Mampir Kampus

Tanyakan Ini pada Diri Sendiri Sebelum Ikut Organisasi

Share this:

Sebagai mahasiswa, tentu banyak pengalaman baru yang bakal ditemui di bangku perkuliahan, salah satunya adalah kesempatan untuk aktif berorganisasi. Banyak lho, pilihan organisasi yang bisa diikuti dan dipilih. Di sisi lain, Smartizen juga perlu bijak dalam menginvestasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengikuti organisasi yang tepat. Nah berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Smartizen tanyakan ke diri sendiri sebelum memilih organisasi di bangku perkuliahan!

1. Kenapa Aku Harus Ikut Organisasi Ini?
Sebelum gabung organisasi, Smartizen perlu tau dulu nih, apa motivasinya? Pertanyaan ini juga bakal membantu memetakan hal-hal apa yang ingin smartizen dapatkan dan kembangkan dari ikut organisasi tersebut, seperti pengalaman, networking, leadership, sertifikat, soft skill atau pasangan mungkin?

2. Added Value Apa yang Bisa Didapatkan?
Ke mana sih arah organisasi ini berjalan? Apakah nilai-nilai yang terkandung sejalan dengan nilai-nilai yang kita yakini? Misal, Organisasi atau komunitas ini sangat aware dengan isu lingkungan, jadi berbagai aktivitas yang dilakukan juga selalu dalam koridor ramah lingkungan. Atau organisasi ini ternyata mengajarkan nilai-nilai entrepreneurship di setiap program yang dijalankan. Nah, smartizen perlu tau juga nih, adkah positive value yang bakal mengubah pola pikir Smartizen menjadi lebih baik atau membuat kita menjadi semakin berguna untuk orang lain?

3. Apakah Sudah Sesuai dengan Passion?
Organisasi yang bakal kita ikuti ini, sesuai dengan passion nggak ya? atau jangan-jangan cuma buat pansos aja? Nah, jangan sampai sudah terlanjut gabung, semangatnya cuma di awal saja. Ketika aktivitas yang dilakukan sesuai dengan passion, tentunya tanggung jawab yang diemban Smartizen menjadi lebih ringan.

4. Bakal Self-Upgrade Nggak ya di Sini?
Sering kali kita hanya ikut-ikutan dan ingin menambah pengalaman, padahal terkadang apa yang kita dapatkan di orgnasasi tersebut tidak sebanding dengan yang telah kita harapkan ataupun dengan tenaga yang telah kita keluarkan. Dengan menanyakan hal ini pada diri sendiri, maka smartizen bisa bikin check-list apa aja yang pengen smartizen dapatkan dan kembangkan saat mengikuti organisasi tersebut, mana yang dapat terpenuhi dan mana yang tidak bila mengikuti organisasi yang ada. Jangan sampai investasi waktu dan tenaga kamu sia-sia ya!

5. Cocok Nggak, dengan Budaya Kerja Yang Berlaku?
Budaya organisasi dan cara kerja akan menjadi lingkungan yang smartizen temui selama ikut dalam organisasi tertentu, lingkungan ini tentunya yang akan membentuk karakter smartizen selama berada di organisasi tersebut. Bagaimanapun karakter yang kita bangun saat ini, akan menjadi modal yang baik saat masuk dunia kerja nanti.

6. Bisa Manage Waktu Nggak Ya?
Nah, sebelum terlalu jauh terlibat dan jadi pengurus Organisasi, pastikan dulu Smartizen punya time management yang oke! Jangan sampai kegiatan di organisasi mengorbankan prioritas lainnya seperti kuliah.

Nah itu tadi tips buat Smartizen yang pengen ikut organisasi baik di kampus maupun luar kampus. Pengalaman kita di organisasi tentunya sangat penting untuk membentuk karakter, melatih disiplin serta belajar bekerjasama tim sebelum masuk dunia kerja nanti, jadi penting banget untuk bijak dalam mengenali potensi diri dan memilih organisasi yang tepat.

Alberta Cindy
Ikhlas, bersyukur, senyum. :) Seize your day! Hari ini, kalau tidak kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *