KKN Undip Desa Timbang
Berita

Tim 1 KKN Undip Desa Timbang Terapkan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R

Share this:

Batang (02/02/2020) – Tim 1 KKN Undip. Sampah merupakan sisa dari kegiatan manusia yang telah tidak digunakan dan harus dikelola agar tidak membahayakan lingkungan. Desa Timbang, Kabupaten Batang masih memiliki pekerjaan rumah untuk pengelolaan sampah. Membakar sampah adalah satu kebiasaan warga yang dianggap sebagai jalan pintas untuk menangani tumpukan sampah. Padahal, membakar sampah dapat memicu polusi.

Menurut US Environmental Protection Agency, karbon monoksida dan formaldehida (formalin) adalah dua zat utama hasil pembakaran yang paling banyak memicu penyakit pernapasan. Dijelaskan lebih lanjut oleh Christine Wiedinmyer, seorang peneliti dari National Center for Atmosperic Research, sebanyak 29% asap hasil pembakaran mengandung partikel logam berukuran kecil yang dapat menembus paru-paru. Selain itu, 10% kandungan polutan dari sampah mengandung merkuri dan 40% lainnya mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik (PHA). Sedangkan risiko membakar sampah anorganik seperti plastik memiliki sifat karsinogenik dan dapat menggangu sistem hormon dalam tubuh karena kandungan dioksin.

KKN Desa Timbang

Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis 3R

Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Tahun 2020 melakukan pendampingan mengenai pengolahan sampah yang ada di Desa Timbang. Program ini sebagai suatu kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan dalam mencakup pengurangan serta penanganan sampah. Selain itu sebagai terobosan dalam menangani tumpukan sampah organik, pembuatan pupuk organik cair dinilai lebih aman. Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis 3R yaitu Reuse dengan menjual atau dengan memberikand sampah kepada pihak yang membutuhkan, Reduce dengan memilih produk dengan pengemasan yang dapat didaur-ulang, dan Recycle dengan pengolahan sampah organik menjadi kompos.

Bertempat di Balai Desa Timbang, bersama dengan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), mahasiswa KKN Undip Desa Timbang memulai kegiatan dengan pengenalan sampah, jenis, dan macam-macam bentuk pengolahannya yang kemudian dilanjutkan dengan demo pembuatan pupuk organik cair Ibu-ibu yang hadir terlihat sangat antusias, “Caranya gampang, bisa dicoba di rumah. Lalu pengaplikasiannya gimana?” tanya bu Umi. Penggunaan pupuk ini bisa dengan disiramkan langsung ke media tanam atau disemprotkan langsung ke bagian daun. Bapak Kepala Desa turut menghadiri kegiatan memberikan dukungannya. “Saya senang dengan adanya program ini, semoga bisa bermanfaat kedepannya”. Di akhir kegiatan, mahasiswa KKN Desa Timbang berfoto bersama dengan Bapak Kepala Desa dan ibu-ibu PKK.

Nama Penulis: Dwi Setyowati (@dwidwidwi16)
Desa KKN: Desa Timbang, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang (@exploretimbang)

One Reply to “Tim 1 KKN Undip Desa Timbang Terapkan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *