zoom meeting
Fitur

How To Survive Social Distancing 101

Share this:

Tak bisa dipungkiri kalau pandemi COVID-19 ini memang menyebabkan situasi dan kondisi yang tidak nyaman bagi sebagian dari kita. Kegiatan yang dulunya terasa biasa saja kini seakan tinggal mimpi yang menunggu untuk diwujudkan kembali. Hayo, sudah berapa dari kita yang mengharap-harap dapat segera bertemu dengan kawan dan nongkrong bareng, membicarakan pengalaman, bersenda gurau, sembari ditemani segelas es kopi susu di kafe langganan kita?

Bisa dipahami banget, bahwa salah satu musuh terbesar di kala social distancing seperti ini adalah “kebosanan”. Rutinitas sehari-hari mau tidak mau harus terbatas di area sekitaran rumah saja demi memutus mata rantai penyebaran virus. So, biar kalian nggak mati gaya dalam menjalani social distancing yang entah-sampai-kapan ini, ada tips-and-trick yang dapat dilakukan Smartizen sekalian untuk mengusir kebosanan dan membuat social distancing menjadi suatu hal yang menyenangkan. Check it out!

Start a new thing

Kayak Tolak Angin, klasik tapi ampuh! Salah satu hal yang paling mujarab untuk melawan rasa bosan adalah memulai suatu hal baru. Sadar engga sih guys, dengan banyaknya waktu yang tersedia, kita punya kesempatan ekstra untuk mengeksplor lebih jauh minat dan bakat kita. Teman-teman bisa membaca buku yang masih segelan plastik. Kalian yang punya minat menggambar bisa banget mulai mencoba gaya dan teknik baru. Ga ada salahnya juga mencoba resep baru bagi kalian para calon chef. Buat yang khawatir lemak menumpuk, 5-minutes-workout boleh banget mulai ditelateni. Intinya, do your things, but in a new and refreshing ways!

Bebersih

Pernah ga sih teman-teman merasakan perasaan puas dan senang setelah mencuci piring atau membereska meja belajar? Asal teman-teman tahu, menurut psychologytoday.com, ternyata kegiatan bebersih rumah dapat menurunkan resiko depresi dan bahkan dapat menyehatkan tubuh. Vibe positif kayak gini nih yang perlu banget kita rawat selama masa-masa seperti ini. So, let’s get up and get your things clean and tidy! Trust me, it will make you happier 😀

Senyum, Sapa, Salam

Slogan yang biasa kita temui di kantor pemerintah ini bisa berguna banget lho! Social distancing bukan menjadi halangan agar kita dapat tetap terhubung dengan kawan dan sahabat. Bersyukurlah, karena kita hidup di era digital seperti sekarang ini. Kita tidak kekurangan sarana untuk menjaga tali silaturhami. Sebut saja Google Hangout, Zoom, Cisco Webex, hingga media sosial generik seperti WA, Line, dan FB. Jangan ragu untuk memulai percakapan dengan teman atau bahkan menginisiasi “tele-conference” dengan teman seangkatan. Worth to try!

Record This Extraordinary Moment

Rekamlah hari ini! Sadar tidak sadar, teman-teman sedang menjadi pelaku sejarah dunia. Sepengetahuan saya, terakhir dunia mengalami kondisi seperti ini adalah 100 tahun yang lalu, yaitu saat pandemi Flu Spanyol 1918. So, supaya kenangan momen bersejarah ini tidak menguap begitu saja, teman-teman dapat merekam situasi sehari-hari. Kalian bisa membuat tulisan, kliping, album foto, film pendek, dan lain sebagainya. Selain dapat menjadi sarana “membunuh waktu” yang menyenangkan, siapa tahu apa yang kalian buat dapat menjadi kisah berharga yang dapat dibagikan di kemudian hari.

Kira-kira itulah beberapa daftar kegiatan seru yang dapat Smartizen lakukan di kala social distancing. Semoga dapat membantu Smartizen untuk melewati masa-masa sulit ini. Semangat selalu, jaga kesehatan, cuci tanganmu, dan jangan lupa bahagia! Cheers!

Referensi:

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-truisms-wellness/201607/the-powerful-psychology-behind-cleanliness

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *