Mampir Kampus

Kharisma Melati: Promosikan Museum Lewat Media Sosial

Smartizen, apa sih yang kalian pikirkan kalau dengar kata museum? Inget nggak, kapan terakhir kali main ke museum?  Kesan museum sebagai wisata yang membosankan, menjadikannya jarang dilirik sebagai destinasi wisata, apalagi di media sosial. Tanpa sadar, sebenarnya media sosial nggak cuman bisa untuk stalking mantan dan panjat sosial, tapi juga bisa dipakai sarana sharing informasi dan pengetahuan. Tim Infotembalang bertemu dengan seorang mahasiswi yang mengoptimasi akun social media-nya untuk share ilmu, informasi, dan juga pengalamannya, yakni Kharisma Melati.

Mahasiswi yang akrab dipanggil Risma ini, sedang menempuh pendidikan di FISIP, Universitas Diponegoro. Risma aktif banget lho diorganisasi kampus dan saat ini sedang tergabung dalam Tim Pengembangan Manajemen Organisasi BEM FISIP. Ia juga aktif dalam bidang pengabdian masyarakat dengan terlibat dalam Gerakan Undip Mengajar jilid V -VI dan Volunteer Gerakan UI mengajar. Risma juga menjadi volunteer gerakan pelestarian dan penanaman mangrove. Selain aktif organisasi, dia juga mengukir berbagai prestasi , salah satunya menjadi finalis Duta Museum Jawa Tengah 2018.

Perannya sebagai Duta Museum Jawa Tengah, mendorong Risma untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana berbagi informasi dan  promosi seputar wisata museum. Wisata Museum, menurut Risma, memang terkesan dikesampingkan dan sering dipandang sebagai wisata yang membosankan. Risma memilih promosi melalui media sosial, khususnya instagram, karena baginya media sosial memilki potensi untuk menjangkau masyarakat luas tanpa batas wilayah, sehingga disayangkan  bila hanya digunakan untuk eksis semata. Lebih dari itu, target utama yang disasar promosinya memang generasi millenial dan ‘generasi z’, yang akrab dengan instagram, sehingga langkah berbagi informasi dan promosinya dapat lebih efektif dengan media ini.

Risma mencoba berbagi menceritakan sisi menarik dari museum-museum yang ada di Jawa Tengah. Mulai dari koleksi di dalamnya, kegiatan dan event yang  diadakan di museum, fasilitasnya, sampai spot-spot yang instagramable banget di berbagai museum. Semua informasi itu dibagikan secara konsisten melalui akun instagramnya @kharismamelatii

Selain tentang museum, Risma juga aktif mengampanyekan kepada masyarakat untuk ikut melestarikan mangrove dengan menjadi volunteer dari Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Teluk Awur FPIK Undip, yang rangkaian acaranya dilaksanakan bulan April 2019.

Nah, kerenkan smartizen, ternyata instagram kita nggak cuma bisa untuk ikutan posting konten umum aja, tapi juga bisa untuk sarana berbagi informasi. Jadi, smartizen mau sharing apa hari ini di media sosialmu?

Alfonsus Ega
Young - Smart - Impactful Bergerak, berdampak !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *