Berita Mampir Kampus

Al Fatih, Organisasi Pengurus Masjid Kampus Undip

Share this:

Di area Undip Tembalang, ada satu Masjid dengan bangunan yang ikonik, berbentuk piramida menjulang ke langit, dan berada di lokasi strategis di area Universitas Diponegoro. Ya, Masjid Kampus Undip atau Masjid KU atau mungkin lebih akrab di telinga mahasiswa Tembalang dengan sebutan Maskam Undip.

Tempat Ibadah yang dibangun pada akhir tahun 2004 ini dirancang oleh Prof. Ir. Totok Roesmanto, M. Eng, seorang arsitek lulusan S1 Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro tahun 1979 dan S2 Jurusan Sejarah dan Teori Arsitektur Toyohashi University of Technology, Jepang.

Selain sebagai tempat ibadah umat Muslim, Masjid Kampus Universitas Diponegoro mengadakan berbagai kegiatan yang menunjang pelayanan keislaman umat. Untuk itu pada tahun 2016 dibentuklah wadah bagi pengelola yang bernama Al-Fatih. Sebagai organisasi remaja Masjid Kampus Undip, Al-Fatih secara aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti wisata ruhani, wisata ilmu dan wisata quran.

Dalam kepengurusannya, Al Fatih terbagi menjadi 7 divisi yang bertugas dalam membantu seluruh kegiatan seluruh acara yang ada di Masjid Kampus Universitas Diponegoro. Ketujuh divisi tersebut yaitu:

Divisi CFIS (Center For Islamic Studies)
CFIS adalah lembaga pusat studi ilmu berbasis nilai-nilai islam. Divisi ini turut mengembangkan kapasitas mahasiswa muslim untuk menajdi insan teladan dalam mengembangkan keilmuan Islam di masa depan.

Divisi HRD (Human Resources Development)
HRD merupakan salah satu divisi yang bertugas untuk perekrutan dan penjagaan pengurus dalam koridor keislaman. Dengan harapan untuk membentuk kader-kader islami yang bermanfaat, amanah dan bersahabat.

Divisi Kajian
Ada tiga kajian dan satu program turin yang dikelola oleh divisi kajian, yaitu Wisata Ruhani, Wisata Ilmu dan Wisata Qur’an. Di samping itu ada juga satu program rutin yaitu Gerakan Subuh Berjamaah (GSJ). Kegiatan GSJ tersebut, dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Divisi MCT (Muslimah Center)
Segala aktivitas kemuslimahan di lingkungan UNDIP berada di bawah koordinasi lembaga MCT atau Muslimah Center. Di samping itu, lembaga ini menjalankan tiga peranan seperti pembinaan, pelayanan muslimah, dan pengembangan model program kemuslimahan.

Divisi Media
Bertanggungjawab dalam mengelola Syi’ar dan perwajahan masjid kampus di dalam bidang kemediaan. Antara lain, konten media sosial yang menjadi salah satu tugas divisi ini.

Divisi QLC (Qur’an Learning Center)
QLC bertujuan untuk mengajak civitas akademika dan masyarakat sekitar kampus untuk mempelajari, memahami dan mengaplikasikan nilai dan moral Al-Qur’an.

Divisi SEBI (Seni dan Budaya Islam)
SEBI mewadahi, melatih dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa muslim, khususnya pada bidang seni dan budaya islam.

Nah, buat smartizen yang tertarik untuk aktif di kegiatan Masjid Kampus Unversitas Diponegoro, bisa banget cari tau informasi lengkapnya di website maskam.undip.ac.id. Atau, cek instagramnya juga di @maskamundip.

Infografis Masjid Kampus Undip

sumber: maskam.undip.ac.id
foto: @r_stwn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *