podcast semarang
Fitur

Podcast dari Semarang yang Wajib Masuk Playlist Kamu

Share this:

Industri podcast sebenarnya sudah ada sejak lama, namun beberapa tahun belakangan ini mulai happening kembali di Indonesia. Berbagai platform juga mendukung para content creator untuk menayangkan konten audionya. Mulai dari SoundCloud, Pandora, serta Apple Music dan Spotify yang bersaing ketat untuk menjadi pemimpin pasar.

Penetrasi pengguna internet serta kemudahan teknologi yang ada semakin mendukung tren content on demand di Indonesia. Podcast sendiri sebagai platform berbasis audio memiliki kelebihan dibandingkan platform berbasis visual (Instagram, facebook) atau audio visual seperti youtube. Podcast merupakan media yang dapat dinikmati sambil mengerjakan aktifitas lainnya. Adriano Qolby, penyiar Podcast Awal Minggu yang juga dikenal sebagai bapak podcast Indoesia juga pernah menekankan bahwa, “start-up yang berhasil biasanya adalah start up yang dapat menghemat waktu kita.”

Di Semarang sendiri, channel podcast semakin banyak bermunculan. Mulai dari bahas tentang kehidupan kuliah, self-development, seni dan budaya, keresahan masa muda, dan lain-lain. Nah, kali ini saya akan bagikan daftar podcast dari semarang yang wajib masuk ke playlist spotify kamu!

Diana Mayorita atau yang akrab dipanggil Yori, merupakan seorang psikolog klinis yang concern pada isu seks & relationship. Yori Bersama tim mengembangkan platform digital untuk memudahkan akses layanan psikologi di Indonesia, salah satunya melalui Podcast Celoteh Yori.

Podcast yang dibawakan oleh Anastasia Dwi Rahmi dan Alberta Cindy ini membahas tema budaya, namun lebih berfokus pada topik-topik seputar heritage atau pusaka. Seraya sendiri berarti Sebuah Siniar Budaya. Seraya juga aktif menyelenggarakan forum-forum online terkait topik heritage.

Jose Amadeus Krisna merupakan seorang seniman muda, Dalang dan juga pencipta Wayang Kronik membangun Podcast SiniYa sebagai literasi anak muda tentang kebudayaan yang terkait dengan Tionghoa, Jawa dan Nusantara. Melalui SiniYa, Jose mengajak anak-anak muda untuk melek budaya dan meningkatkan semangat kebersamaan dalam keberagaman.

Ada Erik dan Tius, mahasiswa Undip yang sembari kuliah bahas berbagai perspektif lain tentang dunia di luar kampus, untuk dapetin berbagai insight, koneksi atau kesempatan karir di masa depan. Cocok juga buat anak SMA yang lagi milih-milih mau kuliah di mana biar gak salah jurusan.

Berlian Shinta Faradiansyah merupakan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Unviresitas Diponegoro 2019. Berli juga aktif sebagai penyiar di radio TraxFM Semarang. Dalam Podcastnya, Berli menceritakan perjalanannya menjadi Mawapres, serta motivasi yang menggugah semangat agar sebagai mahasiswa dapat mencapai potensi optimalnya

Alam Armansyah merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip). Alam membangun Podcast Dikejar Deadline untuk membagikan pengalaman tentang self development.

Astiara Soviana membawakan Ruang Cerita sebagai tempat untuk berbagi banyak cerita. Dibawakan dengan kalimat yang puitis dan musik yang ‘menghipnotis’ pendengar seakan diajak untuk membangkitkan energi positif.

Fikri & Joe merupakan pemuda asal Semarang yang kini sedang merantau di Ibukota (DKI Jakarta). Ngobrol Penting bercerita tentang keresahan-keresahan yang dialami di usia muda atau Life Crisis. Kadang juga ngobrolin hal-hal yang nggak terlalu penting, tapi sayang banget kalau dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *