kegiatan kkn
Berita

Tim 1 KKN Universitas Diponegoro Siap Mengabdi Bulan Januari 2020

Share this:

Pada Bulan Januari 2020 yang akan datang bakal diselenggarakan program KKN dari Universitas Diponegoro. Ternyata kegiatan pengabdian masyarakat ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1971 oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan lho. Berpegang pada azas Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian) kegiatan KKN menjadi wujud implementasi nyata dari poin pengabdian. Mahasiswa diminta belajar bukan hanya di dalam lingkungan perguruan tinggi. Namun juga turut terjun dalam lingkungan masyarakat, untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat.

KKN Reguler Undip sendiri dilaksanakan dua kali setahun, dengan mengambil lokasi di kabupaten-kabupaten Jawa Tengah. Smartizen, pada periode KKN Tim I tahun 2019/2020 ini, Universitas Diponegoro akan memberangkatkan sekitar 2.122 mahasiswa. Mereka akan mengabdi  pada 2 Januari hingga 15 Februari 2020. Bersama dengan 115 dosen yang juga akan diterjunkan untuk mendampingi pelaksanaan KKN. Selama kurang lebih 42 hari mereka akan diterjunkan dan tersebar di 10 kabupaten berbeda. Yang terdiri dari Semarang, Jepara, Pati, Demak, Grobogan, Pemalang, Pekalongan, Tegal, Batang, dan Rembang, dengan total ada 35 kecamatan yang akan dituju.

Program Monodisiplin dan Multidisiplin

Selama pelaksanaan KKN, mahasiswa akan melaksanakan serangkaian program, yaitu Monodisiplin, Multidisiplin, dan rangkaian program sosial lainnya. Program Monodisiplin akan dilakukan oleh mahasiswa secara individu sesuai dengan jurusan yang ingin diaplikasikan sesuai dengan kondisi tempat mengabdi. Pada Program Multidisiplin, mahasiswa akan berkolaborasi untuk menciptakan suatu program yang nantinya diharapkan dapat membantu suatu desa tersebut.

Peta p Persebaran Tim 1 KKN Undip 2020

#CeritaKKN
42 hari tentu bukan waktu yang sebentar, tentunya, akan banyak kisah-kisah yang terjadi selama kegiatan KKN tersebut. Nah untuk smartizen yang ingin mengetahui keseruan cerita-cerita selama pelaksanaan KKN, pantengin terus deh website dan instagram Infotembalang. Karena #CeritaKKN akan hadir kembali. Infotembalang akan menghadirkan cerita-cerita seru pilihan. Mulai dari program inovatif teman-teman yang sedang mengabdi, pengalaman unik dan menarik, hingga cerita romantis yang terjadi selama pengabdian. Smartizen yang kali ini tergabung dalam tim KKN dan ingin berbagi cerita dari desa kalian, kirim saja ke email admin@infotembalang.com. Tata cara, prosedur, dan ketentuan bisa kalian baca di postingan instagram @infotembalang. Bakal ada giveaway menarik dari tim infotembalang untuk cerita-cerita terpilih loh. Kami tunggu ya cerita kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *