ruang untuk mengembangkan kepeduliaan terhadap makhluk hidup lain. Hal ini diungkapkan oleh Mbak Tesa yang kedapatan tengah mengasuh kucing di salah satu sudut taman. Kepada Infotembalang, Mbak Tesa mengatakan bahwa sudah selama 7 bulan ia menjadikan Taman Tirto Agung sebagai rumah bagi 3 kucing putih peliharannya yang lucu. Ia mengaku hanya perlu meminta ijin kepada pengurus taman dan ternyata diperbolehkan. Kini, selain kucing peliharannya, ia turut merawat kucing-kucing liar dengan cara memberi mereka makanan.

Membutuhkan Perhatian Pemerintah

Meskipun taman ini sangat berguna dan dibutuhkan masyarakat sekitar, ternyata Taman Tirto Agung membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah daerah. Mas Syahrir, pengurus taman mengatakan bahwa terdapat beberapa fasilitas yang ada mulai rusak dimakan usia dan perlu diperbaiki.

Ia juga cukup mengeluhkan minimnya anggaran perawatan taman belakangan ini, sehingga menyulitkan dirinya untuk menjaga Taman Tirto Agung tetap indah dan nyaman dikunjungi. Mas Syahrir yang sudah 7 tahun setia menjadi “Pak Bon” taman berharap agar Taman Tirto Agung kembali mendapat perhatian pemerintah setelah COVID-19 berlalu.

Demikian selayang pandang Taman Tirto Agung, taman kota bagi semua. Sebagai penutup, Infotembalang akan memberikan rangkuman di bawah ini. Cheers!

Taman Tirto Agung

Alamat: Jl. Tirto Agung No. 77, Pedalangan, Banyumanik, Semarang
Fasilitas: banyak tempat duduk dan tempat sampah, pepohonan rindang dan tanaman hias warna-warni, lapangan rumput, lapangan voli (paving), area bermain anak, dua unit papan panjat tebing (15 m & 5 m), 6 unit toilet bersih, wifi gratis.
Harga masuk: Parkir (Rp 2.000/motor & Rp 3.000/mobil)
Kelebihan: Pusat jajanan dan kuliner dengan range harga Rp 5.000—Rp. 20.000,br> Kekurangan: Kurang penerangan, terutama malam hari, beberapa sarana tampak rusak.

Referensi: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/03/03/203915723/duduk.tenang.di.bawah.pepohonan.bantu.redakan.stres
Credit Photo: www.rumahumkm.net, www.jateng.tribunnews.com

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

One Reply to “Taman Tirto Agung: Taman Rindang Tempat Melepas Penat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *