News

KKN Online, Mahasiswa Khawatir Proker Tidak Efektif

Share this:

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu syarat kelulusan bagi sejumlah mahasiswa di Indonesia. Sebagai bentuk perwujudan dharma  pengabdian kepada masyarakat, maka mahasiswa diharuskan terjun langsung ke masyarakat. Namun, pandemi Covid-19 ini telah mengubah metode pelaksanaan KKN. Hal ini tampak ketika sebagian besar perguruan tinggi menganjurkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN secara jarak jauh. Tentu saja kebijakan ini diambil untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang lebih luas.

Di Universitas Diponegoro (Undip), KKN saat pandemi dilaksanakan di rumah masing-masing. Selain membuat program kerja (proker) sesuai jurusan masing-masing, para mahasiswa juga diarahkan menyusun proker pencegahan penularan virus Corona.

“Dari Undip sendiri, KKN kali ini diwajibkan membuat dua proker. Yang pertama adalah proker yang berkaitan dengan Covid-19 dan yang kedua adalah proker Suistainabe Development Goals (SDGs) yang sesuai dengan program studi yang diambil,” ungkap Arina Ilmia, mahasiswi Arsitektur Undip saat diwawancarai pada Sabtu (23/1/2021) melalui WhatsApp.

Yoga Budhisatrio Mardiutama, mahasiswa Manajemen Undip, saat dihubungi via WhatsApp pada hari Minggu (24/1/2021) mengatakan bahwa prokernya hanya sebatas pemasangan poster himbauan mengenai protokol kesehatan di tempat-tempat ibadah di daerah Peterongan, Semarang, dan sosialisasi cara penjualan disinfektan  secara online kepada warga sekitar.

Hal serupa juga diungkap Zanu Triyono, mahasiswa Antropologi Sosial Undip melalui WhatsApp pada Sabtu (23/1/2021). Ia mengatakan bahwa prokernya hanya berupa pembuatan infografis vaksin digital dan buku elektronik (e-book) mengenai kenakalan remaja yang didistribusikan melalui WhatsApp Group oleh ketua RW sekitar.

Selain itu, Zanu juga mengungkapkan kekhawatirannya mengenai proker-proker KKN ini. “Takut programnya nggak ngasih efek apa-apa dan cuma kayak iklan sekilas terus dilupain. Takut juga ninggalin kesan kalau mahasiswa cuma memanfaatkan warga demi nilai, bukan karena ingin menyelesaikan masalah yang ada,” ungkapannya.

Sumber gambar: Cover Buku Pedoman KKN Tim 1 2020-2021 Undip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *