Tembalangan

Tim Robotik Undip Beri Kejutan di Wisuda ke-159

Share this:

Wisuda menjadi momen sakral yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh mahasiswa. Kita mengamini bahwa wisuda merupakan simbol keberhasilan atas tercapainya target selama menimba ilmu di perguruan tinggi. Masuknya pandemi di Indonesia, turut berdampak pada ranah pendidikan termasuk upacara wisuda. Guna meminimalisir pertemuan fisik, wisuda harus dilakukan secara virtual melalui rumah masing-masing.

Pemberlakuan wisuda LDR (Long Distance Relationship) di beberapa universitas membuat momen ini terasa agak berbeda. Universitas Diponegoro merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut menyelenggarakan upacara wisuda secara daring. Apabila gedung wisuda hanya dihadiri oleh jajaran rektor dan dekan, kali ini ada kejutan menarik di wisuda Undip ke-159. Penasaran, Kanca Tembalang? Simak terus ya.

Fitur Robot Peraga Wisudawan

Hadirnya sosok asing di tengah upacara wisuda, membuat acara ini semakin meriah. Sosok asing tersebut ialah tiga buah robot peraga yang menggantikan kehadiran fisik wisudawan akibat terhalang pandemi. Rancangan robot pun disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia yaitu 160 sentimeter. Untuk robot peraga wisudawan dipasangkan celana hitam dan jubah wisuda lengkap dengan toganya. Sedangkan robot peraga wisudawati mengenakan kain jarik bermotif cerah lengkap dengan rambut kepangan sintesis bertoga. Begitupun dengan wisudawati yang berhijab memakai penutup kepala.

Selain menyerupai wisudawan, robot ini juga dilengkapi fitur komunikasi melalui layar tablet yang dipasangkan di wajah robot. Komunikasi yang dilakukan pun video call, sehingga para wisudawan dapat berkomunikasi dua arah dengan rektor. Di samping itu, kedua tangan robot pun dapat dioperasikan dengan baik. Tangan kiri robot diposisikan untuk menerima ijazah, sedangkan tangan kanan dapat bergerak naik turun untuk bersalaman.

Tim Perancang Robot Undip

Melalui Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Teknologi Kesehatan, Undip mampu menciptakan beragam fitur dan jenis robot. PUI PT Teknologi Kesehatan Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics and Bio Signal Processing (CBIOM3S) ini diketuai oleh Dr. Rifky Ismail, ST., MT. Kemudian lembaga ini menggandeng tim robotik yang beranggotakan mahasiswa Undip. Dari sinilah muncul tangan bionik, robot medis dan robot peraga wisudawan.

Dilansir dari undip.ac.id, menurut Rofiq C. Prayoga, S.T., selaku perancang sekaligus alumni tim robotik Undip, robot dioperasionalkan oleh satu orang. Selain itu juga dapat dikendalikan dari jarak hingga 15 meter dengan menggunakan remote control. Robot juga dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya yang berasal dari baterai kering (aki).

Dengan terciptanya robot peraga wisudawan dari tim robotik Undip ini, semoga menjadi hadiah berkesan pada Wisuda Undip ke-159. Walaupun tidak sepenuhnya terwakilkan, setidaknya dapat melampiaskan rasa haru dan bangga para wisudawan. Sungguh kejutan yang manis, bukan?

Referensi
https://www.undip.ac.id/post/15647/uji-coba-robot-peraga-wisudawan-undip.html
Sumber Foto: Humas Undip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *