Tembalangan

5 Daerah di Tembalang yang Jadi Pilihan Buat Kos

Share this:

Halo Kanca Tembalang! Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Juni. Ini berarti bumi Tembalang kita tercinta akan kedatangan banyak teman-teman mahasiswa baru. Nah, buat kalian para calon penghuni Tembalang, Infotembalang kasih pilihan paling strategis buat kalian ngekos di Tembalang.

Banjarsari

Banjarsari bisa dikatakan adalah Jalur Sutera-nya Tembalang. Daerah Banjarsari ini gampang banget dihafalin, karena hampir semua jalan di daerah ini memiliki imbuhan belakang “-sari”, seperti Iwenisari, Tirtasari, Maerasari, Tunjungsari, dan Nirwanasari. Daerah ini sering jadi pilihan untuk ngekos karena banyak tempat makan ngehits, seperti Penyet Kuah Timoho, OTI Fried Chicken, Sowak, Padang Murah, Warung Makan Bu Nur, dan Bubur Ayam Pak Sholeh.

Selain itu, Kanca Tembalang dijamin nggak akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari karena banyak terdapat mini market, toko alat tulis, print shop, percetakan digital, toko elektronik, dan lain sebagainya. Di sekitar Jalan Banjarsari Selatan juga terdapat belasan kafe ternama, seperti Anak Panah dan Jendela. Warung burjo yang mudah ditemui di setiap sudut jalan pun semakin menambah pilihan tempat nongkrong.

Sirojudin

Daerah Sirojudin meliputi Jalan Sirojudin dan kawasan Perumda Tembalang. Area ini menjadi sangat strategis karena merupakan jalur penghubung antara Kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Politeknik Negeri Semarang (POLINES) dengan kawasan Banjarsari yang padat kos, kafe, dan warung makan. Kawasan ini memiliki beberapa tempat nongkrong favorit, seperti Kayo Coffee and Space, House of Moo atau Senja Coffee and Space. Selain itu, terdapat beberapa warung makan legend, seperti Burjo Totem, Pecel Peni, dan Penyet Artomoro. Sejumlah minimarket, print shop, dan toko alat tulis yang banyak terdapat di daerah ini juga siap memenuhi kebutuhan kalian.

Baskoro

Kawasan Baskoro merupakan salah satu kawasan paling unik dan strategis bagi para anak kos. Bila dilihat dari Google Maps, daerah Baskoro seakan nyempil di antara kampus UNDIP dan POLINES. Daerah ini bakalan cocok banget buat kalian yang ngga bawa kendaraan pribadi ke Tembalang karena sangat dekat dengan beberapa kampus, seperti Fakultas Hukum UNDIP dan pintu masuk timur POLINES. Kampung Baskoro yang konon katanya berasal dari ungkapan “Bebas Perkoro” ini sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pusat kos-kosan mahasiswa. Dengan demikian, terdapat pula banyak warung makan dan toko pemenuh kebutuhan mahasiswa yang mudah ditemui di sudut jalan.

Jalan Prof. Sudarto

Dengan dua ruas jalan dan taman pemisah di tengah-tengahnya, Jalan Prof. Sudarto bisa dianggap sebagai boulevard avenue-nya Tembalang atas. Ruas jalan ini merupakan jalur utama menuju kawasan kampus UNDIP Tembalang. Di sepanjang jalan ini, terdapat beberapa objek vital seperti SPBU Tembalang, Gedung Serba Guna UNDIP, Kampus POLINES, Masjid Kampus UNDIP, Rusunawa UNDIP, Jembatan Sikatak, hingga Stadion UNDIP. Selain itu, Kanca Tembalang juga dapat menemui banyak tempat makan, print shop, dan toko penyedia kebutuhan sehari-hari di sepanjang jalan ini. Satu keistimewaan lain yang dimiliki oleh daerah ini adalah keberadaan pusat mangkal pedagang jajanan, seperti cilok, bakso tusuk, telur gulung, yang terletak di seberang kampus POLINES.

Tirto Agung

Kawasan Tirto Agung dapat dikatakan adalah kawasan paling “semarak” yang ada di sekitar kawasan UNDIP Tembalang. Mulai dari Apartemen Paltrow City yang elite, berbagai restoran ternama, kampus Politeknik Kesehatan Semarang (POLTEKKES), hingga Taman Tirto Agung, semua terdapat di daerah ini. Kawasan yang sejatinya sudah masuk Kecamatan Banyumanik ini juga memiliki keunggulan sebagai pusat kuliner. Bila dirunut, di kawasan ini terdapat restoran Super Sambal Tirto Agung, Warung Penyet Lesehan Mas Pur, Wasabi Sushi & Ramen, De Lasco Seafood, dan banyak lainnya.

Berbagai sarana rekreasi juga bertebaran di sepanjang jalan Tirto Agung, seperti One Cue Billiard dan Dewa Futsal. Taman Tirto Agung sebagai satu-satunya taman terbuka di kawasan Tembalang atas dan sekitarnya menambah kesemarakan Tirto Agung. Selain itu, kawasan ini dekat dengan gerbang tol, sehingga menambah nilai plus tersendiri.

Kira-kira demikian beberapa daerah ngekos paling strategis di kawasan Tembalang atas. Tentu masing-masing daerah memiliki plus minusnya masing-masing. Tinggal bagaimana Kanca Tembalang sekalian menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Oh ya, buat kalian para calon Kanca Tembalang, Sugeng Rawuh wonten ing Tembalang, ya! Cheers!

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

3 Replies to “5 Daerah di Tembalang yang Jadi Pilihan Buat Kos

  1. aku paling suka daerah Sirojudin, karena banyak kenangan di sana. temanku ada yang kos di daerah, jadi basecamp deh buat kita, soalnya makanan enak dan murah2. aduh jadi kangen banget masa2 itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *