Acara Hits Berita

#ShareYourHeart : Wujudkan Pendidikan Berkualitas Lewat Kasih Sayang

Halo smartizen, pendidikan merupakan hak dari setiap orang, terutama bagi anak. Namun, tidak semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan dan merasakan pendidikan.  Hal ini dikarenakan berbagai kendala, salah satunya yang paling sering ditemui yaitu karena kendala finansial. Bagi mereka anak-anak yang lahir di keluarga dengan ekonomi rendah dan minim, mereka anak pemulung yang hidup di jalanan, tentunya merasakan pendidikan terkadang hanya menjadi sebuah angan-angan. Namun, apakah smartizen pernah menyangka bahwa pendidikan ternyata bisa dibagikan dan diwujudkan melalui kasih sayang tanpa pamrih?

Untuk menjawab hal tersebut, Infotembalang bersama AIESEC Universitas Diponegoro ingin memperkenalkan smartizen kepada Program Sunshine ke-11 dengan tajuk #ShareYourHeart. Program ini merupakan salah satu proyek sosial dari AIESEC Undip yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas. Poin utama dari SDG ini adalah menjamin pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kesempatan belajar untuk semua orang. Sunshine hadir sebagai sarana perwujudan dan aksi nyata dari pemerataan kualitas pendidikan melalui kegiatan kesukarelawanan dengan kasih sayang tanpa pamrih kepada setiap orang, khususnya anak-anak di Kota Semarang.

Sunshine 11 kali ini mengangkat tema ‘Grow Your Heart‘ yang berfokus pada pengembangan karakter anak serta potensi mereka. Di kesempatan ini pula nantinya anak akan diajarkan mengenai toleransi, kebaikan, keberanian, mimpi serta cita-cita. Bersama dengan para sukarelawan, dari mahasiswa asing dan mahasiswa lokal, Sunshine 11 akan mengajar selama kurang lebih satu bulan di beberapa Sekolah Dasar, NGO (non- government organization) dan Komunitas, diantaranya : SDN Rejosari 02, Komunitas Satoe Atap dan Sahabat Tenggang yang bergerak di bidang pendidikan. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 8 juli hingga 17 Agustus 2019.  Selain belajar mengembangkan karakter diri, anak-anak juga akan dikenalkan dengan budaya-budaya baru serta belajar Bahasa Inggris melalui interaksi mereka dengan para  mahasiswa dari luar Indonesia.

Nah, sebelumnya, apakah smartizen pernah mendengar kalimat “Sayang Itoe Asli Tanpa Pamrih”? Kalimat itu adalah filosofi dari nama Komunitas Satoe Atap. Filosofi komunitas ini percaya bahwa pendidikan dapat diwujudkan melalui kasih sayang tanpa pamrih bagi adik-adik kita yang kurang mampu. Satoe Atap didirikan sejak tanggal 12 April 2007 oleh para mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Komunitas yang bergerak dibidang sosial pendidikan ini berbagi keceriaan dan pelajaran kepada anak-anak kaum miskin Kota Semarang di dua lokasi pengajaran, yaitu Seroja dan Kelinci. Total jumlah anak-anak di komunitas ini mencapai 80-100 anak loh smartizen.

Dalam upaya mendukung pendidikan berkualitas di Komunitas Satoe Atap, maka Sunshine 11 menginisiasi kegiatan urun dana (crowdfunding) yang mengajak smartizen sekalian untuk menyumbangkan dana untuk dibelikan peralatan sekolah, seperti tas, perlengkapan alat tulis, tempat makan dan tempat minum teruntuk adik-adik di Komunitas Satoe Atap. Semua ini ditujukan untuk mendukung proses adik-adik di sana untuk mengembangkan diri dan belajar secara maksimal.

Itu dia sedikit cerita mengenai program #ShareYourHeart untuk Komunitas Satoe Atap oleh Sunshine 11, AIESEC Undip. Smartizen yang ingin membantu sahabat kita di Komunitas Satoe Atap dapat melalui link berikut: kitabisa.com/shareyourheart. Mari bagikan kasih sayang untuk memajukan pendidikan!

#ShareYourHeart untuk sahabat kita di Komunitas Satoe Atap
Alberta Cindy
Ikhlas, bersyukur, senyum. :) Seize your day! Hari ini, kalau tidak kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *