Fitur

K-POP: Enggak Modal Tampang Aja!

Share this:

Siapa sih yang tidak tahu K-pop? Sesuai dengan namanya, K-pop (Korean pop) merupakan jenis musik yang berasal dari Korea Selatan. Sebagian besar artis K-pop terdiri dari boyband dan girlband. Kita tahu bahwa K-pop saat ini sedang digandrungi anak-anak muda. Namun, apakah alasan mereka menyukai K-Pop? Tidak perlu penasaran. Berikut adalah hasil wawancara Infotembalang bersama beberapa K-Popers:

Visualnya Bagus dan Gerakanya Energik

Narasumber pertama bernama Lala. Ia mengungkapkan alasanya menyukai K-pop karena visualnya bagus dan geraknya energik.

“Saya suka K-pop karena visualnya bagus dan gerakanya yang energik. K-pop juga tidak melulu tentang musik, kok. Contohnya K-pop juga berperan aktif dalam kegiatan sosial. Jika terdapat orang yang berpendapat bahwa fans K-pop kebanyakan perempuan, menurut saya wajar karena personal yang mereka idolakan bagus dan totalitas dalam bermusik. Saya pribadi pernah berkesempatan  menonton konser band K-pop idola saya di Jakarta, mereka adalah band internasional dan jarang konser di Indonesia. Maka dari itu, saya usahakan untuk menonton.”

“Saya kurang cocok terhadap fans yang ingin menonton konser idola mereka menggunakan link haram (link ilegal). Menurut saya, kalau kita suka terhadap sesuatu kita harus berusaha. Jangan malah kita memaksakan dan akhirnya merugikan sesuatu yang kita sukai.”

“Kalau kita suka dengan grup musik, kita pasti juga akan suka dengan personil band tersebut. Ya, hal ini berakibat kita akan kepo tentang kepribadianya. K-pop sangat berarti bagi saya, karena K-pop mengubah hidup, moodboster, dan salah satu motivasi saya untuk melanjutkan hidup,” kata Lala.

Fashion Mereka Rapi

Narasumber kedua bernama Umala, menurut Umala K-pop memiliki fashion yang rapi. Hal itu adalah poin plus menurut dia.

“Saya pribadi suka K-pop karena fashion mereka itu rapi. Buat saya pribadi, cowok ganteng dan bisa nge-dance itu perpaduan yang perfect. Selain itu juga karena aku sering banget nonton drama korea. Aku setuju kalau kebanyakan fans K-pop itu cewek.  Mungkin karena cewek punya sifat baperan dan mudah dipengaruhi.”

“Fans K-Pop memang ada yang fanatik. Ya, siapa sih yang ingin lihat idolanya terusik gara-gara cyberbullying? Jadi, salah satu cara kita agar hal ini tidak terjadi adalah me-report akun yang melakukan hate speech ke akun idola kita. Buat saya pribadi, K-Pop sangat berarti. Saat saya lagi sedih, pasti dengerin lagu K-pop,” ungkap Umala.

Fans K-pop Enggak Cuma Cewek

Narasumber ketiga bernama Marita. Menurut dia fans cowok juga banyak. Mungkin karena adanya budaya patriarki dan banyak cowok yang takut dicap ngondek, mereka tidak mau menampakkan diri secara terang-terangan.

“Kalau saya suka K-pop karena pengaruh teman dan efek gabut selama pandemi. Selain itu, karena perjuangan mereka dalam berkarir. Saya kurang setuju kalau ada yang berpendapat bahwa fans K-pop kebanyakan perempuan, sebenarnya banyak juga kok cowok yang suka K-pop. Mungkin karena pengaruh budaya patriarki cowok yang suka K-pop tidak berani menunjukan bahwa dia fanboy.

Artis Korea dalam berinteraksi dengan penggemarnya dibatasin oleh agensi mereka. Apabila salah satu idol kita live/streaming , para fans tertarik untuk menonton. Kalau dari saya, tanggapan untuk fans yang memakai link haram tidak masalah. Karena, yang menyediakan link haram itu sendiri adalah fans volunteer yang menginginkan semua fans bisa sama-sama menikmati karya idol. Semua saling support idol.” ujar Marita

Di atas merupakan hasil wawancara dengan beberapa Kanca Tembalang mengenai K-pop. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan bagi Kanca Tembalang tentang dunia fandom K-Pop!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *