Fitur

Indonesia Darurat Bencana, Ini 3 Rekomendasi Platform Donasi yang Aman dan Terpercaya

Share this:

Indonesia telah mengalami banyak ujian di bulan pertama tahun 2021 ini. Belum juga selesai dengan persoalan vaksin Covid-19, kini Ibu Pertiwi dilanda dengan berbagai bencana alam. Tanah longsor, banjir, gempa bumi, puting beliung, gelombang pasang, dan berbagai macam bencana alam lainnya terjadi di seluruh penjuru negeri. BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) telah mencatat terdapat 135 bencana alam yang telah terjadi di Indonesia terhitung sejak tanggal 1-21 Januari 2021. Bila dirata-rata, maka dapat dikatakan terjadi 6,5 bencana alam di Indonesia setiap harinya.

Sudah sewajarnya sebagai makhluk sosial kita memiliki iktikad untuk membantu sesama yang membutuhkan. Kita patut bersyukur, karena perkembangan teknologi telah mengizinkan kita saling membantu tanpa harus terkendala jarak dan waktu. Salah satu metode untuk membantu sesama di masa sekarang adalah menggunakan berbagai platform donasi. Berikut ini adalah beberapa referensi platform donasi yang aman dan terpercaya bagi Kanca Tembalang sekalian.

1. Kitabisa.com

Melalui kitabisa.com, kita dapat mendonasikan dana untuk disalurkan pada korban bencana di Indonesia. Sistem pembayaran kitabisa.com dapat melalui OVO dan Gopay, sehingga memudahkan orang-orang yang tidak memiliki ATM. Kitabisa.com menjamin keamanan dan transparasi dari proses penggalangan dana, demi menjamin keamanan, maka seorang penggalang dana perlu melakukan verifikasi berlapis dengan verifikasi identitas dan berkas, mengupload cerita dan dokumen pendukung. Proses transparansi juga dijaga dengan memberikan kesempatan kepada penggalang dana untuk mengupdate informasi seperti tujuan penggalangan dana, rencana penggunaan hingga fitur untuk update cerita terbaru yang secara otomatis akan dikirimkan ke donatur. 

Pencairan donasi di kitabisa.com cukup mudah, penggalang dana yang akunnya sudah verifikasi dapat langsung mengklik cairkan dana, mengisi formulir lalu melakukan verifikasi. Setelah tahapan terpenuhi maka penggalang dana perlu menunggu maksimal 2 hari untuk menerima dana.

Salah satu contoh donasi yang sedang berjalan saat ini yaitu “Bersama Bantu Bencana Banjir dan Gempa” yang digalang oleh Fadil untuk membantu korban bencana Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat yang sudah mencapai Rp 3.219.298.410.

2. Benihbaik.com

Merupakan website anak bangsa, untuk memudahkan penyaluran donasi untuk kesejahteraan sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, pendidikan, kesehatan,  flora & fauna, dan bidang lainnya berbeda dengan kitabisa.com, sistem pembayaran donasi untuk Benihbaik.com harus melalui ATM Bank BCA dan Mandiri atau Perusahaan Sistem Pembayaran, diantaranya Dompet Dana, OVO, dan Link Aja. 

Benihbaik.com meminimalisir penyalahgunaan penggunaan penyelenggaraan donasi dengan memberikan syarat kepada penggalang dana untuk melakukan aktivasi dan verifikasi akun terlebih dahulu. Setiap acara penggalangan dana dilakukann maka tim Benihbaik.com akan melakukan kurasi secara menyeluruh sebelum dapat dilakukan penggalangan dana. Sebagai transparansi dan pertanggungjawaban maka penggalang dana wajib menyampaikan update aktivitas penggunaan donasi melalui fitur yang sudah tersedia. 

Proses pencairan dana diproses maksimal 3 hari kerja, pencairan dapat dilakukan terhadap akun verifikasi. Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi dengan menyertakan rekening atas nama penerima/wali ke email kindness@benihbaik.com untuk donasi Yayasan, lalu untuk donasi individu bisa melengkapi dokumen di fitur unggah Benihbaik.com.

Salah satu bentuk nyata penggalangan dana dari Benihbaik.com yaitu penyaluran bantuan sebanyak 138 PCR untuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang didapat dari penggalangan donasi bantu Tes PCR Gratis Untuk Masyarakat, penggalangan dana ini masih berlangsung dengan target Rp 3.000.000.000 dan sudah mencapai Rp 2.203.498.484.  

3. Aman.or.id

Website Aman.or.id, walaupun belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Aman.or.id merupakan website yang terdiri dari 2.349 komunitas adat di Indonesia yang memiliki tujuan untuk membantu menyalurkan donasi kepada daerah-daerah yang membutuhkan. Aman.or.id menerima berbagai macam donasi seperti sembako, kasur, dan peralatan rumah tangga, yang nantinya akan disalurkan pada posko-posko bantuan di daerah bencana. 

sumber:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210120180424-22-596294/foto-puing-puing-sisa-banjir-bandang-di-hst-kalsel/2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *