dalgona coffee
Fitur

Dalgona Coffee: Gebetan Baru Pecinta Kopi Tanah Air

Share this:

Dalgona oh Dalgona, pesonamu begitu mengalihkan Timeline sosmedku~

Kopi yang lagi viral ini berasal dari Korea Selatan. Pada saat masa karantina ini, orang – orang di Korea Selatan mengisi waktunya dengan membuat resep Dalgona Coffee kemudian mengunggahnya ke media sosial. Sampai akhirnya video tersebut tersebar dan mulai viral di Indonesia. Bak gayung bersambut, banyak influencer dan para artis Indonesia yang turut menyumbang postingan media sosialnya untuk mencoba resep Dalgona Coffee. Tak ayal kenamaan Dalgona Coffee ini semakin merebak di dunia per-kopi-an Indonesia. Dan ternyata oh ternyata, kopi ini dinamakan Dalgona karena rasanya yang mirip dengan permen Dalgona. Permen Dalgona itu sendiri merupakan jajanan tradisional Korea Selatan yang berbahan dasar gula dengan campuran minyak serta soda kue. Dibuat pertama kali di Busan pada tahun 1960, permen ini ternyata masih eksis di Korea Selatan.

Duhai Netizen, mengapa kamu meninggalkan aku?

Melalui tulisan diatas, udah semakin kenal sama si Dalgona Coffee kan? Tapi masih ingatkah kamu dengan minuman-minuman hits sebelum Dalgona Coffee ini, seperti Boba, ThaiTea dan juga Cappucino Cincau? Kalau masih ingat berarti para netizen adalah mantan yang baik alias tidak benar-benar melupakan yang terdahulu. Uwu~ Kenapa sih si kopi viral ini bisa menggeser minuman hits seniornya?

Datang di Waktu yang Tepat

Ibaratkan pacar baru yang datang setelah sekian lama kita berharap, Ss Dalgona Coffee ini pun datang di waktu yang tepat. Di masa karantina ini banyak dari kita mencoba mencari kegiatan yang dapat mengisi waktu luang. Salah satu upaya untuk menghabiskan waktu luang yang terbilang aman untuk saat ini yaitu bermain di dapur (karena dapur ada di dalam rumah. #dirumahaja). Orang bermain di dapur bukan main boneka pastinya mereka memasak, jadi di waktu luang ini orang-orang cenderung akan banyak mencoba resep-resep baru. Tapiii, dari sekian banyak resep kenapa Dalgona? Wait, baca dulu nih poin kedua.

Kopi Dalgona Apa Adanya

Salah satu alasan Dalgona Coffee sangat memikat yaitu sifatnya yang apa adanya. Cieilah. Maksdunya, bahan dan perlatan yang dibutuhkan untuk membuat Dalgona Coffee ini sangat apa adanya. Tidak perlu bahan yang sulit, hanya kopi saset, gula pasir, air mendidih, susu cair dan es batu. Peralatannya pun menggunakan peralatan masak sederhana, seperti mangkuk, saringan, cangkir dan garpu/whisker. Sangat apa adanya bukan?

Lo Lagi Lo Lagi

Paparan berita secara terus menerus ternyata dapat mempengaruhi pemikiran kita. Paparan berita Dalgona Coffee secara terus menerus menjadikannya top of mind minuman hits kekinian saat ini. Dan hal tersebut membuat kita maju satu langkah untuk meninggalkan minuman-minuman terdahulunya. Dengan kata lain, semakin banyak si Dalgona ini dibicarakan semakin besar juga pengetahuan kita akan kopi ini. Ya jadi, semakin cepat aja kita move on dari minuman hits lainnya.

Itulah pembahasan mengenai Dalgona Coffee. Semoga Smartizen semakin bertambah pengetahuannya tentang kopi ini. Kalau ada waktu nggak ada salahnya kok untuk coba resep kopi ini. Semoga berhasil.

Referensi :

Isabela Laras Anindyo
Seorang Mahasiswi Semester 6 Universitas Diponegoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *