Berita

Siapkan Dirimu, Beasiswa LPDP 2019 Tahap II Telah Dibuka

Hey Smartizen! Siapa di antara kalian yang memiliki mimpi untuk bisa kuliah di luar negeri? Bukan sekedar gaya-gaya-an, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kuliah di luar negeri, wawasan semakin luas, belajar beradaptasi di lingkungan baru, dan yang pasti Smartizen bakal punya daya saing yang lebih kompetitif. Nah, apalagi kalau dapat beasiswa, pasti makin semangat kan ya.

Mulai dari Universitas, instansi hingga pemerintah telah menyediakan berbagai pilihan beasiswa untuk kuliah di luar negeri, salah satunya beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang diinisiasi Kementrian Keuangan dan Kementrian Pendidikan sejak tahun 2010. Beasiswa LPDP memberikan kesempatan untuk anak-anak muda untuk kuliah di 275 kampus di 33 negara di dunia. Beasiswa LPDP ini mengcover semua kebutuhan mahasiswa mulai dari penerbangan pesawat, uang fisam, uang spp, uang bulanan, asuransi kesehatan hingga biaya riset. Seru banget kan, semua kebutuhan kita selama masa studi benar-benar ditanggun oleh pemerintah.

Nah Seleksi beasiswa LPDP tahun 2019 ini digelar dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dibuka sejak 10 – 31 Mei 2019, sementara itu pendaftaran beasiswa LPDP tahap II dibuka mulai 1 Juli – 10 September 2019. Lalu, bagaimana cara daftarnya?

Untuk pendaftaran beasiswa S2 & S3, Smartizen bisa langsung isi formulirnya di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Berkas yang perlu dipersiapkan antara lain scan ijazah, transkrip nilai, surat rekomendasi, surat sehat, surat bebas TBC, surat bebas narkoba, rencana studi, KTP-KK, dan IELTS atau TOEFL. Setelah tahap pendaftaran beasiswa LPDP, tahap selanjutnya adalah seleksi administratif yang akan dilakukan pada 11-23 September 2019, dan diumumkan pada 24 September 2019. Selanjutnya ada seleksi berbasis komputer pada 2-18 Oktober 2019 dan diumumkan pada 25 Oktober 2019. Pada tahap akhir ada seleksi wawancara di tanggal 4 November – 6 Desember 2019 dan pengumuman hasil seleksi wawancara pada 18 Desember 2019.

Dikutip dari situs www.idp.com ada 12 Syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta beasiswa LPDP, antara lain;

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Telah lulus studi S1 (program sarjana), atau S2 (program magister) dari:
    • perguruan tinggi di dalam negeri, yang terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi)
    • perguruan tinggi kedinasan dalam negeri
    • perguruan tinggi luar negeri yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan / keilmuan / inovasi / budaya / kreasi.
  4. Memiliki karakter kepemimpinan, profesionalisme, nasionalisme, patriotisme, integritas, kepercayaan diri, kegigihan, kemandirian, kematangan mengelola emosi dan kemampuan beradaptasi.
  5. Menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa:
    • Pelamar bersedia kembali ke Indonesia selesai studi
    • Pelamar tidak sedang menerima dan tidak akan menerima beasiswa dari sumber lain
    • Pelamar tidak sedang dalam status melanggar hukum ataupun mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila
    • Pelamar tidak terlibat dalam tindakan yang melanggar kode etik akademik
    • Selalu mengabdi demi kepentingan bangsa Indonesia, setia kepada NKRI dan sanggup memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh LPDP
    • Pelamar menyampaikan data dengan benar, sesuai dokumen asli. Serta bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku jika dokumen tersebut tidak sah.
  6. Bagi yang sedang terikat pekerjaan telah mendapatkan izin dari atasan
  7. Menyertakan surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba. Bagi peserta untuk beasiswa luar negeri melampirkan surat keterangan tambahan yang menyatakan bebas TBC, dari dokter Rumah Sakit Pemerintah.
  8. Mendapat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau atasan di pekerjaan, untuk mengikuti program ini
  9. Memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP
  10. Menulis essay sepanjang 500 – 700 kata, dengan tema: “Kontribusiku bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya” dan “Sukses terbesar dalam hidupku”.
  11. Jika terdapat pemalsuan data maka bersedia dinyatakan gugur dari LPDP
  12. Membawa SKKB / SKCK dari kepolisian pada waktu seleksi wawancara

Nah itu dia serba-serbi tentang beasiswa LPDP 2019 tahap 2, khusus buat Smartizen, buat yang mau daftar, segera lengkapi persyaratannya ya. Goodluck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *