Uncategorized

Soegi Bornean: Indie Folk Harmoni Jawa dan Kalimantan

Share this:

Di malam acara Komusikasi 2019, Fanny Soegi (vokal), Damar Komar (gitar) dan Aditya Ilyas (gitar) naik ke panggung dan tampil di halaman parkir Pasar Raya Sri Ratu disambut oleh ramainya penonton yang sudah tidak sabar. Sang vokalis naik tanpa menggunakan alas kaki, dan dengan stand microphone kayu-nya yang khas. Inilah keunikan Soegi Bornean saat manggung di berbagai acara. Saat diwawancara oleh Tim Infotembalang, terungkap asal mula nama Soegi Bornean. Nama Soegi berasal dari nama belakang sang vokalis yaitu Fanni Soegi, sedangkan Bornean merupakan representasi daerah asal Fanni yang merupakan keturunan Kalimantan. Asal usul nama ini juga menjadi latar belakang musik mereka yang mengangkat musik dari etnik Jawa dan Kalimantan. Musik indie folk karya band ini dibawakan dengan ringan sehingga dapat dinikmati oleh banyak kalangan.

Sudah ada tiga lagu karya Soegi Bornean yang dapat dinikmati khalayak di Youtube, diantaranya Haribaan, Asmalibrasi, dan Saturnus. Inspirasi bermusik ini datang dari berbagai sumber, dikarenakan ketiga personil band ini memiliki idolanya masing-masing. Untuk mini album yang akan dibuat kedepannya, Soegi Bornean akan mengangkat hal-hal yang bersinggungan dengan sisi kemanusiaan (humanity). Lagu-lagu yang ada akan mewakili beberapa hal yang mencerminkan kata “Kejar” itu sendiri. “Kejar” juga menggambarkan dua orang yang sedang berkonflik dan bermasalah namun masalah tersebut dapat diselesaikan apabila kedua belah pihak berkepala dingin dan berhati tenang dalam menghadapi dan menyelesaikannya.

Soegi Bornean sempat bertanya, apakah karya yang mereka bawakan mampu mendapatkan dukungan dari masyarakat, “Kita berdiri 21 April 2019, dan (yang paling keren) setelah 6 bulan berjalan ternyata respon pendengar itu luar biasa, awalnya ragu kalau musik ini bisa di terima atau enggak, (tapi ternyata) kita dipercaya mengisi beberapa acara di Semarang. Sukses untuk kita dan pegiat musik di Semarang!”

Mimpi terbesar Soegi Bornean melalui jalur indie adalaah dapat membawa musik etnik Indonesia ke Mancanegara. “Langkah selanjutnya dari Soegi Bornean adalah keliling Indonesia, dan ada rencana untuk ngadain tour keliling Indonesia”, ujar para personil band ini. Tidak lupa Soegi Bornean juga berpesan untuk smartizen, “Dukung musik Indonesia dimana saja, dengan media digital (perlu diingat tentang) bagaimana bersosial media yang baik untuk mendukung musik di Semarang. Punya mimpi sebesar apapun jangan pernah takut. Always support musisi lokal dan selalu berkarya!”. Mantap sekali ya smartizen, kita memiliki banyak musisi lokal dengan semangat dan mimpi yang besar, yuk kita dukung selalu kiprah mereka semua dalam karya-karyanya.

dokumentasi: Putrandra Sultan / infotembalang

Alberta Cindy
Ikhlas, bersyukur, senyum. :) Seize your day! Hari ini, kalau tidak kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *