Uncategorized

Tips Berburu Kost Buat Mahasiswa Baru

Buat Smartizen, terutama yang berkuliah di daerah perantauan pastinya perlu banyak pesiapan untuk memulai hidup baru di Tembalang. Salah satunya adalah mencari tempat tinggal sementara atau kost. Kost ibarat rumah kedua yang bakal jadi naungan Smartizen untuk pulang maupun beristirahat. Nah, kali ini infotembalang mau berbagi tips buat Smartizen yang mau pilih-pilih rumah kost di tempat perantauan.

1. Jarak dan Lokasi Kost
Faktor lokasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan, apalagi kalau Smartizen tidak membawa kendaraan pribadi. Jauhnya lokasi juga akan berpengaruh pada pengeluaran kita sehari-hari. Tidak hanya jarak dengan kampus yang harus diperhatikan, Smartizen juga perlu tahu apakah mudah untuk mencari makan di sekitar kost? Apakah lokasi kost dekat dengan tempat fotokopi, alat tulis, dan tempat lain yang mungkin akan sangat dibutuhkan nantinya?

2. Fasilitas yang Ditawarkan
Kebersihan kamar mandi, listrik, air yang jernih, ketersediaan wifi, dan berbagai fasilitas lainnya juga perlu diperhatikan. Sebagai mahasiswa yang penuh dengan deadline tugas, kepanitiaan, maupun organisasi, ketersediaan WiFi sangatlah penting untuk mendukung kinerja kita. Selain itu, kebersihan juga menentukan sehat tidaknya lingkungan sehari-hari kita. Menilai kebersihan suatu tempat bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan melihat kebersihan kamar mandi yang dimiliki. Sirkulasi udara dan juga jendela yang mendukung masuknya cahaya matahari juga membantu untuk membunuh bakteri yang ada di kamar.

3. Harga Sesuai Budget
Lokasi yang tidak terlalu jauh, fasilitas lengkap, tetapi harga membengkak juga akan menjadi masalah kedepannya. Biaya yang akan dikeluarkan mahasiswa tidak hanya sebatas UKT semester, melainkan juga biaya hidup, keikutsertaan dalam panitia, dan juga buku-buku yang diperlukan dalam kegiatan akademik. Tinggal jauh dari rumah dan orangtua, tentunya kita harus pintar dalam mengatur pengeluaran sendiri. Carilah kost yang sekiranya memenuhi budget yang dimiliki. Smartizen juga perlu memperhatikan apakah biaya kost sudah termasuk pengeluaran air, listrik, serta WiFi atau belum.

4. Aturan Kost
Menjadi mahasiswa super sibuk dengan berbagai kerja kelompok dan rapat sana sini, membuat kita sering pulang malam. Smatizen juga perlu memperhatikan jam malam yang ada di kost kalian, karena jika tidak sesuai pada akhirnya akan menyusahkan kalian. Kebebasan yang dimiliki tiap kost-kostan juga berbeda-beda. Ada yang sama sekali tidak memperbolehkan orang luar untuk masuk walau hanya sekedar belajar, ada yang bebas, dan berbagai macam aturan lainnya. Aturan kost juga termasuk kesepakatan mengenai pembayaran kost. Kita perlu tahu dari awal bagaimana sistem pembayaran masing-masing kost, termasuk fasilitas apa saja yang diberikan dalam pembayaran tersebut.

5. Lingkungan Sekitar
Hal terakhir namun tidak kalah penting yang bisa menjadi pertimbangan adalah faktor lingkungan tempat tinggal. Tetangga kamar yang mendukung, ibu/penjaga kost yang menyenangkan, serta keamanan kost yang terjamin akan membuat kita semakin nyaman dalam menempati kost. Pentingnya faktor keamanan, bisa kita nilai mulai dari melihat apakah kost tersebut punya penjaga/satpam 24 jam atau tidak, lalu bagaimana dengan akses kunci yang dimiliki setiap penghuni kost? Hal ini menjadi antisipasi di awal jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa yang tidak diinginkan (misal: hilangnya barang-barang).

Itu tadi ya, beberapa tips memilih kost untuk Smartizen yang menempuh pendidikan di kota yang jauh dari tempat asal. Meskipun pada akhirnya, kembali lagi pada selera diri kita masing-masing untuk memilih tempat tinggal, mau yang nyaman, terjangkau, bersih, atau semuanya? So, bagi kalian para maba, pintar-pintar mencari tempat tinggal ya! Agar tidak perlu berpindah-pindah dan mengeluarkan biaya tambahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *