Spot Tembalangan

Dontea Tembalang Ciptakan Budaya Ngeteh Ala Milenial

Share this:

Tembalang adalah salah satu daerah di kota Semarang yang menjadi pusat kafe dan tempat nongkrong. Dontea, yang terletak di Jalan Banjarsari No. 14, adalah sebuah kafe dengan suasana cozy buat nongkrong kumpul bareng temen. Uniknya, Dontea mengusung tema minuman dengan bahan teh yang diinovasikan menjadi minuman kekinian.

Airlangga (34) adalah sosok dibalik berdirinya kafe satu ini. Ia mulai memprakarsai Dontea sejak tahun 2018 lalu dengan mendirikan kafe Dontea kali pertama di Kota Pemalang, Jawa Tengah.  Inisiatifnya tersebut muncul karena melihat tingginya minat masyarakat di daerahnya terhadap minuman es teh. Baginya teh memiliki potensi yang sama dengan kopi.  Airlangga, mendirikan Dontea di Tembalang dengan pertimbangan belum terlalu banyak yang mengembangkan produk teh asli Indonesia, dan daerah yang secara langsung menjadi pusat kegiatan mahasiswa Undip dan sekitarnya.

Dontea merupakan kafe di Tembalang yang mengusung teh sebagai minuman signature. Meskipun demikian, Airlangga tidak merasa bersaing dengan minuman es teh yang dijual di rumah makan atau kedai teh biasa. Ia memiliki pangsa pasar sendiri, sesuai tagline Dontea, yaitu #NgetehAlaMillennial.

Pemberian nama kafe oleh Airlangga ternyata berawal dari sebuah harap. “Don dalam bahasa Spanyol biasa digunakaan untuk sapaan kepada seseorang yang menguasai sesuatu, dan tea dalam bahasa Inggris berarti teh. Jadi diharapkan Dontea dapat menjadi brand kedai teh yang dicintai semua orang” jelasnya.

Teh Di Tengah Ramainya Kopi

Maraknya usaha minuman kopi tidak menjadi halangan bagi Airlangga. “Teh sebenarnya memiliki hasil yang besar di Indonesia, tidak jauh beda dengan kopi kok,” jelasnya. Mau disadari atau tidak, setiap rumah makan bahkan kafe selalu menyediakan teh sebagai menu pilihan, tidak jarang menjadi minuman utama. Dari situlah, Airlangga, melihat peluang mengembangkan Dontea mulai dari Pemalang, hingga ke Tembalang Semarang. Kejenuhan lingkungannya dengan menu kopi juga menjadi salah satu pendorong. Dari keresahan tersebut, kini bisnis minuman teh ini berkembang hingga memiliki empat cabang di Jawa Tengah, yaitu di Pemalang, Tegal, Pekalongan, dan Semarang. Hmmm, keren ya!

Budaya Ngeteh Ala Milenial

Dontea memberikan alternatif bagi Kanca Tembalang untuk ngeteh di tengah tren minuman kopi. Pada dasarnya teh memiliki kandungan yang sama dengan kopi, yakni antioksidan. Hal yang Kanca Tembalang abaikan biasanya adalah zat antioksidan tersebut ‘kan? Padahal, zat tersebut dapat menjaga kesehatan jantung juga loh!

Melansir dari bobo.grid.id, budaya ngeteh dikembangkan oleh Jepang. Tidak heran budaya ngeteh sangat kental di masyarakat Jepang. Minum teh atau ngeteh, biasanya masing-masing orang memiliki cara tersendiri. Dontea menyebutkan #ngetehalamillennial ingin mengajak generasi millennial yang memiliki kesukaan minum teh untuk menikmati lebih banyak varian rasa teh yang unik dan beranekaragam.

Dontea tidak hanya menyediakan teh hangat atau sekedar es teh. Di kafe ini Kanca Tembalang dapat memesan minuman teh dengan nama-nama yang unik. Matcha Berry Latte adalah salah satunya. Minuman signature milik Dontea ini menjadi favorit pengunjung. Dari namanya, kita bisa tau minuman tersebut merupakan perpaduan antara teh hijau, buah berry, dan latte, Dontea juga menawarkan menu minuman kopi dan boba untuk memberikan variasi minuman. Millennial banget ya!

Fasilitas Nyaman Buat Nongkrong

Selain menghadirkan pilihan minuman teh yang beragam, Dontea juga mengutamakan kenyamanan pengunjung. Terdapat fasilitas yang pastinya membuat kalian betah berlama-lama. Ada free wifi untuk mempermudah teman-teman yang sedang nugas atau kegiatan lainnya. Merasa kurang nyaman dengan hawa panas luar ruangan, ada indoor ber-AC yang menyediakan lesehan dan sofa panjang.  

Selain itu, setiap sudut ruangan kafe Donte Tembalang juga instagenic atau instagramable. Teman-teman bisa berfoto ria untuk menambah koleksi galeri hp nih. Tak ketinggalan terdapat mushola dibagian belakang kafe. Fasilitas unggulan dan yang paling spesial dari itu semua adalah adanya kursi yang nyaman bagi penderita ambien. Pada bangku indoor terdapat kursi yang dilapisi busa sehingga nyaman digunakan untuk duduk.

Buat Kanca Tembalang yang ingin menikmati minuman teh bervariasi, dengan nuansa kafe, Dontea Tembalang dapat menjadi pilihan utama Kanca Tembalang. Berikut ini ringkasan singkat mengenai Dontea Tembalang.

  • Jam Buka: 12.00 – 21.30 WIB
  • Fasilitas: Free Wifi, Indoor ber-AC, kursi nyaman berbantal
  • Harga: standar mahasiswa, kisaran Rp 17.000 – Rp 30.000
  • Cocok untuk nongkrong rame-rame, nugas, dan rapat-rapat kecil
  • Signature: Matcha Berry Latte, Classic Milktea
  • Indoor-Outdoor
  • Instagram: @dontea

sumber lain: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2884482/saat-diet-lebih-baik-konsumsi-kopi-atau-teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *