Fitur

Telusuri Tempat Mistis di Semarang Melalui 5 Video Horor Ini

Share this:

Setiap kota memiliki kisah mistisnya sendiri-sendiri termasuk Kota Semarang. Di samping statusnya sebagai ibu kota Jawa Tengah, Semarang memiliki sisi lain yang bisa jadi cukup terkenal. Dengan sejarahnya yang sempat menjadi kota niaga utama di era Hindia Belanda, Semarang dipenuhi dengan bangunan-bangunan tua berusia ratusan tahun. Tempat-tempat seperti itu, justru dianggap menarik bagi sebagian orang. Desas-desus yang beredar mengatakan bahwa tempat-tempat tersebut dikenal sebagai tempat angker. Bukannya dihindari, tempat semacam itu ternyata memikat jiwa-jiwa pemberani dan penasaran untuk mengungkap misteri yang ada di baliknya. 

Bila Kanca Tembalang termasuk tipe orang dengan rasa kepo super tinggi tapi masih jiper kalau lihat “penampakan”, jangan khawatir. Infotembalang telah merangkum 5 konten video yang menceritakan daerah-daerah mistis di Semarang. Penasaran? Yuk kita lihat tempat-tempat mistis di Semarang melalui tayangan YouTube berikut ini:

Rumah Tragedi Perampokan (2019) 

A picture containing outdoor, track, white

Description automatically generated
(Rumah tempat terjadinya perampokan, sumber : YouTube Joe kal)

Tragedi perampokan di sebuah kawasan Kota Semarang ini terjadi pada penghujung tahun 2007. Nahasnya, diceritakan ada korban jiwa dalam insiden perampokan tersebut, namun sampai sekarang korban pembunuhan masih simpang siur. Setelah terjadi perampokan, rumah ini tidak pernah berpenghuni dan terbengkalai begitu saja. Dari tayangan YouTube milik Joe Kal, rumah ini hanya memiliki satu lantai. Perabotan rumah tangga seperti kasur, lemari, meja makan, serta sofa masih ada, namun berserakan akibat insiden perampokan. 

Rumah Tragedi Perampokan Semarang ini telah ditonton oleh 5.4 juta orang dan terus bertambah tiap harinya. Klik untuk menonton


Taman Wonderia : Selamat Datang Di Wahana Gaib (2020)

A picture containing text, outdoor, tree, sign

Description automatically generated
(Taman bermain Wonderia, Sumber: YouTube Joe Kal)       

Taman bermain terbesar di Semarang telah dibuka pada tahun 2007, dan terkenal dengan nama Wonderia. Namun pada bulan November 2007 pula terdapat kasus kecelakaan yang membuat taman bermain ini ditutup sementara dan baru dibuka kembali pada bulan April 2008. 

Melalui kanal YouTube Kisah Tanah Jawa, diceritakan bahwa Wonderia merupakan taman bermain yang dahulunya merupakan tempat pemakaman dan makam tersebut masih utuh sampai sekarang. Ditutupnya taman bermain Wonderia ini juga diakibatkan oleh desas-desus mistis yang menyebabkan berkurangnya pengunjung. Akhirnya, taman bermain yang sempat digadang-gadang sebagai Dufan-nya Semarang ini resmi ditutup oleh Pemerintah Kota Semarang pada tahun 2017. 

Taman Wonderia : Selamat Datang Di Wahana Gaib telah ditontoh oleh 1.9 juta orang dan terus bertambah setiap harinya. Klik untuk menonton


Rumah Jutawan Terbengkalai (2020) 

A picture containing indoor, wall, seat, sofa

Description automatically generated
(Rumah jutawaan terbengkalai, sumber : YouTube Joe Kal)

Rumah seluas 200 m2 ini sudah lama terbengkalai sejak tahun 2002 setelah terjadi insiden meninggalnya anak perempuan dari pemilik rumah. Menurut keterangan warga sekitar keluarga ini memang sudah tidak harmonis. Diduga inilah alasan dibalik meninggalnya si anak yang meninggal dengan cara bunuh diri di kamar mandi rumahnya. Melalui kanal YouTube Joe Kal, penonton dapat melihat secara jelas bahwa rumah jutawan tersebut masih sangat utuh bahkan piring-piring keramik dan baju yang ada di jemuran masih ada didalam rumah tersebut. 

Video Rumah Jutawan Terbengkalai Semarang ini sudah ditonton sebanyak 1.3 juta kali. Klik untuk menonton


Rumah Milyader Kolonial Belanda (2019) 

A picture containing outdoor, sky, grass, building

Description automatically generated
(Rumah milyader kolonial Belanda, sumber: YouTube Joe Kal)

Rumah ini didirikan sekitar tahun 1928-1930 di lahan seluas 1 hektar pada masa kolonial Belanda. Pemilik pertama rumah ini tidak diketahui identitasnya dan pada tahun 1980-an hak milik rumah telah dipegang oleh seseorang beretnis Tionghoa, namun beliau belum pernah mendiaminya. Rumah milyader asal Belanda ini mengusung desain arsitektur khas Belanda yang sangat kental seperti keramik lantai yang tebal, pintu rumah dari kayu jati, dan memiliki loteng. 

Melalui kanal YouTube miliknya, Joe Kal mengatakan bahwa cerita mistis dirumah ini dimulai pada tahun 1930 dikarenakan asisten rumah tangga meninggal dengan cara bunuh diri. Sejatinya, cukup disayangkan rumah ini terbengkalai begitu saja. Padahal, rumah ini memiliki 3 lantai, di mana lantai 1 dan 2 memiliki beberapa tempat tidur dan ruang keluarga, dan di lantai 3 kita dapat melihat pemandangan Kota Semarang yang indah.  

Video Rumah Milyader Kolonial Belanda Semarang telah ditonton sebanyak 955 ribu kali di kanal Youtube Joe Kal. Klik untuk menonton


Eksplore-Hotel Paling Angker Di Semarang  (2017) 

A high angle view of a dam

Description automatically generated with medium confidence
(Hotel Sky Garden Gombel, Sumber: YouTube Lentera Kuning)

Tidak hanya rumah-rumah kosong yang memiliki kisah mistis di Kota Semarang, terdapat salah satu hotel yang dinobatkan “paling angker” di Kota Semarang yaitu Sky Garden yang berlokasi di Bukit Gombel. Sky Garden pernah berjaya pada tahun 1980-an dan mulai ditutup pada tahun 1982 akibat adanya rumor terkait hantu yang mendiami hotel tersebut serta isu sengketa tanah. Sayang sekali memang, karena sejatinya Sky Garden merupakan hotel yang sangat indah dan banyak turis tinggal di hotel ini. Tak lain dan tak bukan adalah karena Sky Garden mengusung tema hotel taman dan terletak di lokasi yang sangat strategis. 

Melalui kanal YouTube Lentera Kuning, penonton dibawa berkeliling melihat-lihat kondisi Sky Garden yang telah rusak termakan usia. 

Video Eksplore-Hotel Paling Angker Di Semarang ini telah ditonton sebanyak 393 ribu kali. Klik untuk menonton

Jadi gimana nih Kanca Tembalang setelah membaca ulasan ini? tertarik untuk menonton videonya? atau malah ingin uji nyali langsung mengunjungi tempat-tempat mistis di Semarang?

sumber Foto: Photo by Alex Iby on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *