Fitur

Selain Setelan Hitam-Putih, Ini Dia Starter Pack Mahasiswa Baru

Share this:

Sekali lagi, selamat untuk Kanca Tembalang yang sudah memiliki gelar baru sebagai mahasiswa baru (maba). Melakukan persiapan kuliah adalah hal yang menyenangkan karena akan memasuki kehidupan baru. Supaya persiapan orientasi kalian lancar jaya, berikut ini adalah starter pack maba yang harus kamu miliki!

Setelan Hitam Putih

Hal wajib yang akan dilalui para maba adalah menggunakan setelan hitam putih. Setelan ini sangat familiar untuk para maba karena biasanya digunakan saat mengikuti rangkaian ospek di kampus. Untuk memudahkan, organisasi mahasiswa (ormawa) kampus seringkali mengkolektifkan kebutuhan mereka ke dalam paket “starter pack maba”. Tidak lupa dengan pelengkap lainnya, seperti kaos kaki putih panjang, dasi hitam, ikat pinggang, serta sepatu pantofel.

Topi Almamater

Benda ini kerapkali menjadi atribut wajib bagi para maba, terutama saat pelaksanaan ospek. Topi ini nantinya akan sangat berguna menghalangi panasnya matahari ketika sedang ada kegiatan di ruangan terbuka. Contohnya, ketika membuat formasi mozaik, seperti yang dilakukan di Universitas Diponegoro (Undip) setiap tahunnya.

Jaket Almamater

Mendapatkan jaket almamater adalah kebanggaan tersendiri bagi seorang mahasiswa. Kepemilikannya ini menandakan dirinya secara resmi menjadi bagian dari kampus tersebut. Walaupun jarang digunakan dalam kehidupan kampus sehari-hari, jaket almamater ini selalu eksis ketika acara-acara kampus tertentu. Contohnya, seperti seminar, sidang, KKN, ataupun kegiatan-kegiatan resmi lain. Selain itu, jaket almamater juga selalu eksis di jalanan ketika para mahasiswa turun ke jalan.

Name Tag

Barang wajib lainnya adalah kartu pengenal atau yang biasa disebut name tag. Kartu yang berisi identitas diri ini tak jarang membuat orang yang melihatnya geleng-geleng. Pasalnya, selalu terselip sesuatu yang lucu di dalamnya, mulai dari bentuk hingga informasi di dalamnya yang terkadang nyeleneh.

Buku Agenda

Benda ini menjadi sesuatu yang wajib bagi para maba karena disiniliah mereka akan menyatat segala apapun selama rangkaian ospek berlaku. Tanpa adanya kebiasaan menulis agenda, kemungkinan besar kamu akan sering kelupaan tugas-tugas atau kewajiban-kewajiban yang bejibun di masa awal kuliah. Oh ya, buku agenda dapat digantikan kok dengan aplikasi note yang dapat di-install ke smartphone kalian.

Meskipun masing-masing kampus mempunyai ketentuannya tersendiri, paling tidak itu hal-hal yang perlu kalian miliki untuk menjalani orientasi kampus. Walau harus langsung disambut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), semoga semangat Kanca Tembalang menyongsong kehidupan perkuliahan jangan sampai luntur ya!

Sumber foto:
its.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *