Acara Hits Berita

Goodies Memories, Malam Minggu Bareng Lawfest 2019

Siapa sih yang nggak nungguin malem minggu? Waktu dimana Smartizen melepas penat setelah berjibaku dengan tugas kuliah dan aktivitas organisasi. Kebetulan banget Smartizen, besok Sabtu, 29 Juni malam minggu kamu bakal lebih seru karena ada event dari temen-temen Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Lawfest 2019 . Ada apa aja di sana? Infotembalang kasih bocorannya yaa. Lawfest […]

Acara Hits Berita

Amin Paling Serius Sal Priadi Bikin Melting

Sal Priadi, musisi asal Kota Malang ini tengah ramai dibicarakan di ranah permusikan Indonesia.  Sebagai musisi pendatang baru Sal Priadi dinilai memiliki karir yang sangat pesat, hanya dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun dia berhasil menembus pasar musik level nasional. Bersama Nadine Amizah, ia merilis single berjudul “Amin Paling Serius”, balutan lirik puitis disertai […]

Acara Hits Berita

#ShareYourHeart : Wujudkan Pendidikan Berkualitas Lewat Kasih Sayang

Halo smartizen, pendidikan merupakan hak dari setiap orang, terutama bagi anak. Namun, tidak semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan dan merasakan pendidikan.  Hal ini dikarenakan berbagai kendala, salah satunya yang paling sering ditemui yaitu karena kendala finansial. Bagi mereka anak-anak yang lahir di keluarga dengan ekonomi rendah dan minim, mereka anak pemulung yang […]

Acara Hits Berita

Judul Keren Tapi Tak Menipu: Added Value!

Sabtu (22/6) Weekend Upgrade kembali hadir dengan tema “Seni Bikin Judul Menarik Tanpa Umpan Klik”. Weekend Upgrade edisi kedua ini dilaksanakan di Studio Mini, Gedung Pusat Informasi Publik, Balaikota Semarang. Dihadiri kurang lebih 25 orang samrtizen, acara ini menghadirkan dua narasumber  praktisi di bidang jurnalistik, Mas Arif Arief dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang dan Mas […]

Berita Ngobrol Penting

Umpan Klik: Keperluan Mendesak Media Baru

Jangankan awak jurnalistik, Smartizen kekinian pasti juga kenal istilah ini. Umpan klik atau yang lebih akrab di telinga kita sebagai clickbait ternyata bukan hal baru sama sekali. Dalam konteks penulisan berita, pemakaian judul yang bombastis sudah dilakukan media-media sejak awal abad 20 guna menarik minat pembaca. Zaman dulu katakanlah media belum terlalu banyak, tapi strateginya […]

Berita Mampir Kampus

Sukses Menempuh Ujian ala Smartizen

Musim Ujian telah tiba! Sudahkan Smartizen persiapkan dengan matang? Infotembalang mau berbagi tips nih khusus buat Smartizen yang mau menghadapi Ujian Semester. Buat Rencana BelajarPepatah mengatakan, “tidak merencanakan berarti merencanakan untuk gagal”. Dengan membuat rencana jadwal belajar, smartizen akan mengetahui berapa waktu yang dimiliki untu mengumpulkan materi, mengulas, dan mendalami. Nggak semua numpuk jadi satu […]

Berita Ngobrol Penting

Clickbait: Bentuk Paling Rendah Jurnalisme Online

“Ini Dia Berbagai Kelakuan Mahasiswa Semester Tua, Nomor 4 Bikin Geleng-Geleng Kepala!” Kira-kira Smartizen suka penasaran nggak sih baca judul berita seperti itu? Atau malah sudah ilfeel duluan? Judul-judul berita bombastis dengan konten yang tidak relevan sering digunakan untuk mendapatkan pembaca sebanyak mungkin pada artikel online. Trik ini disebut juga sebagai clickbait atau umpan klik. […]

Ngobrol Penting

Tren Sesaat Sedotan Stainless

Isu lingkungan sedang hangat diperbincangkan, khususnya sampah plastik. Smartizen tentunya sudah sering dengar pembicaraan mengenai jumlah sampah plastik terutama yang terbuang ke laut kan? Masalah tadi memunculkan inovasi produk sedotan berbahan stainless. Produk ini cepat menyebar di masyarakat, khususnya anak muda, namun apakah stainless straw ini hanya tren sesaat saja, atau memang merupakan suatu movement […]

Berita

Moda Transportasi Mudik Favorit versi Smartizen Rantau

“Libur telah tiba, libur telah tiba…” Smartizen, selamat menikmati waktu libur lebaran yah! Bagi anak perantauan, inilah momen/kesempatan yang paling pas untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan, mulai dari moda transportasi jalur darat, laut hingga udara. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan tentunya hal ini disesuaikan […]

Berita

Ramadan di Perantauan: Aktif Berkegiatan Hilangkan Kesepian

Memasuki Bulan Suci Ramadan, Nggak lupa dong dengan tradisi yang biasa kita lakukan baik bersama keluarga maupun sahabat. Mulai dari keseruan berbuka dengan masakan ibu, berbagi takjil, sampai keseruan dengan teman-teman untuk sekedar sahur atau ke masjid bersama. Namun, tidak semua bisa merasakan momen kehangatan Ramadan bersama keluarga dan teman dekat, salah satunya adalah mahasiswa […]