Blog

Lekat Tembalangan

Bima Wicaksono: Nahkoda Marinero Tobacco

Tembakau telah menjadi sumber penghidupan bagi jutaan orang di berbagai belahan bumi. Tak terkecuali bagi Bima Wicaksono. Tembakau telah mendapatkan tempat spesial di hati pria kelahiran Jakarta, 29 Maret 1997 ini. Bima adalah pemilik “Marinero Tobacco”, sebuah toko tembakau yang cukup ternama di bilangan Tembalang dan sekitarnya. Bilamana Kanca Tembalang melintasi Jalan Gondang Raya, sempatkanlah […]

quo vadis
Esai

QUO VADIS?

Selesai. Akhirnya semua selesai. Klise, tapi semuanya terasa cepat berlalu. Ketika aku membalikkan punggung, tanpa tersadar empat tahun sudah kujalani. Tiga puluh enam purnama di Yogyakarta, dua belas purnama di Semarang. Dengan dinyatakannya diriku ini lulus Yudisium, maka dapatlah aku anggap satu babak hidupku telah ditutup. Kini, aku harus bersiap memasuki panggung baru. Bersiap memainkan […]

Uncategorized

Pandangan Mereka Tentang LGBT Disekitar Kita

Semarang (29/06/2021) – Komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender, atau acap kali dikenal dengan LGBT, merupakan istilah yang semenjak tahun 1990-an digunakan untuk menggantikan frasa “komunitas gay”,  karena istilah tersebut lebih mewakili kelompok-kelompok yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan maraknya komunitas tersebut di media online maupun offline di sekitar kita, khususnya dalam lingkup kampus, artikel ini […]

Fitur

Rekomendasi Tempat Kursus di Semarang

Semarang (15/06/2021) – Saat membuka artikel ini, apa yang Kanca Tembalang pikirkan? Tentunya memilih tempat kursus atau les terbaik untuk menunjang skill pribadi. Namun, apa saja sebenarnya hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat kursus terbaik? Banyak dari Kanca Tembalang yang berpikir bahwa pelajaran dari sekolah atau kampus saja belum cukup. Pada zaman globalisasi seperti […]

Uncategorized

Laki-laki, Kok, Feminim, sih?

Semarang (18/06/2021) – Dewasa ini, sebutan feminin dan maskulin yang ditujukan kepada kalangan laki-laki telah menciptakan stigma baru di masyarakat. Seperti anggapan masyarakat bahwa laki-laki keren adalah laki-laki yang berotot. Lalu, apakah semua masyarakat memiliki pandangan yang sama dalam menanggapi adanya sebutan laki-laki feminin dan laki-laki maskulin? Laki-Laki Maskulin di Pandangan Masyarakat Sebutan maskulin bagi […]

Uncategorized

10 Kampus Terbaik Menjadi Syarat Lamaran Kerja. Mahasiwa: Mana Letak Keadilan?

(Semarang, 10/06/2021) – Dewasa ini, keketatan dalam dunia kerja makin meningkat. Hal tersebut dirasakan oleh berbagai kalangan, termasuk para sarjana. Minimnya lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia mengakibatkan para penyandang gelar sarjana terpaksa mangkrak seusai kelulusan. Namun, kesulitan tersebut makin dirasa berat tatkala beberapa perusahaan menerapkan kebijakan bahwa salah satu syarat melamar pekerjaan di perusahaan […]

Uncategorized

Seks di Luar Nikah Dari Kacamata Mahasiswa

Semarang, (03/06/2021) – Dari banyaknya masalah yang ada di Indonesia, pernikahan dini menjadi salah satu problematika yang masih belum teratasi hingga tuntas. Terlebih, mayoritas dari penyebab adanya pernikahan dini ialah seks di luar nikah pada para remaja. Mirisnya, di masa pandemi ini, angka pernikahan dini di Indonesia justru mengalami peningkatan hingga 250 persen. Dilansir dari […]

Uncategorized

Pentingnya Etika Dalam Bermain Sosial Media

Semarang (1/06/2021) – Sosial media merupakan hiburan bagi sebagian besar kalangan masyarakat saat ini. Tak jarang anak-anak di bawah umur juga sudah diperkenalkan dengan berbagai aplikasi hiburan dalam gadget. Hal ini sangat mengkhawatirkan lantaran konten di sosial media yang terkadang tidak layak ditonton anak di bawah umur, karenanya hal tersebut sering menimbulkan konflik antar netizen […]

Uncategorized

Masuk 3 Besar Kampus Terbaik, Emang Iya UNDIP Se-Oke Itu?

Semarang, (26/05/2021) – Salah satu hal yang jadi kebanggaan para remaja ialah ketika mereka berhasil menempuh studinya dengan baik. Jelas, dong, ini menyangkut tentang perguruan tinggi juga. Nggak jarang para remaja yang hendak melanjutkan studinya ke perguruan tinggi akan mencari informasi melalui berbagai sumber tentang kampus mana saja yang layak untuk dituju. Fakta menarik sempat […]

Uncategorized

Kata Mereka Tentang: Kuliah Itu Penting Gak Sih?

Kuliah dalam KBBI memiliki arti “pelajaran yang diberikan” atau “ceramah”. Akan tetapi, istilah “kuliah” sering dipahami sebagai kegiatan belajar-mengajar di jenjang pendidikan tinggi. Hal ini menimbulkan banyak perdebatan di kalangan masyarakat luas, khususnya siswa dan siswi yang akan melanjutkan kuliah. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengajak Kanca Tembalang untuk lebih kritis dan peduli dalam […]