News

Jajaki Eduwisata Ternak Sobowono Tilik Potensi Tersembunyi

Share this:

MAGELANG – Wisata menjadi salah satu penyumbang pemasukan negara paling banyak yang mana di Indonesia sendiri sektor pariwisata sangat digencarkan setiap tahunnya. Berdasarkan data dari databoks.katadata.co.id, jumlah pendapatan devisa negara dari sektor pariwisata Indonesia pada tahun 2019 sekitar 20 miliar Rupiah yang mana ini naik sebesar 2 miliar Rupiah dari tahun sebelumnya.

Hal ini membuat banyak sekali desa-desa yang mulai mengembangkan potensi wisatanya, tidak terkecuali Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Potensi yang dimiliki desa ini sendiri, salah satunya adalah ternak sapi sehingga berkembang sebuah tempat eduwisata yang menawarkan keunikan edukasi sekaligus wisata berkaitan dengan ternak sapi. Eduwisata Ternak Sapi ini berada di Dusun Sobowono, Desa Podosoko, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan sudah berdiri dari tahun 2019 dengan gotong royong dari warga setempat sekaligus didampingi oleh Tim KKN Undip tahun 2019.

“Untuk KTT Wonomakmur sendiri sudah ada. Tapi untuk kegiatan Eduwisatanya sendiri baru ada pada tahun 2019,” ujar Bapak Lestantun selaku Ketua KTT Wonomakmur.

Ini tidak jauh berbeda dengan pernyataan Mas Rofi selaku Ketua Eduwisata sekaligus Ketua Karang Taruna Dusun Sobowono yang mengatakan bahwa memang untuk pembukaan dari eduwisata sendiri baru dilakukan pada tahun 2019 saat Tim KKN Undip 2019 melakukan pendampingan.

“Ya, kalau Eduwisata dibukanya tahun 2019. Jadi saat itu KKN yang membuat dan pada saat ada pendampingan juga langsung diresmikan,” jelas Mas Rofi.

Lokasi yang dibangun di atas lahan seluas 1200 m2 ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain menghadirkan edukasi mengenai sapi, seperti cara memberi makan sapi, Dusun Sobowono juga menawarkan edukasi berkaitan dengan pengolahan limbah kotoran sapi yang nantinya akan di proses menjadi pupuk kompos dengan kualitas terbaik. Dalam pengelolaan eduwisata ini sendiri dikelola langsung oleh Karang Taruna Sobowono dibawahi oleh Pokdarwis sebagai pengelola utama wisata di Desa Podosoko.

SOBOWONO (21/2/2021) – Kegiatan menuju ke kandang ternak sapi yang menjadi lokasi Eduwisata Ternak Sobowono saat kunjungan SDN Podosoko 2

Kemudian, pada 31 Januari dan 14 Februari, Eduwisata Ternak Sapi Sobowono mendapatkan kunjungan pertama dan kedua di awal tahun 2021 dari SDN Podosoko 1, selanjutnya untuk tanggal 21 Februari sendiri ada kunjungan ketiga dari SDN Podosoko 2.

Dalam sesi kunjungan itu sendiri, anak-anak di edukasi berkaitan dengan ternak sapi sekaligus di ajak bermain. Edukasi sendiri dilakukan dengan cara memberikan beberapa materi pokok berkaitan dengan sapi, kemudian cara memberi makan sapi, dan bagaimana pengolahan kotoran sapi hingga menjadi pupuk yang bisa bermanfaat bagi kesuburan tanaman.

Kemudian setelah memberikan edukasi, anak-anak diajak bermain game. Setelah itu, untuk mengetahui seberapa jelas materi edukasi yang sudah ada, maka anak-anak diberikan kuis sederhana dengan menawarkan hadiah kecil berupa makanan ringan bagi mereka yang bisa menjawab.

Selain itu, dalam mengedukasi bukan hanya berkaitan dengan ternak sapi, namun, penerapan protokol kesehatan juga menjadi edukasi penting yang digalangkan saat ada kunjungan berlangsung, seperti mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak.

SOBOWONO (31/1/2021) – Kegiatan edukasi pembuatan pupuk dari limbah kotoran sapi pada saat kunjungan SDN Podosoko 1

Kegiatan kunjugan ini sendiri ditangani langsung oleh Karang Taruna Sobowono didampingi oleh Tim KKN Undip 2020/2021. Kunjungan kali ini diharapkan mampu membuka lebar peluang Eduwisata Ternak Sobowono menjadi sebuah wisata yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat sekitar dan semakin memperlebar peluang tergalinya potensi-potensi lain yang ada di Dusun Sobowono sehingga diharapkan pula mampu meningkatkan pendapatan wilayah tersebut disektor pariwisata.

Foto: Dokumen pribadi

Penulis dan reporter adalah Andini Wahyu Pratiwi, mahasiswi Ilmu Komunikasi Undip angkatan 2018 yang melakukan KKN Tematik Undip di Desa Podosoko, Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *