News

Duta Genre Provinsi Jawa Tengah 2020 Ciptakan Aplikasi BISMA

Share this:

Vandika Febrian Maulana, atau biasa disapa Vandika, sebagai Duta Genre Jawa Tengah, mengajak remaja Indonesia untuk tahu, mau, dan mampu mempraktekan 5 masa transisi kehidupan remaja, yakni melangsungkan pendidikan dengan baik, mendapatkan lapangan pekerjaan yang layak, menikah dengan usia ideal minimal 21 tahun bagi wanita dan minimal 25 tahun bagi pria, mampu berkontribusi di masyarakat, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Ia berharap bahwa usahanya dapat meningkatkan kualitas generasi Indonesia sehingga mampu menciptakan generasi yang sehat, unggul, dan terencana.

Remaja, Harta Sebuah Bangsa

Alasan Vandika untuk memperhatikan remaja didasari oleh fakta-fakta kuat. Saat ini terdapat 1,8 milyar remaja di dunia. Jumlah tersebut merupakan yang paling besar dalam sejarah perkembangan kependudukan dunia. Secara nasional, jumlah penduduk usia 10 – 24 tahun di Indonesia sebanyak 63 juta jiwa atau sekitar 26% dari penduduk Indonesia (SUPAS 2010). Jumlah tersebut meningkat menjadi 65,6 juta jiwa pada 2015 (SUPAS 2015). Jumlah yang besar ini dapat menjadi potensi kekuatan, tetapi dapat juga menjadi sumber kelemahan. Agar menjadi sebuah keuntungan, remaja sebagai calon penduduk usia produktif perlu dipersiapkan dengan matang guna menghadapi bonus demografi dan revolusi industri 4.0

Saat  ini  sekitar  600  juta  gadis  di  seluruh  dunia  “menghilang”  dari agenda pembangunan karena menghadapi banyak kerentanan di antaranya ketidaksetaraan gender,  kekurangan  gizi,  pernikahan  anak,  dan  kehamilan  usia  remaja  (www.un.org). Kiprahnya  sebagai  aktor  pembangunan  tidak  nampak  karena  beberapa  hal  tersebut. Sebagian  besar  remaja  putri  akan  berhenti  sekolah, karena  kehamilannya sehingga akses terhadap pekerjaan yang layak sangat terbatas serta mereka  juga  terancam  risiko  kematian  saat  melahirkan.  Oleh karena itu,  secara  global  disepakati  bahwa menghapuskan  perkawinan  anak  dan  kehamilan  pada  remaja  menjadi  indikator  Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Secara nasional keduanya juga merupakan indikator Indeks Pembangunan Pemuda. 

BISMA: Kampanye Kreatif Berbasis Teknologi

Upaya pembinaan ketahanan  remaja  tersebut diwujudkan melalui  Program  Genre. Tak hanya itu, melalui campaign #accordyourline Vandika mengajak Remaja Indonesia dalam aksi, kolaborasi, dan media. Vandika menyadari sempitnya ruang diskusi bagi remaja Indonesia di masa pandemi. Maka, melalui program kolaborasi dengan remaja lainnya, Vandika menciptakan sebuah inovasi berbasis aplikasi yang bernama “BISMA” (Bilik Diskusi Remaja). Aplikasi tersebut yang dapat di download melalui link yang tertera di instagram @vandikafbm.. BISMA merupakan aplikasi ruang diskusi untuk remaja Indonesia. Di dalamnya, terdapat fitur konseling dan genrepedia yang mana membantu remaja memahami informasi seputar remaja seperti halnya kesehatan reproduksi, gizi remaja, 8 fungsi keluarga, infeksi menular seksual, dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Selain itu terdapat fitur konseling melalui WhatsApp bersama konselor sebaya yang sudah terlatih, sehingga remaja dapat leluasa curhat terkait permasalahan atau kebingungan yang dihadapi.

Tidak hanya itu, dalam aplikasi BISMA, remaja dapat secara langsung berdiskusi atau bertukar pikiran terkait isu remaja yang sedang tren saat ini. Ruang diskusi tersebut didampingi langsung oleh Vandika dan Duta Genre lainnya guna memfasilitasi remaja berdiskusi. Output yang diharapkan remaja terhindar dari informasi hoax, terfasilitasinya hak mengemukakan pendapat di ruang yang aman dan remaja mampu berkolaborasi dengan remaja lainnya untuk melakukan gebrakan menuntaskan permasalahan remaja di lingkungan sekitar. Vandika berharap aplikasi BISMA menjadi sarana bagi remaja mengerti dan memahami tentang bagaimana cara mereka bertindak sebagai generasi yang sehat, unggul, dan berideologi Pancasila. Yuk, remaja Indonesia diskusi bersama menggunakan aplikasi BISMA!!

Penulis:
Budiarti Agung Saputri
Universitas Negeri Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *