Fitur

10 Program Beasiswa Andalan Mahasiswa yang Wajib Kamu Ketahui!

Share this:

Beasiswa selalu menjadi incaran semua orang tak terkecuali oleh Kanca Tembalang. Kehadiran beasiswa diharapkan dapat membantu produktivitas seseorang dan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Berikut ini Infotembalang telah merangkum sederet beasiswa yang sering dijadikan andalan oleh mahasiswa program Sarjana (S-1) maupun Diploma. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Beasiswa Indonesia

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia yang terdapat di setiap Perguruan Tinggi negeri maupun swasta yang menjadi partner kerjasama. Perlu diketahui nih Kanca Tembalang, persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini berbeda-beda tergantung dengan kebijakan universitas masing-masing. Periode beasiswa ini berlaku  hingga satu tahun.

Pada umumnya persyaratan yang diminta seperti mahasiswa S1 reguler, maksimal berumur 23 ketika menerima beasiswa, minimal telah menyelesaikan 40 SKS/ 3 semester, mempunyai IPK minimal 3.00 (skala 4.00) dan 3.50 bagi jalur unggulan. Adapun persyaratan administrasi dan skor TOEFL minimal 500 bagi yang memilih jalur unggulan. Tahapan seleksi yang diminta pun terbilang singkat, terdiri dari seleksi administrasi dan wawancara. Keuntungan yang diperoleh adalah bantuan finansial dan sejumlah pelatihan internal. Menariknya, penerima beasiswa akan bergabung dalam sebuah organisasi bernama Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Buat Kanca Tembalang yang ingin mencoba dan bergabung dengan keluarga GenBI dapat mendaftar di awal tahun tepatnya di Bulan Februari hingga Maret. Informasi selengkapnya dapat dilihat di website resmi www.bi.go.id atau di Instagram tiap daerah, seperti @genbi_semarang.

2. Beasiswa Unggulan

Program yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini diperuntukkan untuk berbagai kalangan. Seperti pelajar, mahasiswa, guru, pegawai negeri/ karyawan swasta dan kalangan berprestasi lainnya. Program ini berlaku hingga masa studi selesai sesuai dengan aturan normal.

Adapun persyaratannya meliputi prestasi minimal tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh pemerintah atau masyarakat dengan masa berlaku sertifikat maksimal 3 tahun terakhir. Bagi mahasiswa on-going diharapkan dapat melampirkan transkrip nilai dan proposal rencana studi. Jadi, beasiswa ini cocok banget buat kalian yang memiliki pencapaian dalam lingkup akademik maupun non akademik. Bantuan yang diperoleh penerima pun termasuk finansial mulai dari biaya kuliah, biaya buku hingga biaya hidup.

Beasiswa ini dibagi menjadi dua batch yakni di semester genap dan ganjil. Untuk batch I dibuka pada Bulan Februari sampai April, sedangkan untuk batch II dibuka pada Bulan Juni sampai Juli. Informasi lebih lanjut dapat kalian lihat di website resmi Beasiswa Unggulan.

3. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Selanjutnya beasiswa PPA diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Beasiswa ini biasanya rutin dibuka di awal tahun oleh masing-masing universitas, baik negeri maupun swasta. Program ini ditujukan kepada mahasiswa aktif S-1 dan D-3 yang sedang menjalani masa studi. Periode yang ditawarkan yaitu selama 6 bulan dan kalian dapat mendaftar kembali di periode ajaran baru.

Prosedur pendaftaran beasiswa PPA pun relatif lebih mudah karena mahasiswa bisa langsung mendaftar di kampus masing-masing. Berkas administrasi yang harus disiapkan biasanya cukup banyak, salah satunya surat keterangan penghasilan orang tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Jumlah penerima beasiswa disesuaikan dengan kebijakan kampus yang berlaku. Adapun informasi lengkap terkait bantuan ini dapat diakses di website universitas masing-masing.

4. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa andalan dengan panggilan Beswan Djarum ini pastinya tidak asing lagi di telinga Kanca Tembalang. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh program studi Strata 1/ Diploma 4 di PTN ataupun PTS yang bermitra dengan Djarum Foundation. Umumnya pendaftar berada di semester IV dari semua disiplin ilmu, IPK minimum 3.20, aktif berorganisasi di dalam maupun di luar kampus, serta tidak sedang menerima beaiswa dari pihak lain. Selain itu, tahapan seleksi terdiri dari seleksi berkas, tes tulis, dan wawancara.

Nah, bantuan yang akan kalian peroleh apabila berhasil lolos menjadi Beswan Djarum yaitu bantuan finansial selama satu tahun. Tak hanya itu, program beasiswa ini juga memberikan berbagai pelatihan soft skill dengan mentor-mentor terbaik. Pas banget buat Kanca Tembalang, yang aktif dan selalu ingin belajar hal baru. Bagi kalian yang tertarik dengan beasiswa ini dapat menyiapkan berkas mulai dari Bulan Juni. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi djarumbeasiswaplus.org.

5. Beasiswa Data Print

Buat kalian yang menggunakan produk Data Print dapat mendaftar beasiswa ini. Program ini terbuka untuk pelajar maupun mahasiswa aktif dengan jenjang SMP, SMA, D3, D4/S1. Periode beasiswa diberikan selama 6 bulan. Persyaratan yang diminta pun cukup ringkas yakni dengan mengisi seluruh formulir pendaftaran pada website resmi Beasiswa Data Print. Semakin banyak produk yang digunakan, maka semakin besar kesempatan untuk lolos beasiswa ini. Dana bantuan yang didapat akan diberikan kepada penerima beasiswa melalui rekening bank masing-masing.

Kabar baik buat Kanca Tembalang yang ingin mendaftar karena beasiswa ini membuka masa pendaftaran sampai tanggal 30 November 2020. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada website resmi Data Print.

6. Beasiswa Tanoto Foundation

Yap, bisa dibilang Beasiswa Tanoto merupakan andalan jitu para mahasiswa selanjutnya. Ada banyak program yang dicanangkan, salah satunya adalah Program Teladan (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan) dan Beasiswa Vokasi. Menariknya, Beasiswa Vokasi dapat diberikan kepada mereka yang berkiprah di sektor pertanian dan kehutanan. Sasaran program ini adalah mahasiswa semester pertama yang termasuk dalam perguruan tinggi mitra.  

Caranya bisa langsung mendaftarkan diri melalui situs resmi Tanoto Foundation sesuai dengan program yang diminati. Selanjutnya masuk ke tahap seleksi berkas, dan apabila lolos akan masuk ke tahap tes. Rangkaian tes terdiri dari tes akademis, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara. Perjalanan yang cukup panjang memang, tapi ini semua sebanding dengan bantuan yang akan diperoleh lho, Kanca Tembalang. Baik dari dukungan pengembangan diri dan finansial meliputi biaya kuliah dan tunjangan bulanan secara penuh sampai semester VIII.

Pembukaan pendaftaran beasiswa ini biasanya berada di Bulan Juli sampai Agustus. Sehingga kalian masih memiliki banyak waktu untuk mengumpulkan berkas administrasi yang dibutuhkan penyelenggara. Infromasi lebih lanjut dapat diakses pada website resmi berikut ini.

7. Beasiswa XL Future Leaders

Kalau biasanya beasiswa memberikan dukungan finansial, kali ini adalah beasiswa pelatihan yang diberikan oleh XL. Beasiswa XLFL ini menargetkan mahasiswa S-1/ D-4 yang sedang menempuh semester 1-4 di perguruan tinggi Indonesia. Periode beasiswa pelatihan ini berlangsung selama dua tahun. Biasanya pengumpulan berkas dibuka mulai dari Bulan Juni sampai Juli setiap tahunnya.

Syarat umum untuk mendaftar beasiswa ini adalah maksimal berusia 21 tahun dan memiliki IPK minimal 2,8. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di website resmi XL Future Leaders. Kabar baiknya, beasiswa ini juga terbuka untuk semua jurusan. Tahapan seleksi mulai dari pengumpulan berkas, tes akademis dan berlanjut ke sesi Focus Group Discussion (FGD) serta wawancara. Mahasiswa yang dinyatakan lolos akan mendapatkan gadget, pulsa XL dan tentunya pelatihan soft skill selama dua tahun.

8. Beasiswa Mina Indonesia

Beasiswa ini diselenggarakan oleh PT. Mina Maritim Indonesia (Mina Indonesia) yang diberikan kepada siswa SMK, mahasiswa S-1 dan D-3 di seluruh Indonesia. Persyaratannya pun cukup mudah yakni mahasiswa dan siswa aktif yang memiliki jiwa kepemimpinan. Hal unik dari beasiswa ini adalah diperbolehkan mendaftar meskipun sudah menerima beasiswa dari pihak lain. Periode ini berjalan selama satu tahun dan biasanya dibuka pada awal Oktober dan ditutup akhir November. Apabila dinyatakan lulus, kalian akan mendapatkan dukungan uang saku beasiswa per bulan, pelatihan gratis, dan akses networking ke berbagai mitra Mina Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website resmi Mina Indonesia.

9. Beasiswa SAE Indonesia

Beasiswa prestasi dari Creative Media Education ini diperuntukkan bagi mahasiswa D-3 dan D-4/ S-1 yang memiliki keterampilan audio seperti film dan animasi. Untuk persyaratannya, pendaftar harus memiliki nilai akademik yang baik, memiliki ijazah SMA, dan jiwa kepemimpinan. Selanjutnya, pendaftar dapat memberikan soft copy portofolio yang berhubungan dengan studi yang dipilih. Prosedur pendaftaran terdiri dari pendaftaran diri yang dilakukan pada tanggal 16 Maret – 17 Maret. Kemudian akan berlanjut pada tes TPA, tes Bahasa Inggris dan wawancara. Beasiswa SAE hanya mengakomodasi biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara penuh atau parsial tergantung dengan kebijakan perusahaan. Informasi lebih lanjut dapat kalian temukan di website resmi SAE Indonesia.

10. Beasiswa Sekolah Tinggi Ikatan Dinas

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, dimana biaya kuliah ditanggung secara penuh. Juga, setelah lulus mereka dapat langsung bekerja di instansi tersebut. Pembukaan beasiswa ini biasanya dibuka menjelang pertengahan tahun tepatnya di Bulan Juni. Berikut adalah daftar sekolah kedinasan, menurut kampusaja.com

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

PKN STAN atau yang dulu dikenal dengan STAN ini berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI. PKN STAN memiliki program studi yang diselenggarakan untuk lulusan SMA, MA, SMK, dengan jenjang jurusan Diploma I dan III. Sehingga, beasiswa ini sangat sesuai dengan kalian yang memiliki ketertarikan di bidang keuangan, pajak, akuntansi, dsb. Info lanjut dapat diakses melalui website resmi PKN STAN.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Untuk kalian yang menyukai dunia angka dan perhitungan data, sekolah kedinasan berikut bisa menjadi pilihan yang tepat. STIS merupakan sekolah kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik. Program studi yang tersedia ada dua yaitu D-IV Statistika dan D-IV Komputasi Statistik. Ingin kenal lebih jauh dengan beasiswa sekolah kedinasan ini dapat diulik di sini.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah kedinasan ini bisa dilirik apabila kalian menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kemanan data dan juga internet. STSN berada di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Program studi yang tersedia D-IV Manajemen Persandian dan D-IV Teknik Persandian. Jika tertarik kalian dapat mengunjungi laman website resmi STSN.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Masuk ke dalam sekolah kedinasan terfavorit, STIN berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Para Taruna (sebutan untuk pelajar calon perwira) belajar mengenai ilmu intelijen dan ditempa secara keras baik fisik maupun mental. Program studinya yaitu Agen dan Analisis. Nah informasi lebih lanjut dapat dilihat pada website resmi STIN.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Pakaian berseragam dengan warna biru muda dan hitam ini berada di bawah naungan Departemen Perhubungan. Program studi STTD yaitu D-II Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), D-III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), D-III LLASDP, D-III Perkerataapian dan D-IV Transportasi Darat. Apabila kalian merasa cocok dengan beasiswa ini wajib mengetahui lebih lanjut pada laman berikut.

IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di lingkungan Departemen Dalam Negeri RI untuk mempersiapkan kader pemerintah di pusat maupun daerah. Program studi IPDN meliputi pemerintahan, kependudukan, manajemen, dan sumber daya manusia. Siap bergabung? Yuk cek infonya di sini.

Itulah sederet beasiswa yang menjadi incaran para mahasiswa untuk menunjang masa perkuliahan. Sekarang Kanca Tembalang tidak perlu khawatir untuk melangkah menggapai mimpi. Ada banyak pihak yang akan membantu, selama kita selalu berusaha dan pantang menyerah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Referensi:
https://indbeasiswa.com/daftar-beasiswa-2018-2019-html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *