Berita

Anak Kosan Juga Wajib Jaga Kesehatan

Share this:

Kementerian Kesehatan Indonesia mencanangkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati tiap tanggal 12 November. Pada tahun ini, HKN mengambil tema besar “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Diharapkan dengan peringatan HKN, kita khususnya sebagai generasi muda, meninggalkan berbagai kebiasaan atau perilaku kurang sehat. Sebagai mahasiswa, utamanya anak kost yang jauh dari keluarga, kadang sulit mengontrol kebiasaan hidup sehat diri sendiri. Maka itu infotembalang kasih kamu beberapa tips buat hidup sehat yang bisa dilakukan sehari-hari.

  1. Atur Pola Makan, Berobat Biayanya Lebih Mahal
    Pola makan tentu krusial banget untuk menjaga kesehatan. Bila pola tidak teratur, penyakit langganan yang akan muncul biasanya tidak jauh dari Magh. Dengan alasan berhemat kadang kita cuma makan sekali aja bahkan tanpa memperhatikan apakah kandungan gizi sudah cukup untuk tubuh kita. Kebiasaan seperti ini harus mulai ditinggalkan ya smartizen. Karena daya tahan tubuh kita juga akan berkurang bila gizi tidak terpenuhi. Lebih baik budgetnya digunakan untuk beli makanan bergizi daripada untuk berobat, percaya deh biaya untuk pengobatan akan jauh lebih mahal.
  2. Masak Bekal Bareng Teman Kostan
    Kebersihan makanan juga jadi faktor penting. Dengan memasak makanan sendiri kita dapat memastikan kebersihan dari makanan yang kita santap. Aktifitas ini dapat kita lakukan bersama teman-teman kost. Tentu dengan memasak makanan sendiri ktia dapat mengontrol dan mengurangi resiko kita terkena bakteri dari makanan. Dari sisi biaya pun, masak sendiri bakal lebih hemat pengeluaran kamu, Smartizen!
  3. Lawan Mager, Lewat Tangga Aja!
    Berjalan lewat tangga secara tidak langsung memberi kesempatan tubuh kita untuk bergerak. Dilansir dari hellosehat.com, dengan menuruni anak tangga sebanyak 20 buah, kita membakar 1 kalori. Sedangkan untuk membakar jumlah kalori yang sama, kita hanya butuh menaiki 10 anak tangga. Tak hanya itu, berdasarkan hasil riset Harvard Alumni Health Study, dari 11.000 responden yang mengikuti penlitian, menunjukan hasil 29 persen diantaranya mengalami penurunan resiko stroke setelah membiasakan menggunakan tangga 3-5 kali seminggu.
  4. Berjalan Bersama Senja.
    Nah, buat smartizen pecinta senja tips kali ini bakal cocok banget. Sesekali, apabila jarak kost dan kampus tidak terlalu jauh, cobalah menyapa senja sembari jalan pulang ke kost. Selagi menikmati sore hari, tanpa sadar kita telah berolahraga ringan. Dilansir dari alodokter.com, tiap kita berjalan 30 menit, tubuh telah membakar 150 kalori, resiko diabetes tipe 2 juga berkurang sekitar 30%. Selain sehat, tentunya berjalan kaki juga dapat membantu kita memangkas ongkos transportasi.
  5. Bye-bye Baju Kotor!
    Capek sepulang dari aktivitas, paling enak emang langsung rebahan aja di kost. Pakaian kotor numpuk pula di sudut kamar kos. Kebiasaan ini tentu sangat tidak sehat, karena baju kotor yang menumpuk tentu akan menjadi sarang bakteri dan dapat menimbulkan jamur. Dua hal tersebut tentu menjadikan ruangan tidak sehat. Nah, sebaiknya Smartizen membuat jadwal pakaian-pakaian tersebut dicuci, untuk mengurangi penumpukan pakaian kotor. Mau dilaundry, atau yang lebih hemat mau dicuci sendiri, itu pilihan kalian, yang penting bye-bye baju kotor..!!

Smartizen juga harus rajin menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kamar kost. Pastikan kamar tidak kotor, tidak berdebu, tidak pengap, serta ada sirkulasi udara yang baik didalamnya. Tentu dengan langkah-langkah ini, kita dapat menjadi Generasi Sehat yang akan membawa Indonesia semakin Unggul.

Alfonsus Ega
Young - Smart - Impactful Bergerak, berdampak !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *