Spot

Senja Coffee and Space: Coworking Space Ramah Mahasiswa di Tembalang

Share this:

Sudah bukan hal baru bahwa Tembalang dikenal memiliki banyak spot nongkrong dan nugas yang nyaman sekaligus cozy. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas salah satu spot kekinian tersebut, yakni Senja Coffee and Space. Kafe satu ini berada di Jl. Jatimulyo No. 12, Pedalangan atau sekitar 150 m ke selatan dari Masjid Pangeran Dipenogoro. Berikut ulasan kami selengkapnya.

Semua Dimulai Karena Iseng

Kisah berdirinya kafe ini bermula dari keisengan tiga orang kawan yang terdiri dari Gilang, Dimas, dan Rifai. Awal mula lahirnya ide membuat ruang belajar yang nyaman ini tercetus pada pertengahan tahun 2017. Mereka mengamati bahwa kafe dengan konsep co-working space masih cukup jarang ditemui di Tembalang. Melihat adanya peluang, kawan bertiga ini kemudian perlahan merealisasikan mimpinya. Akhirnya mereka dapat mewujudkan impi mereka pada Februari 2018 dengan berdirinya Senja Coffee and Space

Gilang, salah satu owner Senja Coffee and Space menjelaskan bahwa nama Senja sebenarnya tidak mengandung makna atau filosofi khusus. Kafe besutan mereka diberi nama “senja” semata-mata karena tiga sekawan itu cukup kebingungan. Lantas, mereka memutuskan untuk menggunakan kata “senja” yang dirasa cukup familier dan mudah diingat orang.

Belajar Menyeduh Passion

Meski proses penamannya cukup simple, tapi ternyata mereka memiliki visi yang cukup dalam. Hal ini tertuang dalam tagline mereka, yaitu “Brew Your Passion“. Gilang mejelaskan bahwa tagline ini mengibaratkan passion seseorang sama seperti proses pembuatan secangkir kopi.

Brew itu kan istilah kalo kita mau bikin kopi, biasanya untuk kita mengekstrak kopi. Kita pingin Senja Coffee and Space jadi tempat nge-brew atau menyeduh passion mereka,” ujar Gilang.

Untuk mendukung terwujudnya visi itu, open bar menjadi konsep yang diterapkan oleh Senja Coffee and Space untuk mendekatkan diri dengan pelanggannya. Konsep ini dipilih dengan alasan ingin menghilangkan jarak antara barista dan pelanggannya. Alhasil, para pelanggan dapat semakin merasakan kenyamanan dengan warung kopi satu ini. Para pelanggan setia mereka bahkan memiliki grup Line tersendiri.

Produktif Bersama Senja

Beragam fasilitas yang disediakan Senja Coffee and Space juga menunjang kegiatan produktif. Contoh paling sederhana adalah dengan tersedianya stop kontak di setiap mejanya . Jaringan wifi dengan koneksi stabil dan cepat sudah pasti akan membantu Kanca Tembalang dalam mencari informasi di internet. Kenyamanan kalian juga akan semakin ditunjang dengan adanya pembagian ruangan antara smoking dan non-smoking area.

Saat ini, Senja Coffee and Space tengah melakukan perluasan tempat. Jika sebelumnya hanya terdiri dari satu tingkat saja, kini mereka menyulap bagian rooftop menjadi tempat nongkrong yang asyik. Jadi, akan ada pembagian fungsi di setiap lantainya. Lantai pertama fokus sebagai tempat belajar atau kerja yang nyaman, sedangkan lantai dua sebagai tempat nongkrong.

Sebagai teman mengerjakan tumpukan tugas atau deadline, Kanca Tembalang dapat memilih berbagai varian menu menarik yang ditawarkan Senja Coffee and Space. Mulai dari minuman kopi, non-kopi, hingga makanan berat, sema ada disini. Menu-menu favorit yang biasa dipesan pelanggan antara lain choco banana, kopi susu, dan rice chicken barbeque. Menu-menu tersebut bisa Kanca Tembalang dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari Rp 18.000 — Rp 30.000.

Usaha Menghadapi Pandemi

Untuk menyiasati pandemi, Senja Coffee and Space sangat memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ada. Beberapa di antaranya adalah penyediaan hand sanitizer di pintu masuk dan kasir, menyesuaikan jam operasional, dan penggunaan masker serta face shield. Selain itu, mereka telah mengeluarkan menu botol 600 ml yang bisa dipesan dengan sistem take away.

Sekian ulasan dari kami tentang Senja Coffee and Space yang nge-hits di kalangan mahasiswa Tembalang. Apa Kanca Tembalang mulai tertarik datang ke sana? Sebagai penutup, kami akan memberikan rangkuman singkat di bawah ini.

  • Jam buka: 15.00-22.00 WIB
  • Harga: Rp18.000.- sampai Rp30.000,-
  • Cocok untuk nugas, rapat, atau nongkrong
  • Fasilitas: colokan, wifi, AC, full music
  • Menu rekomendasi: kopi susu, choco banana, rice chicken barbeque
  • Instagram: @senjacoffee.smg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *