Berita Lintas Kampus Mampir Kampus

Kampus Terhijau Versi UI GreenMetric, Undip dan Unnes 10 Besar

Share this:

Lingkungan yang asri dan segar menjadi tempat yang menyenangkan buat beraktifitas, nggak terkecuali lingkungan kampus. Kalau smartizen kuliah dengan lingkungan yang sehat pasti seneng juga kan? Mau belajar, mau sekedar nongkrong di kampus atau kegiatan lainnya pasti terasa lebih nyaman.

Bulan Desember 2019 Universitas Indonesia baru saja merilis daftar ‘kampus terhijau’ di seluruh dunia, atau dikenal dengan Universitas Indonesia (UI) GreenMetric World University Ranking. UI GreenMetric merupakan program dari UI untuk pemeringkatan  pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan kampus. Tahun ini saja, jumlah peserta mencapai 780 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya sebanyak 719 Perguruan Tinggi dari 81 negara di 2018.

Indikator Penilaian UI Green Metric

Ada tiga dasar filosofi yang melandasi pemeringkatan UI GreenMetric, yaitu Environment, Economic dan Equity (3Es). Filosofi tesebut diwujudkan dengan bobot indikator penilaian yang terbagi dalam beberapa poin antara lain; keadaan dan infrastruktur kampus (15%), energi dan perubahan iklim (21%), pengelolaan sampah (18%), penggunaan air (10%), transportasi (18%) dan pendidikan (18%).

Warga Semarang perlu berbangga hati, karena dua universitas dari kota lumpia ini berhasil masuk dalam jajaran 10 besar kampus terhijau tingkat nasional. Yang pertama ada Universitas Diponegoro (Undip) di posisi 4 dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) di posisi 6.

Tanggapan Positif Rektor Kampus Undip dan Unnes

“Kita bersyukur dan bangga atas prestasi ini. Pemeringkatan ini bukan hanya persoalan ranking, tetapi merupakan  komitmen UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional,” ujar Rektor UNNES, Prof Fathur Rokhman. Sementara itu Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H. M.Hum. menyatakan bahwa Undip telah melakukan beberapa upaya untuk menciptakan kampus hijau yang ramah lingkungan. “Upaya tersebut antara lain dengan membangun fasilitas pengelolaan sampah terpadu, melarang pembakaran sampah, membuat taman dan hutan kampus,” ujar Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H. M.Hum.

Di tingkat nasional, Universitas Indonesia menempati peringkat pertama dengan skor 8.025, diikuti Institut Pertanian Bogor (7.775), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (7.625), Universitas Diponegoro Semarang (7.600), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (7.550) dan Universitas Negeri Semarang (7.400).

Lalu, siapa yang menduduki peringkat pertama kampus hijau di tingkat global? Tahun 2019 UI GreenMetric menetapkan Wageningen University and Research dari negeri Belanda sebagai kampus terhijau di dunia. Wageningen University mendapatkan skor total 9.075 di atas University of Oxford dari Inggris dengan skor 9.000 dan University of California dari Amerika  dengan skor 8.850.

Pengumuman dilakukan pada hari Selasa, 3 Desember 2019 di kampus UI Depok, disaksikan oleh Rektor UI Muhammad Anis, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional, Muhammad Dimyati, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Laksmi Wijayanti, serta Ketua UI GreenMetric, Riri Fitri Sari.

Daftar Kampus Terhijau Tingkat Nasional versi UI Green Metric

Sumber:
www.medcom.id
www.greenmetric.ui.ac.id

4 Replies to “Kampus Terhijau Versi UI GreenMetric, Undip dan Unnes 10 Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *