Berita Mampir Kampus

Sukses Menempuh Ujian ala Smartizen

Musim Ujian telah tiba! Sudahkan Smartizen persiapkan dengan matang? Infotembalang mau berbagi tips nih khusus buat Smartizen yang mau menghadapi Ujian Semester.

  1. Buat Rencana Belajar
    Pepatah mengatakan, “tidak merencanakan berarti merencanakan untuk gagal”. Dengan membuat rencana jadwal belajar, smartizen akan mengetahui berapa waktu yang dimiliki untu mengumpulkan materi, mengulas, dan mendalami. Nggak semua numpuk jadi satu pada malam sebelum ujian.
  2. Siapkan Alat Tempur
    Persiapkan segala persyaratan dan peralatan pendukung ujian, maksimal sehari sebelum ujian dilaksanakan. Layaknya hendak berperang, kita tentu perlu siapkan alat tempur dan amunisi. Baca lagi secara detail semua persyaratan dan alat tulis yang dibutuhkan. Jangan sampai saat ujian ada yang ketinggalan.
  3. Istirahat Cukup
    Terkadang kita lupa karena terlalu bersemangat mempersiapkan diri, sehingga kurang tidur dan kurang istirahat. Padahal tanpa tubuh yang sehat kita tidak dapat mengerjakan ujian secara optimal. Pastikan smartizen tidak terlalu lelah di hari-hari menjelang ujian ya, selain mental yang kuat, tubuh yang sehat itu syarat utama bagi semua orang untuk dapat beraktifitas dengan maksimal. Tidur cukup dan makan cukup. Stay fit, smartizen!
  4. Jangan Belajar di Hari-H
    Saking semangatnya, biasanya sebelum masuk ruang ujian Smartizen masih sibuk membaca-baca lagi materi ujian. Nope! Maksimalkan Hari-H ujian untuk chill & relax. Karena belajar dengan cara terburu-buru tidak akan membantu long term memory di otak kita untuk mengingat-ingat materi.
  5. Disksui Bareng Teman
    Diskusi bersama teman akan melatih otak kita untuk berpikir dan semakin memahami inti dari materi yang akan di ujikan. Apalagi dengan suasana yang menyenangkan, pasti materi akan lebih mudah merasuk dalam pemahaman Smartizen, Tapi perlu diingat, diskusi dilakukan bukan saat ujian ya, melainkan pada hari-hari sebelumnya.
  6. Datang Lebih Awal
    Terakhir dan paling penting, jangan datang terlalu mepet dengan waktu ujian. Dengan datang lebih awal, smartizen jadi memiliki waktu lebih untuk menyiapkan mental. Terlambat begitu merugikan, mengurangi waktu kita untuk mengerjakan, juga membuat kita semakin panik untuk segera mengejar waktu untuk menyelesaikan ujian. Jadi, jangan lupa pasang alarm dan ingatkan diri sendiri untuk berangakt lebih awal ya, Smartizen!

Itu tadi tips menghadapi ujian ala smartizen. Segala persiapan dan usaha yang kita lakukan tentunya akan sangat berarti bagi keberhasilan ujian kita. Terakhir, jangan lupa untuk berdoa ya. Selamat menjalani Ujian Akhir Semester, Smartizen. Goodluck!

sumber foto: tempo.co

Alberta Cindy
Ikhlas, bersyukur, senyum. :) Seize your day! Hari ini, kalau tidak kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *