Acara Hits Berita

Judul Keren Tapi Tak Menipu: Added Value!

Sabtu (22/6) Weekend Upgrade kembali hadir dengan tema “Seni Bikin Judul Menarik Tanpa Umpan Klik”. Weekend Upgrade edisi kedua ini dilaksanakan di Studio Mini, Gedung Pusat Informasi Publik, Balaikota Semarang. Dihadiri kurang lebih 25 orang samrtizen, acara ini menghadirkan dua narasumber  praktisi di bidang jurnalistik, Mas Arif Arief dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang dan Mas Hasta Setiawan, dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pandanaran dan STIE Semarang yang juga mantan wartawan. Kedua narasumber mengupas habis fenomena clickbait (umpan klik) dari segi kode etik dan juga disertai tips membuat judul artikel yang menarik.

“Kode Etik Jurnalistik adalah tolok ukur. Ketika judul mengaburkan dan menimbulkan salah tafsir itu bahaya, makanya kita tidak boleh sembarangan membuat judul”, kata mas Arif. Dalam kesempatan yang sama Mas Hasta menyampaikan, “Bicara tentang clickbait maka kita juga bicara tentang value, value mana yang kita pilih dan perjuangan, dan dalam membuat judul, penulis menjadi pengendali utamanya”.

Para peserta diberi kesempatan untuk praktik membuat tulisan yang menarik langsung dibawah pendampingan Mas Arif dan Mas Hasta. “Bila judul sudah baik secara struktur jurnalistik akan lebih dahsyat lagi dan mendatangkan banyak pembaca apabila kita memperhatikan penggunaan kata kunci”, tambah Mas Arif. Penggunaan kata kunci akan membantu artikel kita mendapatkan banyak pembaca dari organik search, yaitu dari mereka yang mencari suatu topik dari measin pencari.

Acara ini dihadiri peserta dari berbagai kampus di kota Semarang, seperti Universitas Diponegoro, Polines, UNNES, bahkan ada yang jauh-jauh datang dari Universitas Parahayangan, Bandung. Mereka datang dengan antusiasme tinggi mendengarkan pemaparan narasumber mengenaik etika jurnalistik. “Judul keren itu yang menarik tanpa harus menipu, kita harus memperhatikan etika dan estetika dalam membuat judul”, jelas Mas Hasta yang juga pernah berpofresi sebagai wartawan. Ternyata penggunaan diksi-diksi yang unik serta pelibatan emosi pembaca untuk membuat judul yang menarik juga menjadi salah satu cara untuk memberikan nilai dalam pembuatan artikel jurnalistik.

Itu tadi sekilas keseruan acara Weekend Upgrade edisi 2, buat Smartizen yang belum bisa hadir, Infotembalang akan hadirkan lagi Weekend Upgrade selanjutnya yang bakal upgrade skill dan wawasan kamu sebagai mahasiswa. Ikuti juga instagram @Infotembalang untuk update lengkap kegiatan Smartizen lainnya. See you!

Alfonsus Ega
Young - Smart - Impactful Bergerak, berdampak !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *