Fitur

Ramadan dalam Pandemi, Maksimalkan Ibadah di Rumah

Share this:

Ramadan tinggal menghitung hari, tapi pandemi belum juga mereda. Dalam upaya mengurangi persebaaran virus, pemerintah selalu mengimbau masyarakat agar tetap #dirumahaja. Adanya imbauan tersebut tentunya mempengaruhi budaya menyambut bulan Ramadan di Indonesia. Berbagai macam adaptasi perlu dilakukan guna memaksimalkan ibadah serta menekan laju persebaran virus. Salah satunya yaitu memaksimalkan ibadah di rumah.

Arak-Arakan Sahur

Direktur Jendral Bina Masyarakat Islam Kementrian Agama (kemenag), Kamaruddin Amin, meminta masyarakat untuk tidak mengadakan acara buka bersama serta salat tarawih berjamaah di masjid. Menurutnya, pandemi ini memberikan kesempatan kepada umat muslim untuk beribadah dengan keluarga di rumah. Tidak hanya itu, arak-arakan sahur yang biasa dilakukan juga diinstruksikan untuk tidak dilakukan. Kemenag menyarankan penanda sahur hanya dari masjid saja tanpa ada interaksi masyarakat keliling wilayah.

Penyaluran Zakat Online

Asrorun Niam Sholeh, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), menganjurkan perubahan kebiasaan zakat yang baisanya disalurkan dalam bentuk langsung menjadi secara online. Asrorun juga menambahkan bahwa fokus alokasi zakat yang atau sedekah yang biasanya untuk membangun sarana dan prasarana masjid lebih baik dialokasikan untuk penanganan covid-19 terlebih dahulu. Sebab menurutnya ada banyak masyarakat yang memerlukan bantuan karena terdampak wabah covid-19.

Kondisi yang demikian memaksa umat muslim untuk mengubah kebiasaan beribadah puasa, namun semarak bulan suci Ramadan tetap harus menyala dalam masyarakat. Memaksimalkan ibadah di rumah dan memenuhi arahan pemerintah merupakan langkah terbaik untuk menghadapi masa sulit ini. Dengan adanya wabah Covid-19 diaharapkan bukan menjadi halangan bagi umat muslim untuk beribadah. Namun sebaliknya, wabah covid-19 diaharapkan dapat semakin mempererat solidaritas sesama dan kepedulian bersama.

Referensi :

https://nasional.kompas.com/read/2020/04/17/18331801/ramadhan-di-tengah-pandemi-kemenag-minta-tak-ada-buka-puasa-bersama

https://nasional.kompas.com/read/2020/04/14/08032091/4-arahan-mui-terkait-ibadah-ramadhan-di-tengah-pandemi-covid-19?page=2

Isabela Laras Anindyo
Seorang Mahasiswi Semester 6 Universitas Diponegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *