Uncategorized

Kata Mereka Tentang: Kuliah Itu Penting Gak Sih?

Share this:

Kuliah dalam KBBI memiliki arti “pelajaran yang diberikan” atau “ceramah”. Akan tetapi, istilah “kuliah” sering dipahami sebagai kegiatan belajar-mengajar di jenjang pendidikan tinggi. Hal ini menimbulkan banyak perdebatan di kalangan masyarakat luas, khususnya siswa dan siswi yang akan melanjutkan kuliah. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengajak Kanca Tembalang untuk lebih kritis dan peduli dalam mengambil keputusan, utamanya mengenai keperluan melanjutkan kuliah sebagai syarat mutlak dalam bersaing di dunia kerja. Coba kita simak bagaimana pendapat mereka mengenai pentingnya kuliah

Ratna Menunjang Karier

Pendapat pertama datang dari Ratna, salah satu mahasiswi Politeknik Kesehatan Semarang dalam sesi wawancara secara daring. “Kuliah itu penting juga sih. Supaya bisa berkarier yang lebih baik lagi dan menjadi orang yang sukses serta bermanfaat. Karena lulusan sarjana punya kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan yang bonafit dan punya gelar akademik,” ungkap Ratna.

Amanda Menambah Ilmu yang Luas

Pendapat lain juga diungkapkan oleh Amanda, siswi yang baru saja tamat SMA di salah satu sekolah di kota Semarang.

“Kuliah itu penting banget. Kuliah itu kan punya gelar yang lebih tinggi ketimbang lulusan SMA. Nah, nanti kalau dapet kerja itu posisi penempatannya berbeda dengan lulusan yang SMA. Maka dari itu, kalau kita kuliah kan jelas menambah ilmu yang lebih luas lagi.”

Ajeng Bisa Daftar Kerja yang Lebih Baik

Tidak ketinggalan, Ajeng yang merupakan seorang pekerja mengungkapkan, “Menurutku, kuliah penting, tapi dari aku belum bisa ikut aja. Kan sekarang aku juga kerja ya, supaya ada peningkatan kalau aku kuliah dapat gelar. Ilmunya jadi makin banyak dan bisa daftar kerja yang lebih baik lagi.”

Ajeng juga memberikan pendapatnya mengenai orang-orang yang menganggap bahwa kuliah tidak penting. “Kalau aku terserah aja ya, karenakan pilihan masing-masing,” ucap Ajeng secara singkat.

Jadi, itulah tanggapan dari beberapa Kanca Tembalang perihal kuliah. Selagi memiliki kesempatan untuk melanjutkan perkuliahan, pergilah belajar dengan baik karena banyak orang yang justru merasa iri dengan kesempatan yang kamu peroleh. Jadi, jangan lagi mengeluh dan menganggap kalau kuliah itu tidak penting, ya! Semangat!

Editor: Hieronimus Emilianus E.

Ilustrator: Annisa Putri Pramesti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *