Berita

Moda Transportasi Mudik Favorit versi Smartizen Rantau

“Libur telah tiba, libur telah tiba…” Smartizen, selamat menikmati waktu libur lebaran yah! Bagi anak perantauan, inilah momen/kesempatan yang paling pas untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan, mulai dari moda transportasi jalur darat, laut hingga udara. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tentunya hal ini disesuaikan dengan jarak dan akses lokasi kampung halaman smartizen. Infotembalang berkesempatan melakukan mini survey nih kepada beberapa teman kita melalui media sosial tentang pilihan transportasi mudik mereka dan alasannya. Apakah alasan mereka sama dengan alasan smartizen? Mari cari tahu!

1. Transportasi Favorit versi Smartizen : Kereta

Jes jes jes, dari survei yang ada khususnya smartizen rantau di Jawa, nih. Ternyata cukup banyak smartizen yang senang naik kereta. Selain karena harganya yang lebih terjangkau daripada pesawat, alasan keamanan dan kenyamanan menjadi faktor utama. Kereta juga bebas dari macet ya smartizen, di samping itu, fasilitas kereta api saat ini (AC, stopkontak, dll) yang jauh lebih baik daripada sebelumnya semakin membuat kereta api jadi favorit di hati anak rantau ya. Nah, ada hal yang penting diperhatikan oleh smartizen yang ingin naik kereta untuk mudik yaitu harus jauh-jauh hari membeli tiket sebelum tiket ludes habis. Smartizen, sudah pesan tiket pulang belum? Jangan sampai kehabisan yaa.

2. Transportasi darat paling banyak digunakan: Motor!

Hampir sebagian besar teman-teman kita yang kampung halamannya tidak jauh dari Tembalang memilih menggunakan motor dikarenakan murah, irit, cepat dan gesit. Adapula alasan lain smartizen yang menggunakan motor ialah sifatnya yang fleksibel dan praktis, waktu dan kecepatan dapat diatur pengemudi sesuai keinginan. Eitss, tapi jangan lupa ya smartizen soal keamanan dan keselamatan diri, persiapkan kesehatan badan dan performa kendaraan, pastikan motor smartizen sudah di cek kondisinya, dan jangan lupa menggunakan helm serta jaket saat berkendara. Wajib pula mematuhi peraturan lalu lintas ya!

3. Transportasi jarak jauh tercepat: Pesawat

Jauhnya kampung halaman membuat beberapa saudara dan teman-teman kita harus menggunakan pesawat sebagai moda transportasi paling cepat dan paling efektif. Walaupun baru-baru ini tarif pesawat naik, tapi bagi mereka yang kampung halamannya berada jauh dari Tembalang, pesawat menjadi solusi transportasi satu-satunya, alasannya karena paling cepat dan mudah untuk sampai ke tujuan. Adapun pesawat merupakan transportasi satu-satunya bagi mereka yang merantau hingga ke luar negeri. Kita patut bersyukur saat ini sudah ada pesawat yang dapat mempersingkat waktu perjalanan ke tempat tujuan yang jauh. Kalau jaman dahulu bagaimana ya smartizen?

4. Transportasi darat selalu ada: Travel, Bus dan Mobil pribadi

Fleksibilitas waktu, kemudahan dan keandalannya untuk digunakan di setiap saat jadi alasan dipilihnya moda transportasi ini. Berdasarkan survei, smartizen yang pulang ke kampung halaman di waktu-waktu yang cukup mendadak paling senang untuk menggunakan travel dan bus. Smartizen hanya perlu bersantai dan tidur hingga sampai tujuan, sungguh alternatif transportasi terbaik untuk pulang ke rumah. Di sisi lain, bagi smartizen yang memiliki kendaraan sendiri dapat menggunakan fasilitas jalan Tol trans-jawa untuk semakin mempersingkat waktu dan menambah kenyamanan menempuh perjalanan sepanjang pulau Jawa. Menggunakan transportasi jalur darat ini tidak perlu antri tiket, tinggal berangkat kapan saja smartizen mau. Apakah smartizen termasuk salah satunya yang gemar menggunakan transportasi ini?

5. Transportasi antar pulau: Kapal

Walaupun hampir tidak tersentuh dalam survei yang dilakukan, namun jangan salah, kapal laut masih menjadi satu-satunya pilihan bagi beberapa mahasiswa yang kampung halamannya berada di luar pulau Jawa serta berada di kepulauan. Indonesia sebagai negeri dengan ribuan pulau, keberadaan kapal sebagai moda transportasi jalur laut sungguh penting. Beberapa saudara kita masih menggunakan kapal sebagai transportasi satu-satunya untuk mencapai kampung halaman yang berada di pulau berbeda yang mana tidak ada moda transpotasi jalur udara dan darat yang dapat menempuhnya. Hebat dan salut kepada teman-teman yang menempuh perjalanan begitu jauh untuk dapat pulang, mana suaranya ini anak rantau luar pulau Jawa?

Itu dia smartizen, moda transportasi yang jadi pilihan dan digunakan mahasiswa rantau untuk dapat pulang ke kampung halamannya. Meninggalkan Tembalang sejenak untuk berkumpul kembali bersama sanak saudara tercinta, momen yang begitu berharga. Apapun moda transportasi yang jadi pilihan smartizen, jangan lupa untuk berdoa setiap akan melakukan perjalanan ya, sehingga dapat sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan dapat bertemu keluarga dan saudara tersayang. Selamat berlibur dan berkumpul bersama keluarga smartizen!

Foto : @putrandrasultan

Alberta Cindy
Ikhlas, bersyukur, senyum. :) Seize your day! Hari ini, kalau tidak kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *