Berita

Mudik Asyik ala Smartizen

Bulan puasa sudah mau selesai nih,  bentar lagi kita akan menyambut hari lebaran. Lebaran menjadi momen yang ditunggu, karena kita bisa berkumpul dengan keluarga, saling bermaaf-maafan, dan juga silaturahmi ke kerabat yang mungkin sudah lama tidak berjumpa. Di Indonesia sendiri, lebaran selalu identik dengan tradisi mudik. Mudik memang melelahkan karena terkadang menempuh perjalanan yang cukup jauh. Nah, kali ini ada beberapa smartizen yang ingin berbagi tips mudik untuk kita semua.

  1. Pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima.

Tips mudik pertama buat smartizen adalah siapin fisik dan mental dalam keadaan yang prima. Menurut Agil, mahasiswa UNDIP asal Bekasi, fisik dan mental dalam keadaan prima sangat penting untuk menempuh perjalanan mudik. Jarak tempuh yang relatif jauh dan lama tentu menyebabkan tubuh lelah, dengan kondisi prima kita dapat menjaga diri untuk tetap fokus sehingga perjalanan jauh lebih aman dan nyaman. Lebih lagi, kalau dalam kondisi nggak prima, waktu sampai rumah malah sakit kan nggak jadi menikmati lebaran yang ditung

2. Mudik Lebih Awal

Tips mudik kedua,  pilihlah waktu yang tepat untuk berangkat mudik. Carilah waktu yang tepat untuk mudik sehingga perjalan mudik tidak terhambat karena macet. Bayu, seorang mahasiswa UNDIP asal sidoarjo mengatakan bahwa yang membuat pengemudi menjadi stress salah satunya adalah kemacetan, selain itu waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi berkurang gara-gara macet di perjalanan. Oleh karena itu, kalau memungkinkan bisa disiasati dengan mudik lebih awal.

3. Pilih moda transportasi yang nyaman

Tips ketiga, memilih transportasi yang nyaman untuk mudik. Smartizen bisa memilih mau menggunakan tranportasi umum atau kendaraan pribadi, bila ingin lebih menikmati perjalanan berbagai moda transportasi umum dapat menjadi pilihan. Dea mahasiswi asal bekasi, mengungkapkan untuk smartizen yang mudik menggunakan transportasi umum ada baiknya ketika hari keberangkatan jangan datang ke tempat keberangkatan mendadak. Perhatikan barang bawaan serta paling penting jangan lupa bawa tiketnya ya.

4. Pastikan Kondisi Kendaraan Fit

 Tips keempat, jangan memaksakan keadaan, terutama bila menggunakan kendaraan pribadi. Tak hanya kondisi fisik, bila memutuskan menggunakan kendaraan pribadi harus memperhatikan kondisinya, bila tidak memungkinkan jangan dipaksakan lebih baik menggunakan transportasi umum agar lebih aman. Selain itu, Karel, seorang mahasiswa asal Jakarta berpesan jika smartizen menggunakan kendaraan pribadi dan merasa lelah lebih baik istirahat dahulu di rest area atau posko mudik yang sudah tersedia untuk mengembalikan tenaga baru kemudian melanjutkan perjalanan kembali.

5. Informasi Arus Lalu Lintas

Dilansir dari Tribunnews (31./5), Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi, berpesan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi wajib banget untuk memperhatikan informasi-informasi terkait arus lalu lintas dan aturan yang ada agar mudik berjalan dengan lancar dan aman. Dengan tahu informasi arus lu lintas smartizen bisa memperisapkan untuk mencari jallur-jalur alternatif yang dapat dilalui pemudik.

Nah itulah tips mudik yang aman dan nyaman buat smartizen semua. Semoga dengan tips tersebut smartizen dapat menemui keluarga menyambut lebaran dengan aman, nyaman dan lancar. Stay safe guys…

referensi: https://wow.tribunnews.com/2019/05/31/simak-tips-mudik-agar-aman-dan-lancar-dari-menteri-perhubungan-budi-karya?page=2

Foto : @putrandrasultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *