Lintas Kampus UGM Yogyakarta

Berburu Ratusan Takjil di Pasar Sore Ramadan Lembah UGM

Senin (6/5), hari pertama puasa tahun ini. Jam menunjukkan pukul 16.18. Kurang dari dua jam lagi sebelum adzan Magrib berkumandang, pertanda umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa boleh menarik napas lega dan menengguk air untuk berbuka. Ada pemandangan yang tak lazim sore itu di kawasan Lembah Universitas Gajah Mada (UGM). Ratusan pedagang makanan dan minuman berjejer rapi menggelar dagangan mereka, sedangkan ratusan pengunjung berkeliaran berburu takjil segar nan sedap untuk berbuka puasa.

Pasar Sore Ramadan Lembah UGM, demikian orang-orang di sekitaran Jogja menyebut pasar takjil ini. Seperti yang telah disebutkan, ratusan jajanan siap menemani waktu berbuka. Mulai dari makanan berat seperti sego pecel, bakso, mie ayam, bakwan malang, dan soto ayam, ada juga jajanan ringan seperti sate pentol, cumi bakar, pempek, takoyaki, batagor, kerang balado, berbagai jajan pasar, hingga risol mayonaise, juga berbagai pilihan minuman menyegarkan seperti sup buah, es oyen, es kelapa muda, es pisang hijau, es kopyor, es dawet, es cendol, thai tea dan lain sebagainya. Dijamin smartizen nggak bakal bosan dengan pilihan jajanan yang ada, sekalipun tidak pernah absen mendatangi Pasar Sore Ramadan Lembah UGM selama bulan puasa.

Berlokasi strategis di Jalan Prof. Dr. Drs. Notonagoro – Jl. Lembah UGM yang memisahkan dua kampus besar UGM dan UNY, membuat setiap dagangan yang ada diserbu pengunjung. Menurut pengamatan tim infotembalang di sini, para pengunjung sebagian besar berasal dari kalangan mahasiswa, pekerja yang pulang kantor, ataupun warga pada umumnya. Banyaknya kehadiran mahasiswa di tempat ini menunjukkan bahwa kisaran harga tentu bersahabat dengan dompet smartizen sekalian. Hanya bermodalkan Rp 3000–Rp 15.000 saja, teman-teman sudah dapat menikmati berbagai sajian khas berselera ala Pasar Sore Ramadan Lembah UGM.

Karena bukan pasar biasa, tidak ada jam buka-tutup yang pasti bagi pasar dadakan ini. Namun, menurut Bu Tini, salah satu pedangang jajanan pasar tradisional, smartizen yang hendak ikut berburu takjil di Pasar Sore Ramadan Lembah UGM bisa datang sekitar pukul 15.00 – 19.00. Kalau smartizen bawa kendaraan sendiri, tidak perlu khawatir karena terdapat area parkir di sepanjang jalan atau di lapangan parkir Masjid Kampus UGM lengkap dengan penjagaan puluhan petugas parkir.

Eh, tapi selain sibuk ngabuburit ria, infotembalang punya pesan menarik nih, yaitu agar jangan lupa menjaga kebersihan. Saat kami berkunjung ke Pasar Sore Ramadan UGM, kami mendapati serakan sampah yang dibuang sembarangan di sepanjang jalan. Memang sih penyediaan trash bag atau tempat sampah masih dirasa kurang, tapi kita bisa kok jadi pembeli yang smart dan impactful dengan menjaga sampah kita agar tidak mengotori lingkungan! Siapa tahu bisa menambah pahala, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman, hehehe.

So, kalau smartizen sedang berkunjung ke Jogjakarta selama bulan Ramadan, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keseruan berburu ratusan takjil di Pasar Sore Ramadan Lembah UGM. Ciao!

Julius Ardiles Brahmantya
Cultural Anthroplogy UGM 2017 | Student, writers | AMDG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *