Berita

Tip Sukses MUN dan Alasan Kenapa Kamu Harus Ikutan

Share this:

Banyak cara untuk upgrade diri semasa kuliah, bisa ikut UKM, aktif di organisasi kemahasiswaan, atau ikut dalam program pertukaran pelajar. Masing-masing pilihan memiliki keunggulannya sendiri untuk menambah wawasan kita. Nah, kalau Smartizen pengen melatih skill komunikasi, kemampuan riset, bahasa Inggris hingga bernegosiasi, Model United Nations bisa menjadi pilihan yang tepat. Model United Nations atau MUN adalah pendidikan simulasi di mana peserta dapat belajar tentang diplomasi, Hubungan Internasional, dan sidang PBB.

Pada artikel sebelumnya, Syera Anggerini Buntara, lulusan Universitas Padjajaran Bandung sekaligus mantan delegasi dari Indonesia untuk LIMUN 2017 bercerita tentang pentingnya mahasiswa mengikuti event MUN. Menurut Syera, kegiatan MUN bakal melatih Smartizen untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berbicara di depan umum. Syera yang tadinya harus membuat catatan dulu sebelum presentasi, lama-lama bisa menyampaikan opininya dengan lancar dan terstruktur. Yang kedua, Smartizen akan terlatih untuk melakukan riset, apalagi jika sering berdiskusi dengan teman-teman maupun dosen. Selain itu dengan mengikuti MUN, Smartizen mau tidak mau bertambah wawasannya dengan mempelajari isu-isu yang terjadi di dunia internasional, dan bagaimana mempertahankan sikap untuk menghadapi permasalahan tersebut, yang secara tidak langsung Smartizen juga akan belajar berdiplomasi dengan delegasi dari negara lain.

Selain itu, Syera juga berbagi tips buat Smartizen yang ingin mengikuti ajang MUN, simak ya

1. Tidak perlu minder, bahkan di ajang internasional seperti LIMUN, peserta dari negara lain juga kadang tidak cukup fasih berbahasa Inggris. Apalagi jika kita sudah mempersiapkan motion dengan baik, tentu makin meningkatkan percaya diri
2. Menjadi delegasi yang aktif untuk speak up, Chair melihat konsistensi performance delegasi sejak awal hingga akhir.
3. Persiapkan materi dengan matang, lakukan research, diskusi dan membaca banyak referensi. Kalau perlu siapkan properti dan dokumen pendukung, tentu akan lebih menarik.
4. Tingkatkan pemahaman substansitif dan kemampuan komunikasi yang baik, gestur dan nada bicara tentu menjadi nilai tambah kita di hadapan Chair dan delegasi yang lain

Goodluck buat Smartizen yang sedang mempersiapkan diri untuk ajang MUN terdekat.

One Reply to “Tip Sukses MUN dan Alasan Kenapa Kamu Harus Ikutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *