Fitur

3 Lifestyle Baru Anak Kos Ketika “New normal” Diterapkan

Share this:

Halo, kanca Tembalang! Memasuki bulan Juni ini kita punya satu istilah baru nih, yaitu New normal. Menurut Presiden kita, Joko Widodo, New normal merupakan “normal yang baru” atau tata kehidupan yang baru. Ini artinya kita akan segera memasuki suatu cara hidup yang bisa jadi benar-benar berbeda dengan cara hidup kita sebelum pandemi Coronavirus menyerang.

Sebagai sebuah tata kehidupan, penerapan new normal akan berdampak pada semua aspek hidup bermasyarakat, seperti ekonomi, pendidikan, agama, dan lain sebagainya. Nah, kali ini Infotembalang ingin mengajak Kanca Tembalang sekalian untuk membayangkan bakal seperti apa kehidupan anak kos setelah mengalami new normal ini. Check it out!

Kos adalah Kelas

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 9 tahun 2020 tentang Pedoman PSBB akan menjadi acuan penerapan New Normal. Salah satu poin utama di dalam peraturan tersebut adalah pembatasan/peliburan sekolah atau institusi pendidikan lainnya. Imbasnya sudah kita rasakan selama beberapa bulan belakangan melalui pelaksanaan kuliah daring.

Nah, Kanca Tembalang bisa membayangkan apabila kelas daring akan menjadi new normal bagi kalian para mahasiswa. Kuliah tidak lagi berarti bangun pagi, mandi, dandan muluk-muluk, dan berangkat ke kampus karena kuliah bisa diikuti di dalam kamar kos kalian. Hanya berbekal jaringan internet, smartphone/laptop, dan aplikasi teleconference terkini, kamar kos kalian siap beralih fungsi menjadi kelas kuliah. Seru banget ngga tuh, kalian bisa ikut kelas sambil tiduran di kamar kos atau sambil ngemil!

Irit Bensinku, Bersih Lingkunganku

Pembatasan sosial yang merupakan bagian dari new normal dapat membawa benefit finansial lho, gengs! Kalian mungkin sudah merasakannya selama akhir-akhir ini. Hampir seluruh kegiatan pertemuan menjadi serba daring. Mulai dari kelas, rapat, nongkrong, bahkan beribadah. Dengan demikian, Kanca Tembalang tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah dan memacu motor/mobil kesayangan menuju tempat pertemuan. Salah satu anggota Infotembalang sudah membuktikan bahwa ia tak perlu mengisi bensin motornya selama dua bulan saking jarangnya berpergian!

Selain irit bensin, new normal juga seakan membawa kabar baik bagi para pecinta lingkungan.  Sebagaimana dilansir dari The Guardian, lockdown akibat COVID-19 di beberapa negara berdampak pada menurunnya emisi gas karbon hampir sebanyak 40%. Mungkin new normal ini bisa menjadi kesempatan Kanca Tembalang untuk mengubah gaya hidup yang tidak ramah lingkungan, yaitu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi!

Take Away, Please.

Salah satu new normal bagi kalian anak kos mungkin menyangkut kebiasaan makan di tempat. Dapat dipahami bahwa sebagian besar anak kos akan memilih untuk makan di tempat ketika membeli makanan di warung langganan. Selain menghindari keharusan mencuci peralatan makan, makan langsung di warung makan langganan dapat menjadi suatu hiburan tersendiri bagi para anak kos.

Tapi, penerapan new normal dengan pembatasan sosialnya sepertinya harus mengubah hal ini. Banyak tempat makan yang kini menyarankan agar pelanggan tidak makan di tempat. Selain itu, makan di tempat juga dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran virus karena harus bersentuhan dengan benda-benda yang dipegang oleh orang banyak. Alhasil, pesan-bungkus atau take away akan menjadi pilihan utama bagi anak kos ketika membeli makanan. Jangan heran ketika besok-besok bakalan banyak anak kos yang bilang, “A’, nasi telornya take away, ya!”

Kira-kira demikian sekelebat bayangan perubahan yang akan dihadapi oleh anak-anak kos ketika New Normal diterapkan. Mungkin akan terasa tidak nyaman pada awalnya, namun bagamaimana pun juga, semua ini demi kebaikan kita, umat manusia, bersama. Sehat selalu dan jangan lupa cuci tangan. Cheers!

Refrensi:
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200527123623-33-161189/apa-itu-new-normal-bagaimana-protokolnya-menurut-jokowi
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/06/135050520/berapa-jarak-aman-saat-pandemi-corona-jika-terpaksa-bepergian?page=all
https://www.theguardian.com/world/2020/apr/09/climate-crisis-amid-coronavirus-lockdown-nature-bounces-back-but-for-how-long

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *