Event Hits

Webinar Komunitas Madhangi: Jual Diri yang Baik dan Benar “Set Your Personal Branding”

Share this:

Semarang (22/01/2021) – Komunitas Madhangi menyelenggarakan webinar yang berjudul ‘Jual Diri yang Baik dan benar’ Set Your Personal Branding. Webinar pertama yang diselenggarakan oleh Komunitas Madhangi ini, turut mengundang dua narasumber di antaranya: Ignatia Endra, sebagai Presiden AIESEC Semarang 2021 dan Kharisma Melati, sebagai penyiar Semarang TV sekaligus Duta Museum Jawa Tengah. Acara ini berlangsung sekitar dua jam secara daring, melalui laman Zoom yang dimoderatori oleh Isabela Laras Anin.

Webinar yang dihadiri sekitar 40-an peserta ini diikuti dengan antusias oleh para peserta. Ignatia Endra yang akrab disapa Inne, menjelaskan apa arti dari personal branding dan mengapa hal itu menjadi penting.

What is Personal Branding?

Personal branding berarti mengenal dan memahami orang lain. Selain itu personal branding tidak hanya tentang siapa kita, tetapi juga bagaimana perspektif orang lain dan dunia terhadap diri kita,” ujar Inne.

Kharisma Melati, yang akrab disapa Risma, juga menjelaskan hal serupa. Bahwa personal branding adalah bagaimana kita bisa mengombinasikan antara keterampilan dan kepribadian kita sendiri yang mengarah ke nilai positif.

Moderator dan para pembicara webinar Set Your Personal Branding
Kiri ke kanan: Isabela Laras Anin, Ignatia Krisanti, Kharisma Melati.

Personal branding yang baik itu adalah bagaimana kita bisa mengkombinasikan antara keterampilan yang kita miliki dan pengalaman yang sudah didapatkan dengan kepribadian kita sendiri. Kita juga bisa mem-branding diri kita lewat sosial media dengan nilai-nilai positif yang kita punya,” ujar Risma.

Risma juga menambahkan bahwa, menampilkan sisi positif sesuai portofolio diri kita merupakan hal yang penting. Jangan menampilkan sisi positif, tapi kita tidak pernah melakukannya. Juga jangan pernah menyampaikan sesuatu, jika kita sendiri tidak pernah melakukan/memiliki hal itu.

Bagaimana Membangun Personal Branding?

Dalam webinar ini juga membahas bagaimana kita bisa Set Our Personal Branding, melihat dari konsistensi. Apakah sesuatu yang kita lakukan merupakan hal baik atau merugikan orang lain. Serta langkah selanjutnya, untuk menghadapi sesuatu dalam diri sendiri. yakni jangan pernah lari dari masalah. Ketika seseorang lari dari masalah itu bukan menjadikannya sebuah solusi.

Di samping itu, Risma juga membagikan beberapa tips bagaimana seseorang bisa menciptakan peningkatan nilai pada dirinya sendiri.

“Pertama, apa value yang bisa membedakan dirimu dengan orang lain. Kita bisa belajar dari role model kita. Mereka bisa dijadikan kiblat untuk membangun value pada diri sendiri. Kedua, bangunlah sosial media sebaik-baiknya, dan ketiga, bangun networking dan juga relasi,” jelas Risma.

Senada dengan hal itu, Inne juga memberikan tips bagaimana cara meningkatkan value pada diri sendiri, yakni dengan memperhatikan setiap hal-hal kecil yang dapat  berpengaruh dalam membagun personal branding seseorang.

“Jangan pernah menganggap kecil apa yang kita lakukan dan katakan. Personal branding itu bukan sekadar apa yang terlihat di sosial media, bekerja dengan orang, atau mencari prestasi.  Tetapi hal tersebut bisa dipetik dengan melakukan hal-hal kecil, seperti menyapa seseorang,” kata Inne.

Hampir di penghujung acara, terdapat closing statement dari Inne, yang mengatakan bahwa, selalu lakukan apa yang bisa dilakukan dan bisa dibagikan kepada orang lain.

“Lakukan apapun yang ingin kalian lakukan dengan hati. Bukan hanya menerapkan, tapi juga benar-benar menghidupinya, dan bagikanlah kepada orang lain, tuturnya.

Sama halnya demikian, Risma juga menyampaikan bahwa, hal terpenting adalah dengan menjadi diri sendiri dan selalu rendah hati.

Personal branding sendiri bisa dengan cara memaksimalkan apa yang menjadi kelebihan pada dirimu untuk tetap menjadi diri kalian sendiri dan rendah hati. Jadi diri kita versi yang paling baik,” tutupnya.

Antusiasme peserta webinar Set Your Personal Branding
Antusiasme peserta tampak di kolom chat.

Donasi untuk Berbagi Makanan Kepada Sesama

Acara tidak berhenti sampai situ saja. Setelah sesi penyampaian materi dari kedua narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusiasme terlihat dari beberapa peserta yang bertanya. Hal menarik lain pada acara webinar ini, yakni Komunitas Madhangi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk berdonasi se-ikhlasnya. Hasil donasi itu akan digunakan untuk membeli porsi makanan yang nantinya disalurkan untuk sesama yang membutuhkan secara gratis.

Check out Komunitas Madhangi @madhangi_official

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *