AIESEC Semarang
Berita

AIESEC Semarang Kembangkan Dampak Sosial Berkelanjutan

Share this:

Sinau Berbarengan merupakan acara yang diadakan oleh AIESEC Semarang bagi pemuda Kota Semarang untuk belajar terkait materi kepemudaan dan berorganisasi. Sinau Bebarengan Volume 6.0 kali ini mengambil tema mengenai “Social Impact in Semarang” yang dilaksanakan pada 25 Oktober 2019 di BPSDMD Jawa Tengah dan dihadiri sekitar 40 an peserta.

Acara Sinau berbarengan ini terkait kebutuhan Kota Semarang yang saat ini dapat diperbaiki melalui gerakan-gerakan pemuda melalui proyek sosial. Program ini diharapkan nantinya dapat berjalan secara berkelanjutan. Acara dimulai dengan sambutan dari Head of Public Relations AIESEC Semarang, Ayu Wulandari. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi pertama sekaligus tanya jawab oleh Johanes Adi Nugroho, Kepala Sub Bidang Perencanaan Sosial Bappeda Kota Semarang. Selanjutnya diisi oleh pemateri kedua Shanaz Vindi sebagai LCVP Incoming Global Volunteer Project AIESEC UNDIP 18/19.

AIESEC Semarang

Organisasi AIESEC sendiri merupakan organisasi internasional untuk para pemuda yang membantu mengembangkan potensi leadershipAIESEC merupakan organisasi yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan para pemuda dan menjadi duta di luar negeri untuk menjalankan projek-projek social.

Johanes Adi Nugroho, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa di era yang penuh disrupsi saat ini dibutuhkan banyak tangan untuk membangun Kota Semarang agar menjadi semakin hebat dan pemuda sebagai agen perubahan memang sudah seharusnya menjadi pionir. Sedangkan dalam pemaparan Shanaz Vindi, ia menjelaskan dan berbagi cerita terkait pengalamannya selama menjalani proyek sosial yang diadakan oleh AIESEC.

Jika dikorelasikan dengan Suistainable Development Goals (SDG) (Tujuan Pembangunan) yang diusung oleh PBB, semakin hari dirasakan semakin banyak permasalahan sosial yang terjadi di Kota Semarang. Kami berharap dengan diangkatnya tema ini, para pemuda di Kota Semarang dapat tergerak untuk menjalankan proyek-proyek sosial berbasiskan 17 SDGs. Semoga acara ini  dapat memberikan materi terkait isu-isu sosial yang sedang terjadi di Kota Semarang. Sehingga dapat menjadi referensi bagi para pemuda yang ingin menentukan tema dari proyek yang sedang mereka kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *