Acara Hits Berita

IRDUMUN 2019: Simulasi Sidang PBB Perangi Kejahatan Transnasional

Share this:

Kejahatan Transnasional? Siapa di antara Smartizen yang pernah mendengar istilah tersebut? Menurut situs Wikipedia, kejahatan transnasional adalah “kejahatan terorganisasi yang terjadi lintas perbatasan negara dan melibatkan kelompok atau jaringan yang bekerja di lebih dari satu negara untuk merencanakan dan melaksanakan bisnis ilegal.” Sebagai negara yang sangat strategis dan rentan terhadap berbagai bentuk kejahatan lintas negara, Indonesia menaruh perhatian khusus terhadap kejahatan lintas negara baru dan berkembang, antara lain perdagangan orang dan penyelundupan manusia, korupsi dan pencucian uang, kejahatan kehutanan dan satwa liar, kejahatan perikanan, perdagangan ilegal benda-benda cagar budaya, serta kejahatan narkotika dan obat-obatan (narkoba) dan prekursornya.

Kementerian Luar Negeri yang merupakan ujung tombak Pemerintah Indonesia dalam kerja sama internasional senantiasa meningkatkan kerja sama internasional dalam mengatasi kejahatan-kejahatan lintas negara guna melindungi kepentingan dan kedaulatan nasional Indonesia. Nah, yang menarik nih Smartizen, sebagai mahasiswa kita ternyata juga bisa berupaya memperkuat kerjasama global tadi dengan membahas isu tersebut melalui kegiatan simulasi sidang PBB, lohh. Salah satunya yaitu melalui acara berskala nasional, IRDUMUN 2019 (International Relations Diponegoro University Model United Nations) yang akan diselenggarakan di Hotel Grand Edge, Semarang pada tanggal 26-28 Juli 2019. Acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Diponegoro.

Model United Nations (MUN) merupakan sidang simulasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang melibatkan dan mengajarkan peserta keterampilan berbicara, berdebat, dan menulis, selain kemampuan berpikir kritis, kerja tim, dan kepemimpinan. Kegiatan ini menjadi wadah belajar dan mencari pengalaman untuk belajar tentang diplomasi, hubungan internasional, dan PBB. Peserta dari MUN biasanya disebut sebagai delegasi, yang biasanya berperan mewakili suatu negara, organisasi, dan tokoh politik internasional. Delegasi meliputi siswa-siswi di tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi/universitas. Delegasi melakukan penelitian sebelum konferensi dan merumuskan posisi yang kemudian mereka akan debat dengan sesama delegasi mereka di komite. Secara khusus, MUN diadakan dengan tujuan utama untuk mencari jalan keluar dan mengambil sikap dalam menghadapi suatu isu, masalah atau peristiwa internasional melalui diskusi dan debat dalam simulasi forum sidang PBB.

Tahun 2019 ini, IRDUMUN hadir dengan tema “Strengthening Global Cooperation in Combating Transnational Crime” yang berfokus memerangi kejahatan transnasional smartizen. Tema ini dipilih untuk mendorong kepedulian terhadap isu kejahatan international yang tentunya mengancam berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Penyelenggaraan IRDUMUN 2019 ini harapannya dapat menjadi ruang dan wadah bagi calon-calon diplomat muda untuk berlatih, mengembangkan diri, menambah pengalaman serta berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah-masalah dunia internasional. Sehubung dengan tema yang diangkat tadi, maka akan ada tiga dewan yang akan membawakan isu-isu kejahatan transnasional, diantaranya adalah UNODC (United Nations Office on Drugs and Crime), UNHRC (United Nations Human Rights Council) dan UNSC (United Nations Security Council). Isu yang akan diangkat adalah terkait isu pekerja anak serta hak anak di negara berkembang (UNHRC), isu perdagangan obat terlarang (UNODC) dan isu perang semenanjung Korea (UNSC).

Smartizen yang tertarik untuk bergabung dalam simulasi sidang PBB IRDUMUN 2019 bisa langsung mendaftarkan diri kalian pada link bit.ly/IRDUMUN2019Registration dan ikuti informasi selengkapnya di Instagram @irdumun2019 . Pendaftaran masih dibuka hinggal 20 Juli 2019, dan panitia juga memiliki harga khusus bagi smartizen yang mau mendaftar, informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi panitia IRDUMUN 2019 melalui Official Account Line @eid6106x . Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu smartizen. See you on IRDUMUN 2019!

Referensi :
https://kemlu.go.id/portal/id/read/89/halaman_list_lainnya/kejahatan-lintas-negara
https://id.wikipedia.org/wiki/Kejahatan_terorganisasi_transnasional
https://en.wikipedia.org/wiki/Model_United_Nations
https://www.kompasiana.com/mardhiyaaulia1/565582b3ae9273a6078b45ab/mun-model-united-nations?page=all

Alberta Cindy
Ikhlas, bersyukur, senyum. :) Seize your day! Hari ini, kalau tidak kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *